Tips Sahur Supaya Kenyang Lebih Lama di Awal Puasa

Valerie Joan @Valejoan

May 04, 2019

79 dilihat

article_image

Marhaban ya Ramadhan, sebentar lagi umat muslim di dunia akan memasuki bulan suci Ramadhan. Saatnya menjalankan puasa yang dimulai dari subuh hingga magrib. Kamu perlu tahu tips sahur supaya kenyang lebih lama agar tetap kuat menjalankan aktivitas seperti biasa.

Puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan, kamu tetap bisa produktif dan aktif sepanjang hari apabila mendapatkan konsumsi makanan yang bisa menjaga kondisi tubuh. Pada awal puasa memang biasanya masih semangat namun di tengah hingga akhir hari tidak sedikit yang tumbang. Untuk itu, penting menjaga makanan saat sahur, jangan asal kenyang.

 

Nasi Merah Lebih Mengenyangkan Untuk Sahur

Jika biasanya kita mengonsumsi nasi putih untuk makanan sehari-hari, saat bulan puasa lebih baik menggantinya dengan nasi merah. Nasi merah memang biasanya dikonsumsi anak-anak agar mendapatkan ketahanan tubuh lebih. Nasi merah mengandung glikemik lebih rendah dibandingkan nasi putih. Nasi merah bisa jadi menu sahur anti lapar seharian.

Hal ini akan membuat perut kenyang lebih lama, sehingga tidak akan timbul bunyi-bunyi kelaparan di tengah hari. Nasi merah juga mengandung gizi tinggi, bahkan ketika sudah berada di dalam, sistem pencernaan kita akan menyerap lebih lama. Sehingga bisa tahan seharian meskipun aktivitas cukup padat.

 

Kacang-Kacangan Bikin Puasa Anti Kelaparan

Kacang-kacangan

(Kacang-kacangan - source: englishclub.com)

 

Saat puasa kita juga membutuhkan serat lebih tinggi, sehingga sangat baik untuk mengonsumsi sayuran. Jika kurang suka, kamu bisa memilih kacang-kacangan yang lebih enak. Bisa pilih sendiri mana yang disukai, mulai dari kacang tanah, kacang panjang, kacang hijau, kedelai, atau buncis.

Protein yang terdapat pada polong kacang-kacangan bisa membangun sekaligus memperbaiki jaringan tubuh. Inilah yang membuat tubuh tetap sehat dan fit sebulan menjalani puasa.

 

Gula Alami Kurma Jadi Sumber Tenaga Tambahan

Mau sahur kenyang dan praktis? Makan kurma saja. Bukan hanya bagus untuk berbuka puasa, ternyata makan kurma disarankan dikonsumsi saat sahur, apalagi mendekati imsak. Karena banyak mengandung zat gula yang tidak hanya manis, namun mengandung gula kompleks. Mulai dari fruktosam, glukosa hingga sukrosa.

Inilah sebabnya, saat puasa disarankan konsumsi dua hingga tiga butir. Jika tidak terlalu suka, disarankan satu butir saat buka puasa, satu butir sebelum tidur dan satu butir jelang imsak. Ini akan menjaga daya tahan tubuh, meningkatkan kadar gula dan menjaga tubuh tetap fit sepanjang hari saat puasa.

 

Buah Pir dan Apel Paling Cocok Sebagai Penutup Sahur

Jangan tinggalkan kebiasaan konsumsi buah di bulan puasa, tubuh tetap membutuhkan vitamin dan mineral untuk menjaga kondisi tetap fit. Disarankan makan semangka, pir dan pel, karena mengandung air cukup banyak dan tinggi kandungan serat. Seperti yang kita ketahui, saat puasa seringkali terjadi masalah pencernaan.

Pasalnya jam makan berubah dan tubuh tidak mendapatkan nutrisi seperti biasa, coba konsumsi apel, semangka dan pir secara bergantian saat sahur. Konsumsi saja sebagai penutup jelang imsak. Ini akan memberikan banyak kebaikan untuk tubuh, mulai dari kandungan kalsium, mineral dan vitamin.

Ini juga solusi tepat untuk Sahabat Telunjuk yang kurang suka kurma atau susu sebagai tambahan stamina dan serat.

 

Karbohidrat Kompleks Dapat Membuat Kenyang Lebih Lama

Complex Carbs

(Karbohidrat Kompleks - source: Our Better Health)

Menurut alodokter, karbohidrat kompleks adalah jenis karbohidrat yang terdiri atas molekul gula yang panjang dan kompleks. Karbohidrat kompleks dapat ditemui dalam makanan-makanan seperti gandum, roti, kacang polong, serta makanan pokok kita yaitu nasi.

Mengonsumsi karbohidrat kompleks dapat membuat kita kenyang lebih lama. Bukan berarti makan nasi lebih banyak, namun mulai mengonsumsi gandum utuh, oatmeal, jagung, kentang, hingga biji-bijian untuk variasi.

Ini akan berperan aktif untuk menjaga kondisi tubuh, tetap fit dan segar. Apalagi jika beraktivitas di luar ruangan sepanjang hari. Kamu dapat menambahkan salah satu makanan karbohidrat kompleks pada saat sahur menjelang imsak.

Bukan hal sulit untuk menyiapkan menu sahur bukan? Semoga rekomendasi tips sahur supaya kenyang lebih lama ini bisa jadi solusimu untuk mempersiapkan sahur sehat sesuai selera.