Tips Menghilangkan Insomnia di Malam Hari Tanpa Obat

Telunjuk.com App

Dresyamaya Fiona P.

Sep 16, 2020

32 Dilihat

Tips Menghilangkan Insomnia di Malam Hari Tanpa Obat

Insomnia atau gangguan tidur di malam hari pasti pernah dialami oleh setiap orang. Ketika tidak bisa tidur ini dapat membuat kamu terganggu jam tidur dan lesu di pagi harinya. Pasalnya, tidur merupakan kebutuhan mendasar manusia yang sangat penting dan harus tercukupi. Orang yang mengidap insomnia umumnya menyebabkan aktivitas di pagi hari terganggu, tidak semangat hingga kelelahan. Waktu yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda, tergantung gaya hidup, usia, serta faktor lingkungan.

Faktor penyebab insomnia pun bisa bermacam-macam loh! Misalnya karena ketidaknyamanan ruang kamar, gangguan psikologi, kesehatan, serta efek samping obat-obatan. Secara umum, orang dewasa membutuhkan tidur malam setidaknya 7-8 jam dalam satu hari. Nah, Telunjuk punya rekomendasi tips untuk menghilangkan insomnia yang dapat kamu lakukan secara rutin nih. Yuk simak artikel di bawah ini:

1. Atur Jadwal Tidur

Atur Jadwal Tidur

Mengatur jadwal tidur dapat membuat tubuh kamu terasa nyaman sehingga dapat beristirahat, sehingga terhindar dari insomnia. Kamu harus menentukan jam tidur kamu di malam hari dan dilakukan berulang-ulang di jam yang sama. Ini untuk mengatur otak kita untuk istirahat di waktu yang sama. Jika waktu tidur tidak tetap dan sering berubah-ubah, ini mengganggu ritme sirkadian yang berfungsi mengatur metabolisme tubuh. Ritme sirkadian adalah proses alami yang mengatur siklus tidur-bangun yang diulangi setiap 24 jam. Dengan menerapkan jam tidur ini, ini dapat memengaruhi siklus tidur dan bangun tidur di pagi hari loh!

 

2. Suasana Kamar yang Nyaman

Suasana Kamar Nyaman

Untuk membantu membuat kamu cepat tertidur, buatlah suasana nyaman ruangan tidurmu. Atur suhu pendingin, meredupkan pencahayaan, dan mematikan perangkat-perangkat bersuara di sekitar kamu. Suhu pendingin ruangan juga menjadi faktor kamu susah tertidur loh! Misalkan terlalu dingin atau terlalu panas dapat menyulitkan kamu untuk fokus tidur. Kamu juga bisa memasang aromatherapy yang membuat suasana kamar lebih rileks dan nyaman. 

 

3. Memakai Kasur yang Pas

Pastikan juga alas kamu tidur yaitu kasur menggunakan bahan yang empuk dan tidak sakit ya. Mungkin tanpa kamu sadari, kasur kamu menjadi salah satu faktor membuat kamu insomnia di malam hari loh! Misalkan bangun di pagi hari badan bukannya tambah segar tapi malah sakit punggung atau kelelahan? Mungkin saja ada yang salah dengan kasurmu. Nah Telunjuk punya rekomendasi kasur empuk dan lembut yang dapat membuat tidurmu semakin pulas loh! Eiits, khusus di bulan September ini,  ada diskon menarik hingga 50% juga!

Promo Sleep Buddy

Sleep Buddy menawarkan promo menarik up to 50% setiap sprei dan bedcover setiap pembelian di Tokopedia. Terdapat aneka motif dan warna yang bisa menjadi pilihan kamu nih. Padankan warna sprei yang kamu pilih dengan suasana kamar tidurmu ya. Ini untuk memberikan suasana lebih nyaman dan tenang loh. Sehingga kualitas tidurmu akan meningkat dan terhindar dari insomnia!

 

4. Olahraga Rutin

Olahraga

Jangan lupa juga untuk rutin berolahraga di sela-sela kesibukan kerja kamu ya! Dengan berolahraga tubuh akan membantu untuk menghilangkan racun-racun serta lemak yang memicu kita cepat terasa lelah. Berolahraga bisa membantu mengatur suasana hati, memberi energi lebih pada tubuh, menurunkan berat badan, serta membuat tidur lebih berkualitas. Sahabat Telunjuk bisa memilih olahraga fisik yang sesuai dengan kesukaan mu, seperti berenang, lari, basket, atau banyak lagi. 

 

5. Hindari Minuman Berkafein

Hindari Minuman Berkafein

Perhatikan juga konsumsi kamu terhadap minuman berkafein ya. Ini juga menjadi penyebab terjadinya insomnia di malam hari. Kurangi minum minuman berkafein seperti teh, kopi, atau minuman bersoda ketika kamu ingin tidur di malam hari. Kafein mengganggu proses tertidur karena adanya kandungan yang membuat tubuh merespon untuk lebih aktif beraktivitas. Nah kamu bisa menggantikan minuman berkafein ini dengan susu hangat atau teh herbal yang membuat badanmu terasa lebih rileks ya!

 

6. Berhenti Merokok

Berhenti Merokok

Kandungan nikotin pada rokok adalah stimulan yang membuat badanmu terasa membutuhkan waktu tidur lebih lama. Ini juga memengaruhi kualitas jam tidur kamu. Biasanya perokok akan mudah terbangun di malam hari dan susah tertidur. Selain mengganggu jam tidur, merokok juga mengganggu kesehatan diri kamu loh, seperti gangguan pernapasan, menurunkan fungsi sistem jantung, merusak organ tubuh dan banyak lagi.

 

7. Masih Kesulitan Tertidur, Bangun! 

Bangun Ketika Sulit Tidur

Apabila kamu masih merasa kesulitan untuk tidur, coba untuk bangun dari kasur ya. Buatlah badan kamu rileks dan renggangkan sendi-sendi di tubuhmu. Coba untuk menegak segelas air putih. Lalu lakukan relaksasi seperti mendengarkan musik relaksasi atau bermeditasi. Hindari screen time! Ini dapat merusak mata kamu dan membuat kamu kesulitan tertidur semakin lama. 

Jadi itu beberapa tips untuk menghilangkan insomnia di malam hari. Boleh kamu terapkan mulai malam ini ya Sahabat Telunjuk! Jangan lupa juga untuk konsisten melakukannya agar kualitas tidurmu terjaga dan meningkat. Selalu dapatkan promo-promo menarik lainnya di Telunjuk untuk dapatkan harga terjangkau dari produk yang kamu inginkan ya!

Artikel Terkait

Sponsored

Artikel Terpopuler

Sponsored