Tips Membuat Kimbap Mudah, Enak, dan Sehat

Valerie Joan @Valejoan

Jan 14, 2019

article_image

Gizinya lengkap, rasanya juga enak! Kimbap bisa jadi salah satu menu yang harus kamu coba untuk mulai pola hidup sehatmu.

 

Budaya Korea saat ini makin banyak ditemui di Indonesia. Dimulai dari K-Pop dan K-Drama yang akhirnya makin memaparkan kita pada budaya lainnya seperti fashion, kecantikan, serta makanan. Bagi pecinta drama Korea, pasti tahu betul makanan yang satu ini! Kimbap merupakan makanan rakyat korea yang terbuat dari nasi (bap) serta isian seperti sayur dan daging yang dibungkus oleh rumput laut (kim). Bentuknya gulungan yang dipotong-potong, seperti Sushi yang berasal dari Jepang. Bedanya, sushi menggunakan bumbu cuka beras, sedangkan kimbap menggunakan minyak wijen.

 

Bagi masyarakat Korea sendiri, Kimbap merupakan makanan cepat saji atau bekal yang dibawa ke kantor atau sekolah. Isinya bisa berupa daging sapi, kepiting, timun, telur, wortel, atau sayur lainnya seperti bayam. Dilansir dari femina.co.id, dalam 100 gram Kimbap mengandung ±150 kalori, oleh karena itu, Kimbap dapat menjadi makanan cepat saji yang padat gizi karena mengandung karbohidrat, serat, protein, dan vitamin yang cukup.

 

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kimbap juga mudah untuk didapatkan dan disesuaikan dengan seleramu, untuk 4 roll kimbap, kamu membutuhkan:

 

  1.   Gulungan bambu (cek harganya di sini)
  2.   4 Lembar rumput laut kering (cek harganya di sini)
  3.   2 butir telur
  4.   Crab Stick (cek harganya di sini)
  5.   Wortel (iris setipis korek api)
  6.   Timun
  7.   Sepiring nasi
  8.   2 sendok teh minyak wijen (cek harganya di sini)
  9.   ½ sendok teh garam
  10.   Daging sesuai seleramu, bisa juga diganti sosis



  1. Panaskan wajan dan buat telur dadar. Kemudian iris telur dadar menjadi potongan panjang.
  2. Campurkan nasi dengan 2 sendok teh minyak wijen dan garam, aduk hingga merata
  3. Untuk sayurannya, kamu bisa menyajikannya mentah atau merebusnya secara terpisah dalam air yang sudah dicampur garam. Masak sebentar saja supaya sayurannya tidak menjadi lembek.
  4. Kalau kamu merasa repot memasak daging, goreng sosis dan potong memanjang.

 

Image source: hannaone.com

Setelah isi kimbap siap, it’s time to roll!

 

  1. Letakkan rumput laut kering di atas gulungan bambu, kemudian letakkan nasi diatasnya secara merata. Jangan terlalu tebal agar mudah menggulungnya.
  2. Letakkan dan susun bahan-bahan lainnya, kemudian gulung secara perlahan. Pastikan kamu agak menekannya agar menyatu
  3. Setelah menjadi gulungan, iris kimbap menjadi bite-size, lalu sajikan.

 https://asset.telunjuk.co.id/s/images/article/kimbap-hannaone.jpg

Image source : saveur.com

Kimbap dapat langsung dikonsumsi tanpa harus dicelupkan ke saus atau kecap seperti sushi. Isinya juga bisa disesuaikan dengan apa yang ingin kamu makan saat itu.

Mudah kan! Bahan-bahannya juga bisa kamu beli dengan mudah di Ralali.com!

Kalau kamu sudah bisa membuat kimbap yang mantap, kamu bisa mulai bisnis kecil-kecilan dengan menjual kimbap buatanmu. Omzetnya bisa mencapai mulai dari 25-80 juta perbulannya lho! Lumayan kan buat nyicil rumah ;)

 

Selamat mencoba!