#BERKATTELUNJUK | Tips Liburan Menyenangkan Saat Puasa

Valerie Joan @Valejoan

May 17, 2018

article_image

Saat puasa, tentunya banyak orang membatasi kegiatan, khususnya yang dilakukan di luar ruangan. Eits, tapi berpuasa bukan berarti kamu nggak bisa traveling lho! Kalau dipersiapkan dengan baik, kamu tetap bisa menjalani liburan dengan menyenangkan walaupun sedang berpuasa. Berikut ini tips liburan menyenangkan di bulan Ramadhan yang sudah dirangkum dari berbagai sumber:

 

  1. Tentukan Destinasi Wisata

Jauh-jauh dulu deh dari menyelam dan naik gunung, pilihlah tempat-tempat wisata dalam ruangan seperti masjid atau museum. Cuaca panas bisa menguras tenaga dan membuat kamu lebih cepat haus. Berjalan-jalan sore di taman sambil mencari takjil juga bisa jadi pilihan untuk mengisi ngabuburit, lho.

 

  1. Buat itinerary yang jelas

Cari informasi yang lengkap tentang destinasi wisata yang akan kamu kunjungi, buatlah itinerary untuk mencegah energi terkuras karena kelelahan. Buatlah rencana perjalanan yang santai dan tidak terburu-buru, misalnya 1-2 tempat wisata saja dalam sehari dan tentukan dimana saja akan singgah. Dengan demikian kamu tidak akan menghabiskan waktu terlalu banyak untuk menentukan kemana lagi setelahnya.

 

  1. Siapkan fisik (makan sahur, dll)

Untuk menjaga stamina, makan dan waktu istirahat adalah kuncinya. Saat sahur, makanlah makanan yang sehat dan bergizi. Makanan seperti telur, kacang edamame, oat, alpukat dan yogurt bisa kamu tambahkan ke dalam menu sahurmu. Kandungan protein, serat, dan vitamin di dalamnya bisa menjaga stamina selama menjelajah. Jangan lupa tidur yang cukup ya!

 

  1. Konsumsi makanan manis lebih dulu saat buka

Ketika berbuka puasa, mengonsumsi kurma atau air kelapa muda sangat disarankan. Kandungan gula yang terdapat dalam kurma dapat menggantikan energi yang terpakai selama berpuasa dan menjelajah.

Air kelapa dapat menyegarkan tubuh kembali dan cepat menghilangkan dahaga, serta mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

 

  1. Pilih transportasi yang nyaman

Untuk mengantisipasi kelelahan, sebaiknya pilih akomodasi dan transportasi yang nyaman. Bepergian dengan mobil dapat melindungi tubuhmu dari sengatan matahari, hotel atau penginapan yang nyaman juga bisa membuat istirahatmu lebih berkualitas.

 

  1. Banyak istirahat, tahu batasan.

Istirahat sangat penting saat bepergian ketika puasa. Beristirahatlah secara beberapa kali sehari, sebelum melanjutkan perjalanan. Ketahui batasan tubuhmu, selalu utamakan kesehatan dan keselamatan ya.

 

  1. Bawa Barang Seperlunya, jangan lupa peralatan salat!

Bawalah barang-barang keperluanmu secukupnya, beban bawaan yang berat hanya akan membuat kamu cepat lelah. Selain itu, berlibur bukan berarti absen dari ibadah wajib seperti salat lima waktu. Untuk itu, bawalah peralatan salat kemanapun kamu bepergian.