#BERKATTELUNJUK | Tips Jitu Berbisnis Kue Lebaran

Valerie Joan @Valejoan

May 16, 2018

article_image

Bulan Ramadhan memang bulan yang penuh berkah. Selain jadi bulan yang berlimpah pahala, bulan Suci Ramadhan bisa jadi berlimpah rejeki juga lho, asalkan usahamu dimulai dengan niat yang baik pasti akan mendatangkan kebaikan buat orang lain dan diri sendiri juga.

 

Sobat Telunjuk pasti udah tau dong, menjelang Lebaran banyak banget usaha sampingan yang mendadak ada di sekitar kita. Salah satunya yang paling menggiurkan adalah bisnis makanan dan minuman yang sifatnya musiman. Kolak, es buah dan kue kering jadi beberapa contoh makanan dan minuman yang paling merajalela selama bulan Ramadhan, produknya banyak dicari orang dan memproduksinya relatif mudah.

 

Buat kamu yang tertarik nambah pundi-pundi penghasilan dengan jualan kue-kue kering, simak tips di bawah ini!

 

  1. Bidik pasar

Dilansir dari Kompas, sebelum memasarkan produk bikinanmu, cek ombak dulu dengan cara menawarkan ke orang-orang terdekat untuk dicicipi. Kalau mereka suka, pasti mereka bakal pesan dan menyebarkan ke teman-temannya yang lain dengan senang hati. Minta mereka juga untuk memberikan saran untuk produkmu secara jujur, supaya produkmu bisa naik level juga ;)

 

Foto: Pinterest

 

  1. Inovasi produk

Kalo kamu mau jual kue-kue mainstream seperti nastar, kastengels, putri salju, dan semacamnya, kamu bisa berkreasi dengan bentuk-bentuk yang lain daripada bentuk biasanya. Karena bentuk yang unik bisa menambah nilai jual dari produkmu.

 

  1. Kemasan menarik

Kemasan yang menarik dan lucu-lucu justru saat ini jadi nilai plus banget untuk menjual produk, khususnya kue. Banyak lho orang yang tertarik membeli sesuatu karena melihat kemasannya yang lucu. Begitu juga kalau jualan online, pelanggan pasti akan mengapresiasi produk yang dikemas dengan baik dan kreatif. Jadi, percuma kalau rasa kuenya enak tapi kemasannya nggak menarik, nggak bikin orang melirik!

 

  1. Berani memasarkan produk

Zaman sekarang memasarkan produk bikinanmu sudah sangat mudah dan murah. Kamu bisa mulai promosi dari akun media sosial pribadimu, membuat akun khusus untuk menjual kue-kue buatanmu, serta menjualnya di e-commerce supaya bisa melayani pembeli dengan lebih baik lagi. Buang jauh-jauh rasa malas atau malu, karena itulah yang akan menghambat usahamu. Memang harus niat sih, tapi apapun usahamu nggak akan sia-sia kok kalo dijalani dengan tekun!

 

  1. Jangan curang!

Ini penting banget nih! Jangan sampai demi mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya, kamu jadi menggunakan bahan-bahan berkualitas rendah atau bahkan berbahaya bagi kesehatan.

 

 

Kamu nggak usah pusing kalau harus beli bahan baku dalam jumlah banyak. Menyambut Idul Fitri 1439 H, di Ralali lagi ada promo potongan 30% dan gratis ongkir hingga Rp300.000!

 

Nah, tunggu apa lagi? Sekarang waktu yang tepat untuk bangun bisnismu, biar langsung berkah!