Tips Hidup Lebih Teratur dengan Bantuan Planner

Telunjuk.com App

Valerie Joan

Jan 28, 2020

103 Dilihat

Tips Hidup Lebih Teratur dengan Bantuan Planner

Pola hidup teratur tentu menjadi dambaan dan target yang diharapkan untuk bisa dicapai setiap harinya. Faktanya, menerapkannya tidak semudah merancang dan merencanakan. Sehingga sangat disarankan untuk mencoba tips hidup lebih teratur dengan bantuan planner

Untuk bisa menerapkan pola hidup teratur tersebut kamu harus memiliki kedisiplinan yang tinggi. Agar bisa lebih mudah memupuk kedisiplinan dalam diri, planner akan sangat membantu kamu untuk melatih sikap disiplin setiap harinya. 

Dari kebiasaan mencatat aktivitas sehari-hari di planner, lama-lama aktivitas dan kegiatan yang kamu kerjakan bisa menjadi habit atau kebiasaan. Selain itu, masih banyak lagi keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan memiliki planner. 

Keuntungan dan Manfaat Planner

Berikut ini beberapa manfaat dan keuntungan planner untuk membantu pencatatan, di antaranya:

1. Meningkatkan produktivitas

Planner menjadi salah satu media yang dapat membantu kamu untuk meningkatkan produktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga setiap detik dan waktu yang ada dapat kamu manfaatkan sebaik mungkin untuk hal-hal yang bermanfaat dan produktif. 

Hal-hal yang tidak penting dan tidak bermanfaat seperti bermalas-malasan bisa diminimalisir dengan bantuan planner. Caranya dengan menentukan target dan aktivitas apa saja yang harus dicapai dalam kurun waktu yang kamu tentukan. 

2. Menentukan rencana jangka pendek dan jangka panjang dengan lebih terarah

Dengan bantuan planner kamu dapat mencatat rencana-rencana yang akan kamu lakukan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Sehingga kamu akan lebih fokus dan terarah untuk mencapai tujuan dan rencana tersebut. 

Skala prioritas juga lebih mudah ditentukan setelah kamu mencatat list atau daftar apa saja yang akan kamu lakukan sehari-harinya. Waktu yang kamu punya pun bisa diatur dengan lebih baik karena kamu lebih fokus melakukan apa yang sudah direncanakan dengan baik. 

3. Merekam informasi dan melacak kemajuan

Sangat penting untuk mulai melakukan kebiasaan mencatat dalam kehidupan sehari-hari. Baik catatan tentang rencana atau hal-hal yang akan dilakukan, apa yang telah dilakukan, maupun hal-hal yang perlu diperbaiki. Dengan merekam informasi tersebut, planner bisa menjadi alat untuk introspeksi diri. 

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui dan melacak kemajuan apa saja yang sudah kamu capai selama kurun waktu tertentu, misalkan selama setahun. Sehingga kamu bisa memetakan lebih baik prioritas apa yang akan dilakukan dan membenahi apa saja yang perlu diperbaiki untuk masa depan. 

Rekomendasi Jenis-Jenis Planner

Kamu bisa mencatat apa saja yang kamu inginkan di buku planner. Mulai dari tugas kuliah, to-do-list pekerjaan, jadwal meeting atau pekerjaan, shopping list, financial planner, dan lain sebagainya. Jenis-jenis planner terdiri dari beberapa kategori, salah satunya adalah berdasarkan isi dan temanya. Berikut ini adalah contohnya:

  • Baby Journal untuk mencatat perkembangan bayi dari hari ke hari dan biasanya digunakan oleh orang tua bayi.
  • Study Planner untuk para pelajar mencatat tugas sekolah dan target-target hariannya.
  • Wedding Planner untuk mencatat hal-hal apa saja yang dibutuhkan dalam perencanaan pernikahan.
  • Dream Planner untuk mencatat impian dan target apa saja yang akan dicapai beserta langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapainya.
  • Traveller's Journal untuk mencatat list tempat-tempat yang akan dikunjungi, kebutuhan selama travelling, dan catatan selama perjalanan.
  • Daily Planner untuk mencatat kegiatan dan aktivitas harian yang harus dilakukan sehari-hari. 

 

Selain berdasarkan isinya, planner juga dibedakan berdasarkan bentuknya. Berikut beberapa di antaranya:

1. Book Bound Planner dan Spiral Bound Planner

Muji Planner

sumber gambar: twitter.com/mujiusa

Kedua jenis planner ini memiliki kesamaan dalam hal isi agenda yang ada di dalamnya. Perbedaannya hanya terletak pada bentuknya saja di mana book bound berbentuk seperti buku sedangkan spiral bound menggunakan spiral book

Insert yang ada di dalamnya sudah terformat rapi, praktis, dan fleksibel sehingga sangat memudahkan meskipun untuk pemula. 

 

2. Ring Bound Planner

Bullet Journal

sumber gambar: pinterest.com

Jenis planner ini terbilang lebih fleksibel karena kamu bisa mengisi insert dan menghias isi planner-nya dengan lebih leluasa. Kamu bisa mengisi weekly journal dan daily journal baik dengan desain yang sudah ada maupun hasil karya kamu sendiri (DIY). 

3. Bullet Journal

Bullet Journal

sumber gambar: pinterest.com

Berbeda dengan jenis lainnya, jurnal ini hanya berupa lembar kosong tanpa sajian konten seperti kolom mingguan maupun harian. Planner jenis ini sangat cocok bagi kamu yang suka kebebasan untuk mengisi isi planner. Kamu bisa berkreasi sendiri mencatat apa saja yang kamu inginkan dengan leluasa. 

4. Calendar Planner

Calendar Planner

sumber: My Printable Home

Planner semacam ini biasanya berupa lembaran yang terpisah-pisah dan tidak disatukan ke dalam sebuah buku, meskipun ada juga yang berbentuk seperti kalender meja atau dinding. Variasinya pun bermacam-macam, ada yang weekly, ada juga yang monthly. Setiap kotaknya bisa kamu isi dengan singkat apa saja rencana kegiatanmu dalam satu hari. Keuntungan dari planner berbentuk kalender ini adalah kamu dapat melihat sekaligus rencanamu kegiatanmu selama seminggu atau sebulan.

Planner berbentuk kalender seperti ini bisa kamu dapatkan di Shopee, dan toko-toko online lainnya mulai dari harga 9 ribuan saja.

Kamu bisa mencari berbagai macam planner di Telunjuk.com dan bandingkan harga-harga dari ratusan toko online di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan lain-lain. Tunggu apa lagi, ayo mulai catat kegiatanmu dengan planner! Oh iya, pastikan kamu follow Instagram Telunjuk untuk mengetahui tips #BelanjaBijak dan info lainnya seputar belanja online ya, Sahabat Telunjuk!

Artikel Terkait

Sponsored

Artikel Terpopuler

Sponsored