LIVE Selalu Tenang di Rumah

Menjaga Kesehatan dengan Rutin Membersihkan Gadget

Intania Laksmi

Mar 05, 2020

129 dilihat

article_image

Gadget adalah salah satu barang yang pasti selalu kita gunakan, baik untuk membantu aktivitas kita sehari-hari atau sebagai alat sumber informasi maupun hiburan. Karenanya, selalu terjadi pula kontak fisik gadget dengan kita serta pada berbagai partikel di lingkungan sekitar. Hal itu membuat gadget banyak menyimpan bakteri dan kuman.

 

Seperti yang dilansir oleh The Huffington Post, untuk handphone kita saja ternyata bisa mengandung hingga 33.200 CFU (colony-forming units/unit pembentuk koloni) bakteri. Sebagai perbandingan, salah satu barang yang sering mendapatkan kontak fisik manusia, yakni pegangan pintu kamar mandi justru hanya memiliki 4 CFU bakteri. 

 

Meski tidak semua bakteri menimbulkan penyakit, akan tetapi kita tetap harus waspada, yaitu dengan cara rutin membersihkan gadget. Berikut Telunjuk ulas barang-barang yang dapat membersihkan gadget kesayangan kamu.

 

LAP MICROFIBER

Lap Microfiber

Lap microfiber memang banyak dipakai sebagai pembersih gadget karena kain ini sudah terbukti dapat membersihkan gadget dengan bersih dan aman. Hal tersebut disebabkan oleh kualitas bahan lap, yakni 80% Polyester dan 20% Nylon yang bersifat 100 kali lebih halus dari helaian rambut manusia. Serat kain lap tersebut akan lebih mudah menghilangkan kotoran hingga yang tersembunyi sekalipun seperti pada lubang permukaan gadget kamu. 

 

Kamu bisa dapatkan lap mikrofiber merek Scotch-Brite dengan harga mulai 30 ribuan rupiah saja di Tokopedia.

 

COTTON BUD

Cotton Bud

Ternyata cotton bud mempunyai fungsi lain dalam hal membersihkan. Alat yang biasa digunakan untuk membersihkan telinga ini,  bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan sela-sela pada gadget yang sulit dibersihkan, seperti lubang headphone dan lubang charger. Cukup totolkan cairan pembersih gadget atau air yang dicampur alkohol untuk membersihkan bagian gadget yang kamu ingin bersihkan.

 

Cek harga Cotton Buds terbaik  di sini.

 

CAIRAN PEMBERSIH GADGET

Gadget Sterilizer

Tidak bisa sembarang cairan dapat digunakan untuk membersihkan gadget karena beberapa kandungannya dapat membuat rusak permukaan gadget itu sendiri. Saat ini, sudah mulai banyak cairan pembersih yang aman pada gadget. Cairan ini efektif membunuh berbagai kuman dan bakteri pada gadget dan mampu menjaganya tetap bersih dalam jangka waktu hingga 8 jam. Cukup semprotkan cairan pembersih pada gadget lalu gosok perlahan menggunakan kain mikrofiber. 

 

Dengan harga mulai dari 40 ribuan, kamu bisa dapatkan cairan pembersih atau gadget sterilizer ini di Shopee, Tokopedia, atau Blibli.

 

USB MINI VACUUM CLEANER

USB Vacuum Cleaner

Alat yang cukup unik ini bisa membantu kita membersihkan partikel kotoran kecil pada gadget kita. Cukup nyalakan mini vacuum cleaner ini pada sumber daya yang memiliki port USB seperti powerbank. Alat ini mempunyai kekuatan menyerap yang cukup untuk membersihkan kotoran kecil seperti debu maupun remahan makanan pada gadget kamu. 

 

USB mini vacuum cleaner ini dibanderol dengan harga Rp48.000,- di Blanja.com.

 

Rutin membersihkan gadget dapat menjaga kita dari penyakit bawaan bakteri dan kuman yang terdapat pada daily driver kita tersebut. Terlebih, saat ini kita tengah memasuki musim wabah penyakit menular yang mulai mengkhawatirkan sekitar. Ayo Sahabat Telunjuk, jangan lupa jaga kebersihan gadget-nya, ya!