LIVE Fit & Fab

Resep Kue Kering Lebaran Berbahan Kacang yang Renyah

Valerie Joan @Valejoan

May 29, 2019

article_image

Sebagai salah satu camilan yang paling digemari, tentunya kue kacang menjadi salah satu makanan ringan yang wajib ada. Khususnya pada saat Hari Raya, pastinya kue kering kacang sangat dinanti. Tak jarang pula banyak yang mempertanyakan tentang resep kue Lebaran kering berbahan kacang yang enak.

Kali ini Telunjuk akan membagikan resep kue kering sederhana dan gampang. Untuk itu langsung saja simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Resep Kue Kering Kacang yang Renyah untuk Hari Raya

Rasa paling dominan dan khas dari kue kacang adalah adonan kacang yang gurih dan renyah. Oleh karena itu, kue kering kacang harus disiapkan dengan jenis kacang terbaik supaya menghasilkan cita rasa yang lezat.

Beberapa bahan kue kering kacang lainnya yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut:

Bahan-bahan tersebut dapat kamu cari di Telunjuk atau langsung saja klik link tautan pada setiap bahan.

Kemudian setelah kalian sudah mengumpulkan bahan-bahannya, selanjutnya kalian bisa masuk ke tahap pengolahan. Dalam mengolah kue kering kacang ini juga tidak sulit, kalian cukup mengikuti langkah-langkah berikut ini.

 

Langkah Memasak Resep Kue Lebaran Kering Kacang

Kue kering kacang

(Kue Kering Kacang)

 

  • Pertama, masak kacang terlebih dahulu dengan cara disangrai hingga berubah warna menjadi kecoklatan. Hati-hati saat memasak kacang ini, pastikan kacangnya tidak gosong.

Dalam menyangrai kacang tersebut pastikan pula bahwa kalian telah cukup mengaduknya. Karena hal inilah yang akan menentukan rasa gurih kacang yang dihasilkan. Apabila kalian kurang mengaduk, maka mungkin kacang sangrai tersebut akan kurang matang dan mempengaruhi rasa.

  • Setelah selesai menyangrai kacang, maka kalian dapat segera memisahkan kulit dengan kacangnya. Lalu setelah itu and haluskan kacang hingga berubah seperti bubuk dengan cara ditumbuk atau diblender.

Kacang tumbuk

(Menghaluskan kacang - source : Modern Steader)

Namun kami sangat menyarankan kalian menghaluskannya dengan cara ditumbuk manual. Hal inilah yang akan mempengaruhi hasil akhir dari cita rasa kue kacang. Karena dengan menumbuknya secara langsung, kacang tidak terlalu halus dan memberi cita rasa tersendiri.

  • Setelah proses menumbuk kacang telah selesai maka kalian dapat menaruh kacang tersebut dalam sebuah wadah. Kemudian campurkan dengan bahan-bahan lainnya, yaitu tepung terigu, garam, dan gula.
  • Aduk adonan hingga merata dan tambahkan minyak goreng sambil mengaduk. Minyak goreng berfungsi untuk meratakan seluruh isi adonan.
  • Apabila adonan yang dicampurkan minyak goreng tadi sudah merata dan mengembang maka kalian bisa segera membentuknya. Bentuklah sesuai selera dan pastikan membentuknya dengan cukup padat agar hasilnya tidak hancur.
  • Setelah selesai membentuk adonan kue kacang tersebut kalian dapat melumasi setiap bagian adonan. Gunakan margarin atau mentega sebagai bahan pelumas sebelum menaruhnya pada sebuah loyang. Hal ini untuk membantu agar adonan kue kacang tidak lengket dan rusak.
  • Lalu apabila kalian sudah menaruh dan menata adonan kue kacang tersebut, maka selanjutnya taburi kacang di atasnya. Namun sebelum itu pastikan jika kalian sudah mengolesi bagian atas kue tersebut dengan kuning telur. Ini berfungsi sebagai sebagai perekat antara adonan dan taburan kacang.
  • Setelah proses penaburan kacang selesai maka kalian hanya perlu memasak loyang kue kacang tersebut di oven. Proses memasak ini berlangsung selama kurang lebih 30 menit dengan suhu 150 derajat celcius.
  • Terakhir, apabila proses oven telah selesai maka kue kering kacang pun sudah siap dihidangkan.

Demikianlah ulasan yang dapat kami bagikan seputar resep kue Lebaran kering kacang yang pastinya mudah dibuat. Resep kue kering kacang ini pastinya bisa segera kalian praktikkan untuk hidangan Hari Raya. Jadi, tunggu apalagi? Ayo segera coba resepnya dan nikmati kemeriahan hari raya dengan hidangan terlezat.