Memilih Susu Formula yang Tepat untuk Si Kecil yang Mempunyai Alergi

Valerie Joan @Valejoan

Jul 12, 2019

153 dilihat

article_image

ASI adalah asupan terbaik untuk bayi, namun masalah medis terkadang membuat susu formula menjadi pilihan alternatif guna membantu perkembangan sang buah hati

Hai moms, sebagai ibu kita selalu ingin memberikan yang terbaik untuk si kecil, salah satunya melalui ASI eksklusif. Namun sayangnya ada kasus yang menunjukan kalau tidak semua bayi bisa menerima ASI dengan baik. 

 

Hmm, kalau sudah begini mau tidak mau, susu formula biasanya akan diberikan sebagai penggantinya. Susu formula sendiri terbilang susah-susah gampang. Karena pasalnya bisa saja anak Anda menunjukan reaksi alergi terhadap susu formula tertentu. Untuk itu diperlukan susu formula yang tepat untuk buah hati Anda. Apa saja itu? Yuk kita simak ulasannya

 

Macam-macam susu formula 

 

Di pasaran saat ini sudah tersedia berbagai jenis susu formula dari berbagai bentuk, merek, dan sumber. Seperti yang di bawah ini

 

Susu Formula yang Terbuat Dari Susu Sapi 

Kebanyakan besar susu formula berasal dari sapi. Kaya akan nutrisi yang diperlukan seperti protein, karbohidrat, dan lemak yang penting untuk tumbuh kembang anak. Tapi harus dimengerti juga nih, kalau ada bayi yang intoleransi terhadap susu formula jenis ini.

Salah dalam pemberian susu bisa menyebabkan sakit, dan rasa tidak nyaman pada saluran pencernaan si kecil. So, perhatikan apakah Anak Anda mengalami alergi setelah mengonsumsi susu formula ini? Segera hentikan karena ini merupakan masalah yang cukup serius bagi bayi.

 

Susu formula dari susu kedelai

Susu soya hadir sebagai alternatif untuk bayi yang alergi terhadap susu formula yang terbuat dari sapi ataupun laktosa. Namun sangat disarankan untuk membeli susu kedelai yang terbuat dari kedelai utuh, dan bukan yang rendah lemak. Pasalnya anak Anda membutuhkan lemak untuk perkembangan otaknya.

 

Penting untuk diperhatikan juga meskipun pemberian susu soya diperbolehkan, tetap saja kandungan glukosa yang terkandung dalam susu kedelai ini dianggap bisa merusak gigi bayi Anda. So, diskusikan pada dokter anak sebelum memberikan pada si kecil.

 

Susu formula bebas laktosa

 Susu Formula bebas laktosa

Susu formula yang satu ini terbilang lebih aman dikonsumsi untuk bayi, karena tidak mengandung gula di dalamnya. Rasa manis pada susu bebas laktosa biasanya dibuat dengan sirup jagung. Bisa menjadi alternatif bagi anak Anda yang alergi terhadap laktosa. 

Susu formula hipoalergenik (HA)

Bagi anak yang didiagnosa alergi susu sapi, orang tua biasanya akan beralih menggunakan susu kedelai atau susu sapi dengan kadar protein rendah, yang biasanya disebut susu hipoalergenik/hidrolisat/HA.

Mengandung protein yang lebih rendah sehingga lebih mudah dicerna terutama pada bayi prematur. Tidak mengherankan juga jika harganya termasuk relatif malah karena kandungan yang terdapat di dalamnya.

 

Kandungan Nutrisi Dalam Susu Formula

Susu fomula yang baik harus mengandung nutrisi yang akan memberikan manfaat untuk buah hati Anda. Berikut ini adalah zat-zat yang perlu diperhatikan memilih susu formula yang tepat:

  • Zat besi 

Moms tahukah Anda saat bayi tidak bisa menerima ASI, cadangan zat besi dalam tubuhnya juga akan berkurang? 

Zat besi yang terus menurun akan menyebabkan anemia pada tubuh anak. Sehingga dibutuhkan susu formula yang mengandung kadar zat besi yang cukup sampai setidaknya berusia 1 tahun.

  • Probiotik dan Prebiotik

Susu formula dengan kandungan bakteri baik ini, sangat berguna untuk menjaga kesehatan usus si kecil. Probiotik dan prebiotik yang terdapat pada susu formula sama baiknya dengan bakteri yang ada pada anak yang diberi ASI.

  • DHA & ARA

Pilihlah susu formula yang mengandung asam lemak omega-3, kedua kandungan ini biasanya ditemukan dalam ASI, dan makanan tertentu seperti ikan dan telur. Tak hanya baik unutk perkembangan otak anak, tapi juga bisa membantu penglihatan.

Apakah Bunda Sudah Memilih susu Formula yang Tepat?

Ciri-ciri anak yang tidak cocok dengan susu formula yang diberikan:

  • diare
  • cranky
  • Muntah -muntah
  • lemah atau cepat lelah

Jika gejala ini terjadi pada anak Anda segera temui dokter anak, dan hentikan pemberian susu formula yang digunakan. Semoga artikel ini bisa membantu bunda untuk memilih susu formula yang tepat bagi si kecil yang mempunyai alergi.

Promo 12.12

PROMO 12.12