Lansekap Persebaran Diskon Belanja Online di 10.10

Valerie Joan @Valejoan

Oct 22, 2019

10 dilihat

article_image

Tanggal unik di setiap bulan biasanya dimanfaatkan oleh berbagai e-commerce di Indonesia untuk menggaet customer untuk berbelanja lebih banyak dan lebih sering daripada di hari-hari biasanya. Mulai dari 10.10, 11.11, hingga puncaknya di Harbolnas 12.12.

 

Saat ini cakupan e-commerce dan toko-toko online sudah sangat luas dan tersebar di seluruh Indonesia. Melihat semangat belanja pelanggan online di Indonesia, Telunjuk.com tergerak untuk mengetahui bagaimana persebaran diskon pada momen pesta belanja online Indonesia di 10.10.

 

Telunjuk memantau puluhan juta produk di pasar online setiap harinya untuk membantu para customer mengoptimalkan pengalaman berbelanja online. Dari sampel data yang dihimpun oleh Telunjuk, khusus pada tanggal 10 Oktober 2019 lalu, kami menemukan 30 kota di Indonesia dengan toko-toko online yang paling menarik perhatian para pelanggan marketplace. Kesimpulan ini didasarkan dari jumlah view pada halaman produk yang dijual pada toko-toko online yang berbasis di kota-kota tersebut. Data tersebut dihimpun dari dua marketplace besar Indonesia yaitu Tokopedia dan Bukalapak. 

 

Bukan kejutan apabila kota-kota di pulau Jawa mendominasi aktivitas penjualan online. 26 dari 30 kota yang memiliki jumlah view terbanyak pada saat tanggal 10.10 berasal dari pulau Jawa. Namun, ternyata ada pula 4 kota di luar pulau Jawa yang masuk ke dalam daftar, yaitu Denpasar yang berada di posisi 19, serta 3 kota di Sumatera, yaitu Bukittinggi, Pekanbaru, dan Batam yang berada di urutan bawahnya. 


Adapun urutan 30 kota dengan toko online yang paling banyak dilihat selama 10.10 adalah sebagai berikut:

 

Rank

Kota

 

Rank

Kota

1

Jakarta

16

Sidoarjo

2

Bandung

17

Kudus

3

Tangerang

18

Jepara

4

Bekasi

19

Denpasar

5

Malang

20

Kediri

6

Bogor

21

Pekalongan

7

Surabaya

22

Bukittinggi

8

Blitar

23

Cirebon

9

Semarang

24

Pekanbaru

10

Depok

25

Tasikmalaya

11

Solo

26

Bantul

12

Garut

27

Batam

13

Yogyakarta

28

Karawang

14

Cimahi

29

Cilegon

15

Sleman

30

Pasuruan



Menarik untuk dicermati bahwa kota-kota seperti Malang, Blitar, Bukittinggi dan Pekanbaru ternyata masuk ke dalam daftar kota yang menarik perhatian. Apakah ini berarti keempat kota ini sudah memiliki basis pelanggan online dengan jumlah yang cukup besar? Kalau memang benar, bisa jadi ini merupakan potensi bagi para e-commerce dan toko-toko online untuk lebih menggencarkan promosinya di daerah tersebut.

 

Selain persebaran lokasi toko online, Telunjuk.com juga memantau diskon-diskon yang diadakan oleh e-commerce dan toko online pada tanggal 10.10. Tujuannya agar para customer dapat mengetahui produk-produk yang tepat dibeli pada saat tanggal-tanggal puncak promosi belanja online seperti 10.10, sehingga di 11.11 dan 12.12, pelanggan dapat mengantisipasi apa saja kategori produk yang akan dilabeli diskon besar-besaran. Dengan begitu, memutuskan ‘mau beli apa?’ pun jadi lebih mudah.

 

Pada 10.10 sendiri, empat kategori besar yang menjadi konsentrasi pemberian diskon adalah produk aksesoris elektronik, busana, gawai, dan kecantikan. Hal ini disimpulkan dari sampel data yang Telunjuk.com ambil dari beberapa marketplace yaitu Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Sementara di luar kategori tersebut menyisakan kurang dari 5% produk yang dilabeli pemotongan harga .

 

Ternyata dari sekian banyak diskon yang muncul pada 10.10 lalu, produk aksesoris elektronik menjadi primadona dengan mendominasi lebih dari setengah barang yang didiskon. Diikuti kemudian oleh produk fashion yang mencapai porsi hampir 30%. Sisanya diisi oleh produk gadget, diikuti produk kecantikan, dan sisanya kategori lain.

 

Hampir seluruh kategori produk berani memberikan diskon antara 10% - 50% terutama aksesoris elektronik yang mendominasi penawaran diskon. Sementara produk kecantikanmencoba menarik perhatian pembeli dengan menawarkan diskon besar di atas 50% dengan komposisi yang terbanyak. 

 

Akankah pada 11.11 dan 12.12 jumlah diskon terbesar tetap datang dari kategori kecantikan? Dan kota mana lagi di Indonesia yang ternyata menyimpan toko-toko online paling diminati? Nantikan kemeriahan pesta belanja online di Indonesia selanjutnya!