LIVE Update COVID-19

Langkah Minum Kopi Lebih Hemat tapi Tetap Nikmat

Intania Laksmi

Mar 23, 2020

11 dilihat

article_image

Minum kopi atau yang istilah kerennya disebut ngopi kini menjadi lifestyle yang semakin menjadi tren. Banyaknya coffee shop yang bermunculan juga kian menyemarakkan tren ini. Akan tetapi, sekarang sudah banyak dikenal juga alat-alat pembuat kopi manual yang praktis digunakan di rumah. Hal itu tentunya menghemat pengeluaran para pecinta kopi daripada harus terus-menerus ngopi di coffee shop.

 

Kali ini Telunjuk akan memberitahukan step by step membuat kopi nikmat dengan alat-alatnya yang bisa kamu miliki di rumah. Telebih, kamu dapat melakukan aktivitas ini di kala masa karantina.

 

 

Menggiling Biji Kopi menggunakan Coffee Grinder

Coffee Grinder

Untuk bisa menikmati kopi yang fresh, kamu bisa membeli biji kopi dan menggilingnya sendiri. Nah, alat yang kamu gunakan untuk menggiling biji kopi adalah coffee grinder. Grinder sendiri memiliki banyak jenis desain dan fungsinya. Untuk kamu yang tidak masalah pada waktu dan ingin terasa autentik membuat kopi, grinder manual bisa kamu miliki karena cara menggiling kopinya adalah dengan memutar tuas grinder dengan tangan. Sementara jika kamu rutin meminum kopi setiap hari dan membutuhkan waktu yang cepat untuk menggiling biji kopinya, kamu bisa gunakan grinder elektrik. 

Rekomendasi grinder manual dari Telunjuk adalah Hario Ceramic Coffee Mill Skerton. Coffee grinder ini adalah penggiling manual dengan menggunakan pisau jenis burr untuk menghasilkan bubuk kopi yang konsisten. Bodi coffee grinder ini hanya memiliki tinggi 18 cm dengan diameter 9.5 cm sehingga mudah dibawa ke manapun kamu pergi. Material yang digunakan adalah bahan keramik heatproof, membuat grinder tidak mudah rusak akibat biji kopi yang baru dibakar. 

Untuk grinder elektrik, kamu bisa membeli merek Baratza Encore. Grinder ini adalah favorit para barista untuk menggiling biji kopi karena terbukti dapat menghasilkan bubuk kopi secara konsisten. Pisau yang digunakan adalah jenis burr dengan baja. Pisau tersebut bisa berputar dengan kecepatan 450 RPM. Terdapat 40 pengaturan gilingan biji kopi dari halus hingga kasar yang dapat kamu atur sendiri tingkat kehalusannya. Cukup dengan sekali menekan atau memutar panel di badan grinder, alat ini sudah bisa kamu gunakan untuk menggiling biji kopi secara otomatis.

Menyeduh bubuk kopi dengan French Press

French Press

French press merupakan alat menyeduh kopi yang paling umum dan sangat mudah digunakan. Cukup dengan menuangkan bubuk kopi ke dalam gelas french press, lalu tuangkan air panas sekitar 95 derajat, dan turunkan plunger atau alat pendorong dengan perlahan. Voila! Kamu sudah dapat menikmati kopi buatanmu sendiri dengan nikmat.

Hario Cafe Press Slim S adalah rekomendasi french press yang bisa kamu gunakan. French press ini, kamu dapat membuat kopi dengan kapasitas 1-2 cangkir. Gelasnya terbuat dari kaca heatproof yang dapat menahan panas hingga 120 derajat. Saringan filter alat ini mudah dilepas sehingga memudahkan kamu untuk membersihkannya. 

Buat cafe latte dengan Milk Frother

Milk Frother

Bagi kamu yang gemar cafe latte, kamu bisa gunakan tambahan susu full cream. Untuk rasa dan tekstur susu yang creamy dan nikmat, susu tersebut perlu dibuihkan atau frothing. Alat yang digunakan adalah milk frother. Cara menggunakannya cukup sederhana, kamu hanya menuangkan susu ke dalam jar milk frother lalu tunggu beberapa saat alat bekerja hingga susu memiliki banyak busa dengan gelembung kecil. Setelah susu menjadi froth tersebut, tuang ke dalam kopi yang masih panas. Kamu sudah bisa sajikan cappuccino atau cafe latte ala coffee shop sendiri di rumah.

Kamu bisa gunakan Getra Automatic Milk Frother untuk membuat buih susu secara otomatis.

Buat latte art dengan Milk Jug

Pada dasarnya, milk jug merupakan wadah untuk membuat foam susu. Akan tetapi, alat ini juga bisa digunakan untuk membuat latte art. Cukup dengan menuangkan foam susu ke dalam kopi dalam cangkir, gunakan juga ini untuk membuat pola latte art yang diinginkan atau sudah kamu kuasai. Cita rasa kopi ala coffee shop sangat melekat bila kamu dapat membuat latte art sendiri di rumah. 

Milk jug stainless steel adalah milk jug yang umum digunakan. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga 100 ribuan di sini.

 

 

 

 

 

 

 

 

Demikianlah cara membuat kopi ala coffee shop sendiri di rumah. Membuat kopi sendiri di rumah untuk konsumsi sehari-hari, dapat memangkas pengeluaran kopi kemasan atau kopi dari coffee shop yang biasanya kamu beli. 

 

Rata-rata satu gelas kopi di kedai kopi konvensional dibanderol dengan harga dari 15 ribu hingga 20 ribuan rupiah. Jika kamu setiap hari perlu membeli dan mengkonsumsi kopi kedai tersebut, dalam satu minggu saja, Sahabat Telunjuk sudah mengeluarkan uang sebesar Rp105.000,- hingga Rp140.000,-. Bagaimana dalam jangka waktu setahun? 5 juta rupiah  lebih akan kamu keluarkan demi segelas kopi setiap harinya.

 

Akan tetapi dengan harga yang tidak beda jauh dari total pengeluaran setahun kamu membeli kopi kemasan atau coffee shop, uangnya dapat kamu investasikan ke semua alat pembuat kopi di atas dan kamu dapat bebas membuat kopi berapa pun setiap harinya yang pastinya membuat kamu lebih hemat. 

 

Percayakan pula Telunjuk untuk mencari alat-alat pembuat kopi dengan harga lebih murah dari biasanya. Cek harga-harganya dari beberapa e-commerce di Indonesia dan sesuaikan beli produknya dengan budget yang kamu miliki. Jangan lupa untuk tetap belanja bijak bersama Telunjuk.com ya!