Cara Menghilangkan Bau Sepatu yang Membandel

Valerie Joan @Valejoan

Apr 24, 2019

20 dilihat

article_image

Sepatu menjadi salah satu kebutuhan fashion bagi siapa saja, baik wanita maupun pria. Kita dapat melihat banyak desain sepatu dari harga termurah sampai termahal. Namun dalam penggunaannya seringkali sepatu mahal pun mengalami masalah yakni bau yang sulit hilang.

 

Hal tersebut dapat menjadi problema serius yang harus cepat diselesaikan agar tak mengurangi rasa percaya diri kamu. Sebenarnya ada banyak cara menghilangkan bau sepatu secara tepat dan cepat yang bisa kamu lakukan.

Sebelum mengetahui cara untuk menghilangkan bau sepatu, kamu juga harus mengetahui apa saja hal yang menjadi penyebab bau ini muncul.

 

Penyebab Bau Sepatu Sulit Dihilangkan

Kegiatan sehari-hari seseorang pastinya membutuhkan sepatu sebagai satu perlengkapan wajib. Dalam penggunaannya, sepatu juga membutuhkan perawatan secara rutin. Namun hal terpenting yang wajib dicermati adalah seperti apa penyebab munculnya bau menyengat di dalam sepatu kamu, agar nantinya tidak ada masalah bau terulang kembali.

 

  1. Tidak Adanya Ventilasi di Dalam Sepatu

Setiap desain sepatu bisa dipastikan berbeda, dimana terdapat ventilasi udara yang bertujuan membuang bau ataupun mengurangi kelembaban di dalam sepatu. Pada dasarnya bagian atas sepatu terdapat pori-pori berfungsi untuk menyerap semua keringat yang menempel di kaki atau di bagian dalam sepatu. Inilah yang menjadi penyebab mengapa lapisan dalam sepatu bisa menimbulkan bau menyengat bahkan sangat sulit dihilangkan.

  1. Terlalu Sering Dipakai Untuk Aktivitas Sehari-hari

Setiap orang memiliki rutinitas yang hampir sama setiap hari, kemungkinan untuk mengganti-ganti sepatu saat akan memulai kegiatan jarang dilakukan. Durasi pemakaian sepatu yang panjang akan memperbesar munculnya aroma tak sedap di dalam sepatu. Karena itulah kondisi keringat sampai air akan meresap langsung ke pori-pori sepatu, hingga akhirnya tak dapat menguap karena terlalu sering digunakan.

Biasanya sepatu yang sering digunakan juga tidak memiliki umur panjang karena efek dari keringat dan kelembapan di dalam sepatu.

  1. Tidak Mengecek Kebersihan Kaki Saat Memakai Sepatu

Selain mengetahui cara menghilangkan bau sepatu alangkah baiknya jika kamu memperhitungkan segi kebersihan kaki sebelum menggunakan sepatu. Pada dasarnya bau menyengat di dalam sepatu sering timbul karena efek bakteri sampai kelembaban di dalam sepatu sangat tinggi. Untuk itulah sangat tidak disarankan memakai sepatu dalam kondisi kaki kotor ataupun pada kondisi basah.

Pada jenis sepatu tertentu seperti slip on juga harus diperhitungkan memperhitungkan kondisi kebersihan kaki. Hingga akhirnya bagian dalam sepatu tetap bersih hingga bisa mencegah terjadinya bau menyengat dan membandel.

  1. Terdapat Jamur di Dalam Sepatu

Karena kebersihan sepatu tidak diperhatikan maka peluang munculnya jamur juga semakin besar. Oleh sebab itu cara menghilangkan bau sepatu harus mengurangi intensitas jamur di bagian dalam maupun luarnya. Adanya jamur menjadi satu tanda bahwa kondisi area dalam sepatu sangat lembab. Hindari terlalu sering menggunakan sepatu, apalagi dalam kondisi masih basah ataupun lembab, karena dapat memperbesar peluang munculnya jamur sebagai pencetus bau.

 

Tips Menghilangkan Bau Sepatu Secara Permanen

Terkadang pemilik sepatu masih belum terlalu memikirkan bau menyengat. Tetapi jika dibiarkan, kondisi bagian dalam sepatu akan semakin parah dan sangat sulit menghilangkan baunya. Namun jangan khawatir karena kamu masih bisa menghilangkan bau sepatu secara permanen sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran soal kesehatan kaki dan lain sebagainya.

 

  1. Memanfaatkan Baking Soda

Cara satu ini dikatakan lebih ampuh dibanding cara menghilangkan bau sepatu lainnya karena memang khasiat baking soda sangat ampuh dalam mengurangi bau tak sedap di dalam sepatu. Jika kamu memiliki masalah seputar bau sepatu membandel dan sulit dihilangkan, coba taruh baking soda dalam kadar sedikit saja ke bagian sepatu. Lalu tunggu selama satu malam kemudian pada pagi harinya buang sisa baking soda dan bau menyengat di sepatu akan cepat hilang secara permanen.

  1. Memanfaatkan Kulit Jeruk Lemon

Jika cara pertama masih belum bisa kamu lakukan cobalah cara kedua ini dengan memanfaatkan kulit jeruk ataupun lemon. Caranya sangat mudah karena kamu cukup memasukkan kulit jeruk lemon tersebut ke dalam sepatu. Tunggu selama satu malam kemudian esok harinya bau menyengat di dalam sepatu akan berkurang bahkan hilang.

  1. Cuci Sepatu dan Gunakan Parfum Khusus Sepatu

Salah satu cara menghilangkan bau sepatu lebih mudah bahkan bisa secara permanen adalah sering mencuci sepatu. Proses mencuci sepatu juga wajib menggunakan sabun khusus cuci sepatu ditambah lagi setelah kering gunakan parfum yang digunakan untuk mengusir bau menyengat di dalam sepatu. Dengan menggunakan metode satu ini kondisi dalam sepatu akan terhindar dari bau tak sedap bahkan terhindar dari jamur.

Parfum Khusus Sepatu

  1. Memanfaatkan Kantong Teh

Perlu kamu tahu bahwa dari penggunaan kantong teh bekas bisa mengurangi kadar bakteri di dalam sepatu. Selain itu, kantong teh juga dapat mengusir bau sepatu yang membandel. Untuk pengaplikasiannya, kantung teh bekas bisa langsung kamu masukkan ke dalam sepatu. Tunggu selama satu malam kemudian keesokan harinya keluarkan kantong teh lalu kondisi sepatu akan terbebas dari bau tak sedap.

  1. Gunakan Kertas Koran Untuk Hilangkan Bau

Cara menghilangkan bau sepatu yang lainnya adalah menggunakan gumpalan kertas koran ataupun kertas lainnya. Pakai kertas koran bekas dengan tujuan menyerap bau tak sedap secara efektif. Cara satu ini sudah banyak dipakai karena terbilang murah, mudah, dan sangat efektif agar sepatu benar-benar terhindar dari bau tak sedap.

 

Tips Agar Bau Sepatu Tidak Datang lagi

Tidak cukup dari informasi bagaimana mengatasi bau sepatu membandel menggunakan cara-cara alami ataupun sederhana. Tetapi kamu wajib tahu bagaimana cara menghilangkan bau sepatu kemudian bisa menjaga agar sepatu tidak menjadi bau menyengat pada aktivitas sehari-hari. Berikut ini akan kita cek kembali mengenai cara mudah agar bau sepatu tidak datang kembali.

  1. Pakai Kaos Kaki Setiap Hari dan Variasikan

Setiap pengguna sepatu diharapkan bisa mengenakan kaos kaki setiap hari untuk mencegah kelembaban berlebih di dalam sepatu. Pemilihan kaos kaki juga memiliki banyak manfaat karena tebal tipisnya sanggup menyerap kelembapan dan cegah munculnya jamur.

  1. Ganti Sepatu Secara Rutin

Untuk mengantisipasi dari semua kendala bau sepatu kamu dalam melakukan cara mudah yakni mengganti sepatu secara rutin. Ada kalanya sepatu harus diberikan waktu untuk perawatan, baik itu dengan dicuci bersih ataupun dijemur untuk mengurangi bau serta kelembaban di dalamnya.

  1. Cek Kebersihan Kaki Sebelum Memakai Sepatu

Meskipun terbilang sepele, tetapi kamu harus mencermati beberapa solusi penting yang bisa memberi pengaruh terhadap kebersihan sepatu yakni kondisi kaki kamu. Sebisa mungkin cek kebersihan kaki jangan sampai dalam kondisi basah ataupun terdapat kotoran yang bisa memicu bau sepatu.

Banyak kalangan menilai bahwa kebersihan sepatu bisa memberi rasa percaya diri. Bukan hanya dari sisi cara menghilangkan bau sepatu saja, tetapi bagaimana cara-cara mudah untuk merawat bagian luarnya agar terlihat bersih. Jadi utamakan kebersihan bagian dalam dan luar sepatu agar tak menimbulkan banyak aroma tak sedap.