6 Cara Memindahkan File dari Laptop ke HP dengan Mudah

Telunjuk.com App

Asria Juliani Harahap

Aug 21, 2020

72 Dilihat

6 Cara Memindahkan File dari Laptop ke HP dengan Mudah

Sahabat Telunjuk, biasanya dimana kamu menyimpan data-data HP? Internal atau memori? Sebenarnya dua-duanya punya kapasitas yang terbatas dan pada akhirnya akan dipenuhi oleh data-data kamu. Tapi tenang saja, kamu dapat memindahkan file dari laptop ke HP dengan sangat mudah. Ada banyak metode atau alat untuk dipilih. Seperti yang kita semua tahu, berbagai perangkat saat ini memiliki dukungan perangkat lunak dan perangkat keras yang sangat baik. Jadi ada banyak cara memindahkan file dari laptop ke HP dengan mudah.

Dengan cara ini, kamu dapat lebih mudah memindahkan file dari satu perangkat ke perangkat lainnya, dari komputer ke ponsel, dan sebaliknya. Apalagi saat ini, banyak aplikasi telah dikembangkan secara khusus untuk membantu memindahkan file dari laptop ke HP.

Telunjuk akan memberitahukan 6 cara memindahkan File dari Laptop ke HP dengan mudah! Yuk dilihat!

Cara Memindahkan File dari Laptop ke HP dengan Kabel Data

Dengan menggunakan kabel data adalah cara paling umum untuk memindahkan file dari laptop ke HP dengan mudah. Yuk lihat step by step-nya:

  1. Gunakan kabel data yang sesuai untuk menghubungkan HP ke laptop
  2. Setelah berhasil menghubungkan ke ponsel, pilih opsi transfer file atau MTP pada menu yang ditampilkan di ponsel (kamu juga dapat melihat menu ini di opsi USB di panel notifikasi)
  3. Buka file explorer di laptop, lalu cari file yang ingin kamu pindahkan
  4. Jika ditemukan, salin file dengan memilih file lalu tekan CTRL + C
  5. Masuk ke salah satu folder di partisi perangkat Android (nama tiap perangkat berbeda)
  6. Kemudian tekan CTRL + V untuk menempelkan file

Cara di atas hanya bisa digunakan di perangkat yang menggunakan sistem operasi Android. Untuk perangkat lain, kamu mungkin membutuhkan aplikasi lain, seperti iTunes untuk perangkat iPhone, iPad atau iPod.

Cara Memindahkan File dari Laptop ke HP dengan Koneksi Wireless

Selain menggunakan perangkat atau kabel lain, kamu juga dapat menggunakan koneksi nirkabel (Bluetooth, WiFi atau keduanya) untuk mentransfer file dari laptop ke ponsel.

Misalnya, pada perangkat dengan Windows 10, kamu harus memasangkan terlebih dahulu dengan Pengaturan >  Perangkat > Tambahkan Bluetooth atau perangkat lain, lalu klik Tampilkan ikon tersembunyi (ikon panah atas) > Bluetooth > Kirim ke dan cari file yang akan dikirim.

Untuk perangkat yang diproduksi Apple, kamu dapat menggunakan fungsi Airdrop, yaitu fungsi berbagi file yang menggunakan Bluetooth dan Wi-Fi.

Cara Memindahkan File dari Laptop ke HP dengan USB Flash Drive

Untuk cara ini, kamu membutuhkan perangkat tambahan bernama USB OTG. Perangkat ini adalah konverter dari USB Type-A (kebanyakan konektor flash drive) ke micro-USB atau USB Type-C (konektor pada smartphone).

Caranya, kamu hanya perlu mengcopy file dari laptop ke flash drive seperti biasa, kemudian menghubungkan flashdisk dengan OTG ke smartphone. Jika pemberitahuan "Generic USB Drive" muncul, tekan tombol "Open" untuk menyalakannya.

Jika tidak ada notifikasinya, kamu bisa membuka partisi melalui file manager di perangkat yang digunakan. Sebagai catatan, selain memiliki perangkat USB OTG, kamu juga harus memastikan bahwa perangkat tersebut mendukung opsi OTG.

Cara Memindahkan File dari Laptop ke HP dengan Layanan Cloud

Jika ingin lebih mudah, kamu bisa menggunakan layanan cloud untuk melakukannya. Dengan menggunakan layanan ini, kamu dapat dengan mudah memindahkan file dari laptop ke HP meskipun perangkat tidak berada di lokasi yang sama.

Dalam kasus ini, kamu dapat memilih salah satu dari berbagai layanan cloud yang tersedia dan kemudian masuk. Selain itu, kamu dapat mengunggah file ke layanan dan kemudian mengunduh file melalui aplikasi di smartphone.

Cara Memindahkan File dari Laptop ke HP dengan Memakai Card Reader

Cara ini disarankan jika data yang disimpan di ponsel ada di kartu memori (bukan internal). Apa itu card reader? Card reader merupakan perangkat khusus yang fungsinya untuk membaca kartu memori pada komputer. Biasanya terlihat seperti flash. Namun khusus untuk laptop, kebanyakan laptop memiliki card reader built-in, sehingga bisa langsung digunakan.

Berikut tata cara memindahkan file dari laptop ke HP menggunakan card reader:

  1. Keluarkan kartu memori dari telepon.
  2. Kemudian masukkan ke dalam card reader.
  3. Harap tunggu beberapa saat hingga kartu memori terbaca.
  4. Buka Computer> Pilih drive kartu memori> Kemudian salin data yang diperlukan.
  5. Terakhir, paste saja ke drive lain.

Ada satu hal yang perlu diperhatikan. Jika kartu memori tidak cocok untuk pembaca kartu (port terlalu besar), kamu perlu membeli adaptor terlebih dahulu.

Cara Memindahkan File dari Laptop ke HP dengan Menggunakan Aplikasi

Bahkan sampai saat ini masih banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk mengirim file dari laptop ke handphone menggunakan jaringan lokal atau jaringan internet. Bagi yang belum tahu, ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk keperluan tersebut, antara lain WhatsApp, email atau aplikasi khusus seperti ShareIt.

Misalnya, Mi Drop adalah aplikasi asli dari Xiaomi. Aplikasi ini dirancang khusus untuk mentransfer data dari ponsel Xiaomi ke laptop dengan sangat mudah dan hanya membutuhkan akses WiFi (nirkabel).

Berikut caranya:

  1. Pertama, instal Mi Drop di Google Play Store. Khusus untuk pengguna HP Xiaomi tidak membutuhkannya karena biasanya sudah ada aplikasinya.
  2. Kemudian hubungkan ponsel ke jaringan WiFi. Kamu dapat menggunakan router atau hotspot ponsel lain.
  3. Lalu hubungkan laptop ke WiFi.
  4. Buka Mi Drop> tap menu kiri atas> pilih "Connect to Computer".
  5. Klik tombol Start. Nanti ada alamat yang harus diperhatikan. Misalnya, Ftp://192.168.1.100:2121.
  6. Buka laptop> buka Windows Explorer> dan masukkan alamatnya.

Nah itu tips cara 6 memindahkan File dari Laptop ke HP dengan mudah yang kamu bisa coba. Jadi memori HP kamu tidak akan penuh lagi dan juga tidak lemot. Oh iya, pastikan kamu follow Instagram Telunjuk untuk mengetahui tips #BelanjaBijak dan info lainnya seputar belanja online ya, Sahabat Telunjuk!

Artikel Terkait

Sponsored

Artikel Terpopuler

Sponsored