Cara Membersihkan Sepatu Putih, Salah Satunya Bikin Kamu Geleng Kepala

Valerie Joan @Valejoan

Apr 25, 2019

article_image

Sebetulnya warna putih itu bukan hanya bermakna suci melainkan warna alami yang elegan dan mengesankan untuk dikenakan. Sayangnya, warna putih cepat dan mudah sekali kotor, sehingga untuk memakainya akan membuat kita berpikir dua kali.

Seperti halnya saat kita memakai sepatu putih. Pasti kotoran sekecil apa pun akan menempel dan membuat pemandangan yang tidak sedap. Lalu, bagaimana cara membersihkan sepatu putih?

Dibawah ini adalah beberapa trik dan cara membersihkan sepatu putih Kamu agar kembali ke seperti semula. Mau tahu caranya? Mari kita simak hasil investigasinya berikut ini.

Kotoran yang Biasa Menempel di Sepatu

Bila kita tidak berhati-hati maka akan banyak kotoran yang menempel sehingga membuatnya terkesan sangat kotor. Seringnya kotoran tersebut berupa pasir, tanah, dan lumpur.

 

Cara Membersihkan Sepatu Putih

Setelah kita tahu kotoran apa saja yang akan bersarang. Saatnya kita pun mengetahui bagaimana cara membersihkan sepatu putih.

 

  • Pasta Gigi

Sikat dengan menggunakan sikat lembut atau juga kasar adalah cara membersihkan sepatu putih. Tidak hanya disikat saja, Kamu juga dapat menggunakan pasta gigi yang ternyata ampuh membersihkan noda-noda membandel.

Caranya adalah dengan mengoleskan pasta gigi ke noda yang bersarang. Kemudian disikat secara perlahan hingga noda itu menghilang, lalu usap-usap dengan handuk yang diberi air di tempat yang Kamu sikat tadi agar benar-benar bersih tanpa sisa.

 

  • Dibilas Dengan Sabun dan Air

Selain dengan pasta gigi kita juga bisa menggunakan sabun dan juga air. Biasanya detergen atau shampoo. Penggunaan sabun ini berfungsi untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang memang susah dibersihkan seperti lumpur atau noda bekas es krim dan saus.

Caranya, siapkan air secukupnya dan diberi sabun. Kemudian rendam sepatu putih kamu kedalamnya. Sikat hingga bersih, jangan lupa untuk membersihkan area dalam sepatu juga. Selanjutnya, bilas dengan air bersih sampai sabunnya menghilang.

 

  • Semir Putih

Bagi Kamu yang tidak punya waktu untuk membersihkannya. Mungkin, dengan menggunakan semir putih bisa menjadi salah satu cara menghilangkan noda di sepatu putih. Pilihlah semir yang mempunyai kualitas tinggi dan sudah terpercaya. Kemudian, oleskan ke sepatu dan disikat dengan menggunakan sikat yang sangat halus.

Memang semir putih tidak akan menutup sempurna kotoran yang menempel. Tetapi setidaknya mampu membuat sepatu Kamu lebih bersih daripada sebelumnya.

 

  • Alkohol

Selanjutnya adalah menggunakan Alkohol. Kamu harus berhati-hati sekali dalam menggunakan metode ini, karena kandungannya yang bersifat keras bisa-bisa merusak sepatu Kamu. Tuangkan alkohol ke bagian noda secara merata, kemudian sikat secara perlahan hingga menghilang dan kembali seperti semula.

 

  • Penghapus

Penghapus

sumber: jimmytrims.com

(Penghapus)

Penghapus memang bisa dijadikan salah satu alternatif cara membersihkan sepatu putih yang berbahan suede. Gosoklah noda-noda yang terlihat dengan penghapus melawan arah, kemudian saksikan sendiri bagaimana ia bekerja membersihkan noda tersebut.

 

  • Pemutih

Cara membersihkan sepatu putih berikutnya adalah dengan menggunakan pemutih pakaian. Perlu diketahui bila pemutih mempunyai kandungan zat yang mempunyai sifat korosif. Sifat ini bisa membuat sepatu kulit memudar. Sehingga, Kamu harus berhati-hati memakainya. Sikatlah bagian yang terkena bercak kotoran pelan saja supaya benar-benar bersih.

 

Cara Merawat Agar Tetap Bersih

Setelah kita mengetahui bagaimana cara membersihkan sepatu putih. Saatnya kita memberikan saran untuk merawatnya agar terlihat lebih bagus dan nyaman digunakan.

 

Pertama, jangan menunggu terlalu lama bila terkena noda.

Bila Kamu membiarkannya, maka sudah dipastikan noda tersebut akan sulit untuk dihilangkan. Saat membersihkannya gunakanlah air hangat, jangan air panas atau air dingin.

Air hangat dipercaya mampu mengangkat noda-noda yang membandel. Kemudian tekan ke dalam sampai benar-benar menghilang. Jangan lupa pula untuk mencuci tali sepatu. Walaupun terlihat kecil, namun bila tali sepatu kotor maka akan merusak pemandangan.

 

Cara Menyimpan Sepatu Putih

Mencuci sudah, merawat sudah lalu apalagi yang bisa kita lakukan? Ya, bagaimana cara menyimpannya. Karena cara ini pun juga menjadi faktor yang membuat sepatu Kamu awet bertahan lama.

Setelah digunakan, bersihkanlah dengan menggunakan sikat halus atau kain lap untuk membersihkan debu dan noda yang menempel. Perlu diketahui bila menyimpannya pada saat keadaan kotor bisa membuatnya rusak dan tidak nyaman digunakan.

Jangan menumpuk sepatu, tetapi letakkan berjajar. Tempatkan sepatu di tempat yang tidak terkena paparan sinar matahari. Serta jagalah kelembapan suhu udara tetap stabil.

Disarankan untuk menyimpannya di dalam lemari. Karena, suhu di dalam lemari cenderung stabil. Selanjutnya, bila sepatu tidak dipakai dalam jangka waktu yang panjang, maka jangan dibiarkan begitu saja. Gunakanlah kertas yang tidak mengandung asam atau gunakan tissue toilet kemudian masukkan ke dalam kardus dan simpan.

Bagaimana cara membersihkan sepatu putih diatas? Tidak mudah dan juga tidak sulit bukan? Semoga apa yang kita baca ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.