5 Cara Cepat untuk Tidur Nyenyak di Malam Hari

Valerie Joan @Valejoan

Apr 02, 2019

58 dilihat

article_image

Waktu kita kecil, mungkin kita sering mengabaikan waktu tidur atau kesal ketika disuruh tidur oleh orangtua. Seiring dengan berjalannya waktu, ketika beranjak dewasa dan makin sibuk, kita justru makin menghargai kesempatan untuk tidur. Tidur memang memegang peranan penting bagi kesehatan tubuh kita. Mengutip dari alodokter, kurang tidur punya efek mengerikan, seperti gangguan jantung, menurunkan daya ingat, membuat tubuh rentan terhadap penyakit, dan mempercepat penuaan dini.

 

Susah tidur pun dapat terjadi karena berbagai faktor, seperti pola hidup yang tidak sehat (merokok, gemar minum alkohol, dan pola makan tidak teratur), stress dan beban pikiran, lingkungan yang kurang nyaman untuk tidur, dan pengaruh obat-obatan tertentu.

 

Kalau kamu punya masalah susah tidur atau insomnia, cobalah tips ini untuk membantumu lebih cepat tertidur di malam hari.

 

1. Minum susu hangat sebelum tidur

Minum susu sebelum tidur dapat membuat tidur lebih nyenyak. Hal ini disebabkan oleh adanya Triptofan, salah satu asam amino yang terdapat dalam susu. Triptofan dapat membuat sel saraf menjadi lebih tenang dan merelaksasi otak dan tubuh. Selain itu, susu juga baik dalam menjadi cadangan energi ketika kita tertidur.

 

2. Stop scrolling!

Hindari diri dari paparan gadget paling tidak 1 jam sebelum tidur. Gadget punya efek buruk dalam jangka pendek dan jangka panjang terhadap tubuh kita. Selain dapat merusak pola tidur, radiasi dari layar gadget dapat menurunkan fungsi otak dan merusak mata. Matikan gadget pada malam hari dan letakkan jauh-jauh dari tempat tidurmu!

 

3. Mandi air hangat sebelum tidur, nyalakan ac di kamar tidur.

Mandi air hangat dapat membuat badan menjadi lebih rileks. Tidur di ruangan bersuhu sejuk setelah mandi air hangat juga dapat membuat kita lebih cepat mengantuk.

 

4. Jangan makan berat sebelum tidur

Selain dapat menaikkan berat badan, makan sebelum tidur dapat membuat kita terjaga. Kalori merupakan bahan bakar yang akan diproses saat itu juga oleh pencernaan kita. Jadi, kalau kita makan sebelum tidur, bukannya akan membuat cepat tidur malah akan membuat tubuh kita menjadi terjaga.

Meskipun begitu ada beberapa makanan yang boleh kamu makan apabila rasa lapar menyerang di malam hari seperti pisang, alpukat, kuning telur, dan bayam karena justru dapat menaikkan kualitas tidur.

 

5. Dengarkan musik klasik

Mengutip dari laman Kompas.com, jenis musik yang paling cocok untuk pengantar tidur adalah musik klasik. Musik klasik dapat mengurangi stress dan membantu melepaskan hormon endorfin yang dapat mengurangi rasa sakit. Musik klasik dapat menenangkan syaraf dalam tubuh. Kamu dapat mencari dan memutar playlist lagu klasik di aplikasi musik digital, dengarkanlah Mozart atau Bach selama 30 menit sebagai pengantar tidur.

 

Promo 12.12

PROMO 12.12