5 Cara Cek iPhone Asli atau Palsu dengan Mudah dan Praktis

Telunjuk.com App

Dresyamaya Fiona P.

Oct 14, 2020

10 Dilihat

5 Cara Cek iPhone Asli atau Palsu dengan Mudah dan Praktis

Memiliki produk asli pasti menjadi impian setiap orang. Bagaimana tidak, banyak oknum yang tidak bertanggung jawab masih menjual produk palsu atau tiruan yang dengan kasat mata hampir tidak ada bedanya dengan yang asli. Begitu juga dengan iPhone, beberapa pihak masih mencoba untuk membuat produk menyerupai iPhone dengan bentuk aslinya. Nah bagi kamu yang masih bingung bagaimana mengetahui iPhone milikmu asli atau nggak, simak 5 cara cek iPhone asli di bawah ini ya. 

1. Cek Nomor IMEI

Cek Nomor Imei

Dengan mengecek nomor IMEI iPhone, maka kamu akan mengetahui apakah smartphone milikmu terdaftar resmi atau tidak. Caranya cukup mudah yaitu dengan menekan *#06# di ponsel maka setelah itu akan muncul otomatis nomor IMEI milikmu. 

Setelah kamu ketahui nomer IMEI atau nomor seri, kamu dapat mengecek langsung ke situs Cek IMEI Apple  untuk melihat informasi lebih lanjut kevalidan iPhonemu. 

Jika setelah kamu mengisi nomor IMEI dan muncul informasi kevalidan iPhone, maka iPhonemu benar terdaftar dan merupakan produk original atau asli. Namun jika terdapat tulisan invalid maka kemungkinan iPhone milikmu palsu. 

Perlu kamu ketahui, serial number ini tidak bisa dipalsukan atau dibuat tiruan ya, jadi ini merupakan langkah tepat untuk mengetahui iPhonemu asli atau palsu!

2. Cek Nomor Model iPhone

 Nomor Model Iphone

 Nah untuk tahapan ini selain untuk menentukan apakah iPhone asli atau palsu, namun juga membantu untuk mengetahui apakah iPhone masih dalam keadaan baru atau versi refurbished. Produk refurbished adalah produk yang diganti komponen dalamnya kemudian dijual kembali dengan harga yang murah. Biasanya ini diganti untuk memperbaiki kerusakan pada mesin atau yang sifatnya kerusakan parah. 

Cara untuk mengecek nomor model iPhone ini tidak kalah berbeda dengan nomor IMEI. Tahapannya adalah sebagai berikut:

  1. Setting -> General -> About
  2. Cari Model Number (contohnya “MQ84738HN/A”)
  3. Lalu perhatikan huruf pertama pada model number, misalkan “M”
  4. Ketahui arti dari masing-masing huruf pertama yang muncul di nomor model, antara lain:
  • M = iPhone baru
  • F = iPhone versi refurbished
  • R - iPhone pengganti
  • P - perangkat personal

Nah apabila produk iPhonemu tidak menampilkan salah satu di pilihan tersebut maka kemungkinan iPhonemu palsu atau tidak terdaftar ya. Mudah kan caranya?

3. Aplikasi App Store

Aplikasi App Store

Kebanyakan iPhone tiruan memanfaatkan sistem operasi Android sebagai mesin pacunya. Nah untuk mengetahui apakah iPhone itu asli adalah dengan mengecek aplikasi App Store bawaan Apple. Jika kamu membuka aplikasi tersebut dan menampilkan aplikasi layaknya Apple, maka sudah terjamin iPhonemu asli. Namun jika kamu membuka dan menampilkan Play Store atau aplikasi sistem Android, sayangnya iPhone milikmu palsu. 

Kamu juga bisa mengecek menggunakan aplikasi iTunes. iTunes merupakan satu-satunya aplikasi yang terintegrasi dengan semua produk Apple, jadi ini merupakan langkah yang tepat. Jika kamu menghubungkan iPhone kamu ke iTunes dan iTunes tidak bisa mendeteksi device kamu maka sudah jelas iPhone itu palsu.

4. Tombol Fisik iPhone

 Tombol Fisik iPhone

Selain mengecek sistem dalam iPhone, perlu kamu cek juga desain fisik pada iPhone ya! Kamu bisa mengecek tombol-tombol kunci, power on/off, volume dan ringer switch. Jika kamu menemukan kejanggalan seperti tombolnya rusak, bergerak, atau mudah dilepas pasang maka kemungkinan iPhone milikmu itu palsu. Jadi coba untuk menelusuri tombol-tombol itu ya! 

5. Fitur Screenshot 

Fitur Screenshot

Jika iPhone mu asli, kamu hanya perlu menekan tombol ‘Home’ dan ‘Lock’ secara bersamaan, maka screenshot akan berjalan sempurna. Jika iPhone palsu, fitur ini tidak bisa dilakukan dengan cara yang sama. Jadi apakah kamu sudah coba meng-screenshot iPhonemu? Yuk cobain sekarang!

Nah jadi itu adalah beberapa tips dan cara cek iPhone asli atau palsu yang bisa kamu lakukan. Yuk kenali iPhonemu dengan mencoba tahapan di atas mulai dari sekarang. 

 Jangan lupa juga untuk menonton video Youtube Telunjuk untuk mengetahui daftar iPhone terbaru di tahun 2020 ini. Check this!

Artikel Terkait

Sponsored

Artikel Terpopuler

Sponsored