Buat Caramel Macchiato Sendiri di Rumah, Bisa Hemat Ratusan Ribu!

Telunjuk.com App

Asria Juliani Harahap

May 27, 2020

155 Dilihat

Buat Caramel Macchiato Sendiri di Rumah, Bisa Hemat Ratusan Ribu!

Sahabat Telunjuk, apa kamu sudah rindu nongkrong di cafe dan menikmati minuman kesukaan kamu bersama teman-temanmu? Sabar ya, tetap di rumah selama masih dianjurkan pemerintah untuk stay at home. Coba resep membuat minuman ala cafe yuk yaitu Caramel Macchiato. Minuman ini sangat cocok buat kamu yang punya asam lambung karena rasanya tidak akan sekuat kopi hitam. Meskipun minuman ini lumayan mahal bila kamu membelinya di cafe, tapi jangan khawatir kamu bisa membuatnya dengan bahan-bahan yang terjangkau!

Telunjuk akan memberikan resep Caramel Macchiato yang simple dan juga enak. Yuk simak!

3 Bahan Utama

Pertama kita harus menyiapkan bahan-bahan utamanya, salah satunya adalah espresso blend. Ekstrak dari biji kopi yang diproses dengan mesin tekanan tinggi. Oleh karena itu, bisa dibilang bahwa espresso adalah saripati dari biji kopi berupa secangkir kopi cair yang padat dan kental dalam single shot cup atau double shot cup. Dari Rp80.000 – Rp100.000 kamu bisa dapatkannya dengan mudah dengan klik di sini.

Yang kedua adalah caramel sauce yang manis dengan sedikit rasa asin juga menjadikan berbagai jenis makanan bahkan minuman yang menggoda selera. Aromanya pun benar-benar harum, Tetapi cara membuat saus karamel bukan perkara mudah. Kamu bisa dengan mudah membelinya di sini. Harga caramel sauce Rp180.000

Bahan utama yang ketiga adalah ekstrak vanili paling banyak digunakan dan disukai karena dapat meningkatkan rasa dan aroma pada makanan secara maksimal. Biasanya dijual dalam kemasan botol, kamu bisa dapatkan di sini. Harganya Rp45.000

Resep

Bahan-bahannya:

  •         3 brewed shots dari espresso
  •         2 sdt ekstrak vanila
  •         2 sdm saus karamel
  •         1 gelas susu cair
  •         Whipped cream secukupnya
  •         Es batu secukupnya

Langkah-langkah pembuatannya:

  1. Siapkan gelas atau cangkir, lalu tuang espresso brewed shots ke dalam gelas bersama saus karamel. Aduk kedua bahan tersebut hingga larut merata. Kemudian, tambahkan ekstrak vanila ke dalam campuran espresso, aduk-aduk sampai merata.
  2. Setelah itu, kukus susu cair sampai berbusa. Pastikan susu tidak sampai brunt atau gosong ya. Jika dirasa cukup, angkat dari dalam kukusan.
  3. Sebelum menuangkan susu cair, sisihkan busanya terlebih dahulu. Kemudian, baru masukkan susu ke dalam campuran espresso. Jika sudah, berikan busa yang tadi ke dalamnya.
  4. Caramel macchiato sudah bisa disajikan. Kamu bisa memilih dengan cara hangat atau dingin. Jika hangat, sajikan dengan taburan saus karamel di atasnya, supaya rasanya makin kuat. Kalau ingin menyajikan dingin, tambahkan beberapa buah es batu ke dalamnya. Tambahkan pula whipped cream di atasnya dengan taburan saus karamel yang menggugah selera.

Bagaimana mudah kan? Kamu bisa membuatnya kapanpun kamu mau tanpa perlu membelinya ke cafe. Selain itu, harga caramel macchiato di cafe jauh lebih mahal berkisar Rp57.000 per-cup dan jika kamu membelinya 2x dalam seminggu, sebulannya bisa mencapai Rp456.000! Wah banyak banget kan? Yang pasti dengan membuatnya sendiri  membuat keuanganmu jauh lebih hemat. Oh iya, pastikan kamu follow Instagram Telunjuk untuk mengetahui tips #BelanjaBijak dan info lainnya seputar belanja online ya, Sahabat Telunjuk!

Artikel Terkait

Sponsored

Artikel Terpopuler

Sponsored