Awas Kalap! Cara Bijak Menyambut Harbolnas 12.12 dengan Bahagia

Valerie Joan @Valejoan

Dec 12, 2019

22 dilihat

article_image

Apa Itu Harbolnas 12.12

Pernah bertanya-tanya tidak kenapa banyak sekali marketplace yang sudah mengumumkan bakal ada banyak diskon di tanggal 12 Desember? Yap, benar sekali! Karena pada tanggal 12 Desember diperingati sebagai Hari Belanja Online Nasional atau yang biasa kita kenal dengan Harbolnas 12.12.

Tak heran semua toko online beradu murah produk-produknya dengan diskon yang gila-gilaan. Mulai dari toko online buku, baju, peralatan rumah tangga, skincare dan semua produk yang lainnya. Harbolnas sendiri sudah dimulai sejak tahun 2012 dengan diskon hampir 90%. Selain itu berbagai hadiah undian dan voucher gratis juga menanti untuk dimenangkan.

Karena belanja online, tentu saja kamu perlu menyiapkan hal yang berbeda ketika kamu menyerbu diskon di toko, supermarket maupun di mall-mall. Hal ini karena menyangkut transaksi pembayaran, kecepatan internet dan memastikan bahwa barang yang akan dibeli merupakan barang yang asli. Tentu hal ini bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu kami menyediakan beberapa tips agar kamu tidak kalap saat Harbolnas tiba.

Tips Menyambut Harbolnas 12.12

  1. Persiapkan alat pembayaran yang akan kamu gunakan

Hal pertama yang harus kamu pastikan ada adalah alat pembayaran. Pastikan ATM kamu aktif dan memiliki saldo yang cukup, jika kamu memakai m-banking maka pastikan aplikasi tersebut berjalan dengan lancar. Kini transaksi online juga bisa menggunakan e-money melalui OVO, Gopay maupun aplikasi yang lainnya. Pastikan alat pembayaranmu siap sehingga tidak ada problem saat pembayaran berlangsung.

  1. Sebelum beli, pastikan kamu memiliki daftar prioritas belanja

Pastikan kamu memiliki incaran barang yang akan kamu beli, buatlah daftar barang-barang tersebut. Jika tidak, maka kamu akan lebih mudah terpengaruh untuk membeli ini dan itu yang tidak jelas kegunaannya. Yang ada kamu hanya mengeluarkan uang tanpa mengetahui apakah barang tersebut digunakan atau tidak. Jangan sampai menyesal di kemudian hari.

  1. Membandingkan Harga

Antara marketplace satu dengan marketplace lain pasti memiliki perbedaan harga. Setiap online shop pasti berlomba-lomba dalam menyediakan produk paling murah. Kamu memerlukan pembanding harga yang bisa digunakan untuk menelusuri mana yang paling murah dan berkualitas. Telunjuk.com akan membantu kamu untuk menemukan harga terbaik tanpa ribet saat Harbolnas.

  1. Tenang, jangan buru-buru

Hal yang perlu kamu lakukan saat Harbolnas adalah tidak terburu-buru. Terburu-buru akan membuat kamu tidak terkendali dan mudah emosi apabila ada kekeliruan. Kamu harus tenang sebab memang koneksi internet akan banyak terkuras  dan pembeli juga bersaing berebut barang. Jika kamu tidak tenang maka barang yang kamu incar akan mudah hilang dari jangkauan. Pastikan kamu berbelanja saat tenang, duduk dalam suasana yang tenang dan fokus kepada apa yang kamu tuju.

  1. Jangan mudah tertarik dengan harga murah

Harbolnas memang merupakan hari dimana diskon besar-besaran sedang beredar dimana-mana. Namun, tentu saja online shop tidak pernah terlepas dari penipuan dan barang yang tidak sesuai dengan aslinya. Oleh karena itu, kamu perlu dengan cerdas memilih barang yang harga dengan kualitasnya sesuai. Kamu bisa membandingkan harga di telunjuk.com. kamu pasti akan tau apabila rentang harganya terlalu jauh, maka hal tersebut patut kamu curigai sebagai penipuan. Pastikan kamu tidak membeli barang yang tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan, ya!

  1. Pastikan koneksi internet lancar

Kendala utama saat Harbolnas adalah koneksi internet dan server yang down. Kamu perlu memastikan bahwa kuota kamu cukup atau wifi menyala dengan benar. Jangan sampai koneksi yang lemot membuat barang incaranmu direbut oleh orang lain. Bersabarlah dan lakukan dengan tenang. Pun demikian apabila server online shopdown, kamu perlu tenang dan bersabar, refresh setiap waktu halaman yang kamu tuju dengan kecepatan internet yang mumpuni untuk menjangkau halaman yang kamu tuju.

Berbagai hal tentang Harbolnas 12.12 perlu kamu siapkan. Pastikan kamu menyambutnya dengan persiapan yang matang untuk mendapatkan barang-barang impianmu. Kamu bisa mulai mencari promo Harbolnas dari berbagai online shop melalui Telunjuk.com, dapatkan juga informasi tentang perbandingan harga dan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat.