LIVE Selalu Tenang di Rumah

Kantor Wajibkan Work From Home, Ini yang Harus Disiapkan

Ade Risdo Parulian

Mar 17, 2020

86 dilihat

article_image

Kantor Wajibkan Work From Home, Ini yang Harus Disiapkan

 

Beberapa waktu belakangan ini, isu kesehatan telah ramai diperbincangkan di masyarakat global tidak terkecuali Indonesia. Isu kesehatan yang sedang terjadi berdampak pula pada para pekerja dan pelajar. Untuk kamu yang mengikuti perkembangan isu kesehatan tentu mengetahui virus Covid-19. Infeksi awal virus Covid-19 terjadi di negara Tiongkok dan terus mengalami perkembangan yang signifikan hingga ke berbagai penjuru dunia. Untuk mengantisipasi persebaran virus Covid-19, dalam hal ini pemerintah Indonesia menetapkan kebijakan kerja dari rumah atau work from home untuk diterapkan oleh perusahaan. Beberapa perusahaan telah menerapkan kebijakan dari pemerintah agar mengantisipasi penyebaran Covid-19. Kalau kantormu adalah salah satu yang menerapkan kebijakan ini, apa saja yang perlu kamu siapkan untuk kerja dari rumah? Berikut ini akan diulas tips yang bisa kamu lakukan agar bekerja dari rumah menjadi nyaman dan tetap produktif. Oke, Sahabat Telunjuk, pastikan kamu jangan sampai kelewatan ya!

 

Teknologi yang Memadai

Komponen penting yang wajib kamu perhatikan adalah peralatan untuk kamu bekerja. Pastikan kamu telah menyiapkan peralatan seperti laptop atau personal computer (PC), dan gadget. Kamu pasti membutuhkan alat-alat tersebut untuk berkomunikasi dan koordinasi dengan teman kantor atau bahkan client. Dengan aktivitas bekerja yang padat pasti kamu perlu mengisi ulang daya pada laptop atau gadget. Jadi jangan lupa untuk mempersiapkan pengisi ulang dayanya (Charger).



Akses Jaringan Internet

Selain memperhatikan komponen alatnya, kamu juga harus teliti bahwa masing-masing alat tersebut membutuhkan koneksi atau jaringan internet. Jaringan internet menjadi faktor penting yang menentukan. Bila kamu memiliki jaringan internet yang baik dan stabil, akan sangat membantu kamu dalam bekerja, apalagi untuk kamu yang harus melakukan online meeting atau conference call. Sebaliknya, jaringan internet yang buruk akan sangat mengganggu. Kamu akan kesulitan berkomunikasi dan koordinasi dengan teman kantor atau client. Jadi kamu wajib menggunakan jaringan internet yang baik dan stabil supaya kerja kamu nyaman dan efektif.



Lingkungan Kondusif

Perhatikan faktor dari luar, tidak kalah penting dengan faktor internal yang telah disebutkan diatas. Untuk kamu yang tinggal bersama orang tua atau keluarga, jelaskan pada orang-orang disekitar bahwa kamu sedang dalam jam kerja atau office hour. Dengan penjelasan tersebut, diharapkan bahwa kamu tidak akan diganggu selama bekerja. Itu perlu dilakukan agar orang-orang disekitar memahami bahwa work from home bukan berarti libur dan kamu tetap harus profesional.



Bantal Punggung

Ketika bekerja di rumah kita bisa menggunakan kursi atau sofa manapun di rumah senyaman mungkin. Disarankan untuk tidak bekerja di tempat tidur ya, Sahabat Telunjuk! Sebisa mungkin gunakanlah meja dan kursi yang layak supaya kamu tidak cepat lelah, tapi juga tidak merasa malas. Berbeda dengan kursi kantor yang biasanya, tidak semua orang memiliki kursi di rumah yang nyaman untuk diduduki berjam-jam. Salah satu solusi cepatnya adalah menggunakan bantal punggung. Supaya punggung kamu tidak sakit atau terasa lebih nyaman, pastikan kamu gunakan bantal punggung untuk menyangga bagian tubuh bagian belakang. Dengan bantal punggung kerja di bangku manapun menjadi lebih nyaman. 



Demikian beberapa tips yang dapat dilakukan agar bekerja dari rumah atau work from home lebih nyaman. Konsep work from home memiliki nilai positif tersendiri, tergantung perspektif yang digunakan. Pastikan kamu melakukan tips tersebut secara profesional ya Sahabat Telunjuk. Tidak lupa juga bahwa kebijakan yang dilakukan pemerintah Indonesia karena memperhatikan kesehatanmu juga sebagai pekerja. Tetap bekerja produktif dan nyaman dari rumah serta kondisi kesehatan yang terjaga.