Ketahui Istilah ini Sebelum Belanja Gadget Secara Online

Telunjuk.com App

Ade Risdo Parulian

Mar 20, 2020

29 Dilihat

Ketahui Istilah ini Sebelum Belanja Gadget Secara Online

Ketahui Istilah ini Sebelum Belanja Gadget Secara Online



Kamu adalah salah seorang penggemar gadget? Nah, saat berbelanja gadget secara online, pastinya kamu sering menemukan istilah-istilah yang tidak terlalu umum digunakan. Istilah-istilah tersebut kerap kali muncul ketika kamu sedang berbelanja online. Pada umumnya, istilah-istilah ini digunakan untuk memudahkan konsumen dalam berbelanja online, karena istilah tersebut umumnya terkait dengan status dan kondisi produk terkait. Telunjuk.com akan mengulas istilah-istilah seperti PnP, OEM, BNIB, Rep, dan PO untuk kalian Sahabat Telunjuk. Pastikan kamu menyimak sampai bagian akhir ya, agar kamu tidak melewatkan istilah-istilah yang penting.

 

Plug and Play (PnP)

Untuk penjelasan mengenai Plug and Play (PnP) berkaitan dengan produk yang dibeli. Jadi saat kamu membeli, kamu bisa langsung menggunakan barang tersebut bila sudah dibayar. Misalnya saja, saat kamu membeli gadget tertentu. Setelah kamu melakukan pembayaran, kamu bisa langsung menggunakan produk tersebut.



Original Equipment Manufacture (OEM)

Istilah Original Equipment Manufacture (OEM) menjelaskan tentang keaslian produk (original) dari pabrik. Untuk produk yang ditawarkan pasti asli, hanya saja tidak dikemas sebaik kemasan asli dari pabrik. Umumnya barang OEM tidak lagi dijual secara massal. Jadi barang seperti OEM bisa didapat langsung dari produsen yang bersangkutan tanpa melalui tangan kedua atau perantara.

 

Brand New in Box (BNIB)

Untuk penjelasan istilah Brand New in Box (BNIB) untuk menyatakan bahwa barang yang ditawarkan masih baru, namun dijual kembali oleh pembelinya. BNIB adalah barang yang dijual beserta kemasan yang masih baru dan original. Barang BNIB yang dijual, umumnya belum pernah digunakan. Hal itu lah yang menjadi nilai jual pada produk BNIB.

 

Rep (Replika)

Replika adalah barang tiruan terhadap produk original. Untuk kualitas yang ditawarkan tentu sangat jauh bila dibandingkan dengan produk original. Biasanya, produk Replika dijadikan alternatif pilihan karena harga produk yang original tergolong tinggi. Namun untuk Sahabat Telunjuk, disarankan untuk membeli yang original yah!. Lebih baik menabung dulu dan membeli produk original daripada menggunakan produk tiruan yang berkualitas rendah. Pastikan kamu berbelanja barang original hanya di Telunjuk.com.

 

Pre-order (PO)

Untuk istilah Pre-order mungkin lebih umum dibanding beberapa istilah yang telah disampaikan di atas. Biasanya, istilah Pre-order digunakan dalam pemesan barang yang belum rilis. Dengan demikian, konsumen melakukan Pre-order sebelum produk tersebut rilis di pasaran. Selain berfungsi untuk pemesanan, istilah ini digunakan untuk mengatasi persoalan barang-barang yang memiliki peminat dalam jumlah besar. Jadi kamu bisa terhindar dari kehabisan stok barang produk dengan melakukan Pre-order.

 

Oke Sahabat Telunjuk telah dijelaskan beberapa istilah yang umum digunakan saat berbelanja gadget secara online. Terlebih lagi sekarang ini, belanja online menjadi salah satu tempat yang banyak digunakan masyarakat global. Jadi kamu harus tahu istilah-istilah tersebut agar ketika belanja online kamu bisa mengambil keputusan dengan cepat dan cermat. Pastikan untuk selalu cermat dengan membeli gadget online, salah satunya dengan memperhatikan kode istilah di atas. Lagi cari gadget? Segera dapatkan produk gadget yang kamu inginkan dengan harga terbaik dari puluhan ecommerce hanya di Telunjuk.com.

Artikel Terkait

Sponsored

Artikel Terpopuler

Sponsored