LIVE Update COVID-19

Tips Belanja Online Solusi Physical Distancing

Ade Risdo Parulian

Mar 31, 2020

18 dilihat

article_image

Tips Belanja Online Solusi Physical Distancing 

 

Saat ini, banyak negara di berbagai belahan dunia sedang mengalami fase pergulatan dengan pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 berimplikasi di beberapa aspek dalam kehidupan seperti sosial dan ekonomi. Dampak yang bisa terlihat dengan jelas wujudnya dari kebijakan yang diterapkan oleh masing-masing pemerintah. Eskalasi jumlah korban terinfeksi Covid-19 sangat signifikan. Menurut data World Health Organization (30/3/2020), pasien positif terinfeksi Covid-19 mencapai 600 ribu jiwa dengan angka kematian hingga 30 ribu jiwa di 101 negara.

 

Dampak ekonomi dan sosial begitu terasa di setiap negara yang memiliki korban terinfeksi. Setiap negara di dunia yang juga menjadi korban menempuh upaya strategis yang diimplementasikan ke dalam bentuk kebijakan. Pasti sebagian dari kamu telah mengetahui mengenai kebijakan work from home. Kebijakan tersebut adalah salah satu upaya strategis yang ditempuh untuk melindungi stabilitas ekonomi dan sosial suatu negara. Wabah Covid-19 memaksa untuk diterapkannya physical distancing dalam interaksi. Konsep physical distancing diharapkan untuk diterapkan ketika bekerja atau di rumah dengan harapan untuk menekan jumlah penyebaran. 

 

Rutinitas yang dilakukan di dalam rumah tentu mengundang kebosanan terlebih lagi sudah terjadi selama beberapa pekan. Oh iya, selain kebosanan karena physical distancing ada hal lain seperti kekhawatiran keamanan dalam melakukan transaksi saat belanja online. Menurut World Health Organization, saat melakukan dan menerima pengiriman barang saat belanja online memiliki resiko terinfeksi yang minim atau rendah. Nah agar kamu bisa lebih tenang saat berbelanja online dari rumah, berikut ini akan diulas tips dan triknya. Simak ya!

 

Order Makanan Online

Konsumsi pangan adalah hal yang primer yang harus dipenuhi. Kamu tidak perlu ragu untuk melakukan pemesanan makanan online disaat seperti ini. Menurut Food and Drug Administration (USA) menyatakan belum ada bukti bahwa makanan manusia atau hewan peliharaan dan bungkus kemasan menjadi wadah perantara penyebaran Covid-19. Standar tinggi diterapkan sebagai upaya mencegah penyebaran dengan menggunakan komponen pelengkap yang diperlukan.

 

Pengiriman Barang

Apabila kamu sedang memesan atau mengirim barang, jangan khawatir akan penularan Covid-19. Menurut World Health Organization, pengiriman barang yang dilakukan memerlukan waktu yang cukup lama dengan proses yang ketat. Covid-19 dianggap tidak memiliki ketahanan saat berada di permukaan dan akan mati. Untuk itu kamu tetap bisa menjadikan pengiriman barang sebagai solusi ketika melakukan physical distancing.

 

Pengiriman Surat dan Paket

Secara umum tidak terlalu ada perbedaan dengan pengiriman barang. Secara fundamental Covid-19 tidak dapat bertahan di permukaan. Covid-19 hidup dan berkembang pada inang yang hidup sebagai tempat bernaung. Menurut World Health Organization, kamu melakukan pengiriman surat dan paket tetapi jangan lupa yang terpenting untuk membersihkan tangan sebelum menerima jaga diri terhadap kurir yang mengirimnya.

 

Jadi, untuk Sahabat Telunjuk jangan merasa bingung dan khawatir lagi ya saat berbelanja online. Sebaliknya, belanja online adalah solusi kamu karena adanya physical distancing. Kamu bisa melakukan pemesanan makanan, pengiriman barang, hingga surat dan paket. Eitsss, tetapi dengan keamanan yang telah ada bukan berarti kamu tidak melakukan pencegahan dari diri sendiri. Pastikan kamu bersihkan tangan sebelum menerimanya karena ada kurir pengirim yang perlu diperhatikan. Sekarang kamu bisa berbelanja dengan tenang saat di rumah, belanja hanya di Telunjuk.com.