6 Teksture & Finish Lipstick yang Harus Kamu Ketahui

Nabilla Aidid @arsenails

Feb 16, 2016

article_image
article_image

1. Sheer Finish

Sheer finish bertekstur sangat ringan dan mempunyai kurang pigmented. Ini berarti juga warna bibir alamimu tetap akan terlihat walaupun menggunakan sheer finish karena warnanya yang cenderung translucent. Lipstick bertekstur sheer biasanya mempunyai kelembaban tinggi dengan bahan dasar berupa shea butter, grapseed oil, vitamin E dan bahan hydratung lainnya. Lipstick ini cocok sekali buat kamu yang menginginkan warna tipis, mempunyai bibir kering dan penyuka tampilan "stained".

article_image

2. Satin Finish

Memiliki coverage yang sedikit lebih tebal dari sheer lipstick namun masih digolongkan sebagai lipstick yang melembabkan bibir. Finish ini bertekstur creamy, berkilau, namun tidak terlalu glossy atau sparkly. Lipstick ini adalah pilihan tepat bagi kamu yang menginginkan lipstick yang tetap ringan namun buildable. Selalu siapkan si lipstick saat berpergian karena kamu pasti membutuhkan touch-ups di siang hari. Cocok banget buat kamu penyuka lipstick dengan variasi warna yang luas dan ingin bibir tetap lembab.

article_image

3. Pearlescent Finish

Dikenal juga dengan shimmery lipstick, biasanya mengandung microparticles berwarna. Tekstur dan finish yang dimiliki oleh lipstick pearlescent mempunyai kemampuan untuk merefleksikan cahaya dan menonjolkan shade yang glowing, terutama ketika kamu menggunakan warna-warna muda. Melihat dari tingkat shimmer dan pigmentasi yang ada, lipstik ini tidak begitu opaque. Warna-warna gelapnya, however, cocok digunakan pada acara malam hari.

article_image

4. Frosted Finish

Lumayan populer di kalangan beauty-enthusiast pada tahun 80an dan 90an silam, frosted lipstick adalah penyempurnaan dari pearlescent lipstick dengan tambahan glitter pada bahan dasarnya. Sehingga mendapatkan kombinasi metallic yang pas banget untuk mendapatkan makeup dramatis. Frosted lipstick cocok digunakan pada wanita berkulit medium ke gelap karena menyerap cahaya dan mencerahkan wajah, namun jika pemilihan warna salah, bisa berujung pada makeup yang dull lho. Maka, tipsnya adalah timpa lipstick dengan lip gloss! Untuk kamu yang baru memulai journey makeupmu, pemilihan frosted lipstick membuatnya semakin adventurous!

article_image

5. Matte Finish

Say no more, this finish is one finish (almost) all of us love. Matte lipstick menutup warna bibir alami dengan sangat baik atau mempunyai opaque coverage. Namun, matte finish seringkali berujung pada makeup look yang flat, karena berbeda dengan finish lainnya yang memiliki efek glitter, shine, dan metallic. Ditambah lagi lipstick matte dengan kualitas kurang oke bisa membuat bibirmu super kering. Meh. However, pigmentasi oke, tahan lama di bibir dan datang dalam bermacam warna adalah sedikit dari banyak alasan kenapa kamu harus mempunyai lipstick matte di makeup pouch.

article_image

6. Cream Finish

Cream lipstick menawarkan tekstur terkaya dan terpenuh dengan efek after shine yang menonjol. Bagi kamu yang suka selfie dan sering berpergian ke banyak acara, Lulu merekomendasikan lipstick bertekstur dan finish cream ini ya. Ketika memakainya, sempatkan juga menggambar bingkai birbi dengan lip liner, karena lipstick ini seringkali berantakan saat digunakan.

Sahabat Telunjuk, mengetahui bermacam tekstur dan finish pada lipstick mebantumu agar lebih bijak lagi saat mengisi koleksi lipstick. Sekarang adalah saatnya belanja lipstik sesuai dengan kebutuhan dan bukan sekedar latah, hihihi. Cari dan temukan beragam rekomendasi lipstick dengan klik tombol di bawah ini ya!

HP October Deals