6 Survival Tips untuk Bertahan Hingga Gajian

Valerie Joan @Valejoan

Nov 27, 2019

21 dilihat

article_image

Wah baru gajian nih! Apakah kamu termasuk dari kebanyakan orang yang setiap bulan berjuang supaya kantong nggak kering di tanggal tua? Coba 5 tips ini sebagai senjatamu untuk bertahan hingga gajian bulan depan!


1. Hadapi Kenyataan

Bagi sebagian orang, melihat saldo tabungan adalah salah satu hal yang paling membuat hati miris saat tanggal tua. Kini saatnya kamu untuk menghadapi kenyataan. Hitung berapa uang yang masih kamu miliki, lalu bagi uang tersebut merata ke jumlah hari atau minggu yang tersisa hingga tanggal gajianmu berikutnya. Jangan lupa utamakan bayar cicilan yang masih kamu miliki.–Denda atau penalti hanya akan semakin mempersulitmu di bulan mendatang.

 

2. Cash is king, but e-wallet is power

e-wallet

source: Due.com

 

Hindari penggunaan kartu kredit pada masa sulit di tanggal tua, kecuali dalam keadaan terdesak. Sebisa mungkin, cobalah gunakan metode pembayaran dompet elektronik atau e-wallet yang menawarkan promo cashback atau potongan harga langsung. Manfaatkan juga e-commerce yang menjual produk digital beserta promo-promo yang ditawarkannya, supaya beli pulsa, bayar tagihan, atau top-up bisa lebih ekonomis dan praktis

 

Saat ini banyak sekali penyedia layanan dompet elektronik yang menawarkan promo cashback seperti OVO, GoPay, Dana, Sakuku, LinkAja, Shopee Pay, dan masih banyak lagi. Namun kamu tetap harus berhati-hati supaya jangan sampai tergiur promo menarik untuk barang-barang atau jajanan yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.


Psst… untuk promo khusus payday, Telunjuk sudah kumpulkan di sini!

 

3. Jual barang preloved-mu

Menjual barang-barang secondhand yang masih bagus milikmu mulai dari pakaian, sepatu, barang elektronik atau make-up yang tidak terpakai bisa jadi salah satu cara untuk menambah pemasukan darurat.

 

4. Banyak Minum Air!

source: BestProducts.com

Apa hubungannya sih? Salah satu tips yang kami dapat dari Your Well Space, banyak minum air putih bisa menghemat pengeluaran lebih banyak dari yang kamu kira, lho! Untuk kamu yang gemar ngopi cantik atau beli minuman kekinian, coba hitung berapa total pengeluaranmu sebulan untuk beli minuman tersebut. Coba tantang dirimu untuk puasa jajan minuman kekinian dan menggantinya dengan air putih. Selain lebih sehat, tentunya lebih hemat!

 

5. Atur Ulang Anggaran

Sekarang saatnya melihat kembali pengaturan anggaran bulananmu. Pikirkan kembali pengeluaran wajib yang harus ada seperti ongkos, pulsa, biaya makan, kebutuhan sehari-hari atau groceries, serta budget hiburan. Mungkin saja ada biaya langganan streaming film atau musik yang dapat kamu hentikan dulu sementara, atau biaya hiburan lain yang bisa kamu potong untuk menghemat budget.

 

6. Rajin Cek Telunjuk.com

Supaya kamu tidak ketinggalan informasi promo terbaik dan kamu bisa memanfaatkan diskon secara maksimal untuk membeli produk yang kamu butuhkan.

 

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menyelamatkan dirimu sendiri menjelang tanggal tua. Favorit kami sih tips yang terakhir. Yuk langsung dicoba! Demi saldo rekening yang lebih stabil dan positif di bulan mendatang :)