LIVE Fashion Week Inspiration

5 Manfaat dari Popcorn Si Camilan Sehat

Valerie Joan @Valejoan

Jan 21, 2019

article_image

Popcorn merupakan salah satu snack wajib saat menonton film, khususnya di bioskop. Dibalik kerenyahan dan bentuknya yang khas, popcorn memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan, juga bisa dijadikan camilan alternatif saat sedang diet! Popcorn mengandung serat, polifenol, antioksidan, vitamin B complex, mangaan, dan magnesium. Popcorn tawar sebenarnya hanya mengandung 1 gr lemak dan 3 gr protein per porsi. Menurut organicfacts.net, manfaat popcorn diantaranya adalah:

 

  • Melancarkan pencernaan

Dalam 100gr popcorn, serat yang terkandung adalah sebanyak 14,5gr. Serat menstimulasi gerakan usus dalam mencerna makanan, sehingga menjauhkan sembelit dan sulit buang air besar.

 

  • Membantu menurunkan berat badan

Satu cup popcorn yang biasa menjadi teman nonton di bioskop, hanya mengandung 30 kalori, 5 kali lebih rendah daripada keripik kentang dalam jumlah yang sama. Serat yang terkandung dalamnya juga membuat kita merasa lebih cepat kenyang. Popcorn tawar juga bebas lemak dan gula, jadi tidak perlu khawatir berat badan melonjak apabila mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak.

 

  • Menurunkan resiko penyakit jantung dan kanker

Pecinta popcorn harus berterimakasih kepada Polifenol yang terkandung dalam makanan favorit mereka ini. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa polifenol berperan sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas yang menyebabkan kanker. Radikal bebas terkenal akan bahayanya yang dapat mengubah sel DNA yang sehat menjadi kanker, sementara popcorn mengurangi resiko tersebut.

 

  • Membantu menurunkan kolesterol

Serat yang terkandung dalam biji-bijian jagung juga membantu meluruhkan kolesterol dalam dinding pembuluh darah sekaligus menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

 

  • Mengontrol gula darah

Manfaat lain dari serat adalah pengaruhnya bagi gula darah. Orang yang asupan seratnya cukup, tubuhnya akan berfungsi lebih baik dalam mengatur kadar gula dalam darah dibandingkan orang yang kurang asupan serat.

 

Popcorn sendiri adalah snack sehat, namun yang perlu diperhatikan ketika mengonsumsi popcorn adalah bumbu-bumbu yang digunakan untuk membuatnya. Popcorn yang diolah dengan berbagai macam rasa, membuatnya menjadi cemilan yang tidak rendah kalori lagi. Khususnya popcorn yang manis, malahan dapat membuat berat badan naik.

Popcorn yang dipanaskan di microwave bersama dengan kemasannya juga kurang baik bagi kesehatan, karena perfluorooctanic acid PFOA zat kimia yang melapisi kemasan popcorn tersebut bisa memicu kanker. Selain itu, popcorn kemasan seperti ini biasanya sudah diberi berbagai macam bumbu dan mentega.

 

Supaya bisa makan popcorn yang sehat, bikin sendiri aja di rumah! Nggak perlu memanaskan dengan microwave atau popcorn maker, pakai kompor biasa juga bisa.

 https://asset.telunjuk.co.id/s/images/article/masak-popcorn.jpg

Source: Pinterest

 

Begini caranya:

  • Tuangkan 3 sendok makan minyak (zaitun atau minyak goreng biasa) ke dalam wajan, lalu panaskan dengan api sedang.
  • Masukkan 2 genggam biji popcorn lalu tutup wajan
  • Ketika popcorn mulai meletup, goyangkan wajan agar uap bisa keluar
  • Segera keluarkan popcorn yang sudah jadi dari wajan agar tidak gosong, lalu sajikan.

 

Dengan membuat popcorn sendiri, kamu bisa mengontrol apa saja yg kamu masukkan sebagai bumbu, nggak khawatir bahan-bahan pengawet atau zat kimia berbahaya yang ada di balik nikmatnya popcornmu!

 

Beli Biji Popcorn di sini