10 Cara Menghilangkan Bau pada Sepatu

Valerie Joan @Valejoan

Aug 19, 2019

article_image

Kamu yang bekerja di kantor dengan menggunakan pakaian formal biasanya selalu berusaha menggunakan sepatu yang terbuat dari kulit, baik pria maupun wanita. Sebagian besar dari sepatu kulit akan mengeluarkan bau sepatu kulit tak sedap lama kelamaan saat tidak dirawat. kamu perlu mengetahui nih bagaimana cara menghilangkan bau pada sepatu.

Apabila dibiarkan begitu saja, bau pada sepatu dapat menghilangkan kepercayaan diri dari sang pengguna. Pastinya dapat menyebabkan malu saat bau tidak sedap sampai tercium rekan kantor bukan. kamu perlu mengetahui berbagai tips dan trik berikut ini.

Beberapa Cara Menghilangkan Bau pada Sepatu

Ada banyak sekali sekali cara yang sebagian besar orang belum ketahui untuk menghilangkan sepatu bau kaki. kamu bisa mencoba berbagai cara tersebut untuk dapat menghilangkan bau sepatu susah hilang.

1. Baking Soda untuk sepatu

baking soda

Photo source : amazon

Baking soda tidak hanya dapat digunakan untuk bahan memasak saja lho. Bahan yang satu ini dikenal dapat menghilangkan aroma bau pada sepatu. Caranya pun mudah dengan meratakan dua sendok bahan ini ke sepatu yang berbau. Diamkan selama semalam dan bersihkan dari bubuknya setelah itu. Sangat mudah bukan caranya untuk menghilangkan bau sepatu dengan baking soda. Kalau kamu mencari baking soda untuk sepatu kamu, kamu dapat mencarinya di telunjuk.com

Cek Harga Baking Soda

2. Lemon untuk sepatu kamu

lemon

Photo source : amazon

Lemon juga bisa digunakan untuk membunuh bakteri penyebab bau pada sepatu nih. Hanya saja jumlah yang kamu perlukan untuk menghilangkan bau sepasang sepatu adalah 7 buah lemon yang diperas dan diambil airnya ke dalam baskom.

Tambahkan dengan air hangat dan aduk sampai merata. Setelah itu, rendam sepatu yang bau selama 30 menit. Angkat dan keringkan sepatu sampai benar-benar kering. Dijamin, sepatumu sudah tidak lagi berbau kaki. Kalau kamu berniat untuk mencari dan membeli lemon, kamu bisa mencarinya di telunjuk.com

Cek Harga Lemon

3. Kopi untuk penghilang bau sepatu

kopi

Photo source : hellosehat

kamu pasti sering sekali menemui adanya bubuk kopi yang diletakkan di mobil dan berbagai macam tempat lainnya yang berpotensi berbau. Hal tersebut sudah biasa dilakukan, karena memang kopi dapat digunakan untuk menghilangkan berbagai macam bau tak sedap.

Menghilangkan bau sepatu dengan kopi dapat dilakukan dengan memasukkan bubuk kopi ke dalam kaos kaki. Masukkan kaos kaki tersebut ke dalam sepatu yang berbau selama semalaman. Dijamin keesokan harinya sepatu akan berubah menjadi berbau kopi yang wangi. Kalau kamu ingin mencari kopi, untuk menghilangkan bau pada sepatumu, kamu dapat mencarinya di telunjuk.com

Cek Harga Kopi

4. Gunakan kaos kaki setiap kali pakai sepatu

kaos kaki

Photo source : lazada

Cara yang paling mudah dilakukan untuk menghilangkan dan mencegah munculnya bau sepatu adalah menggunakan kaos kaki. Penggunaan ini ditujukan untuk menyerap keringat, sehingga keringat tidak menempel pada dinding bagian dalam sepatu. Ingat untuk selalu berganti kaos kaki keesokan harinya.

Saat keringat tidak menempel ke dinding bagian dalam sepatu, maka dapat dipastikan bahwa bau tak sedap juga tidak akan terjadi. Cara ini sangat ampuh digunakan untuk mencegah terjadinya bau sepatu tak sedap. Kalau kamu ingin membeli dan mencari kaos kaki, kamu bisa mencarinya di telunjuk.com

Cek Harga Kaos Kaki

5. Gunakan deodoran khusus sepatu

deodorant sepatu

Photo source : shopee

Ada cara lain yang dapat dilakukan untuk mengusir bau pada sepatu lho. Caranya yaitu dengan menggunakan deodorant khusus sepatu. Produk yang satu ini dianggap cukup ampuh dalam menghilangkan berbagai macam bau tak sedap di sepatu. Ingin tahu harganya? bisa coba cari di telunjuk.com.

Produk ini juga mampu membunuh bakteri yang dianggap sebagai biang utama dari bau sepatu tak sedap. Kandungan anti-bakterinya dapat membunuh bakteri dan mencegah bakteri berkembang menjadi lebih banyak. kamu yang memiliki masalah keringat kaki yang bau, perlu menerapkan langkah yang satu ini. Kalau kamu ingin membeli dan mencari deodorant khusu sepatu ini, kamu bisa mencarinya di telunjuk.com

Cek Harga Deodorant Sepatu

6. Rendam obat kumur

obat kumur listerine

Photo source : bukalapak

Bau Sepatu Tidak Hilang masih membandel di sepatu kamu, maka kamu bisa menggunakan obat kumur untuk merendam sepatu kamu. Obat kumur juga mengandung antimikroba yang ampuh untuk menghilangkan banyak mikroba tidak hanya yang berasal dari mulut.

Langkah pertama adalah mencampurkan 300 ml obat kumur dengan air dalam suatu baskom. Aduk sampai merata dan masukkan sepatu yang berbau di baskom tersebut. Lakukan selama 15 menit saja ya. Langsung angkat dan bersihkan dengan menggunakan air matang dan keringkan. Kamu harus memastikan bahwa pengeringan sepatu yang sudah direndam obat kumur sudah benar-benar kering. Jika masih sedikit basah jangan digunakan dahulu, kamu bisa mempercepat pengeringan dengan menggunakan hair dryer. Kalau kamu mau mencari dan membeli obat kumur ini, kamu bisa mencarinya di telunjuk.com

Cek Harga Obat Kumur Listerine

7. Terapi Iontophoresis

Saat kamu memiliki uang yang cukup, maka kamu yang memiliki masalah pada bau kaki bisa melakukan terapi iontophoresis. Terapi yang satu ini dapat menghilangkan bau kaki dengan mengalirkan arus listrik ringan menggunakan media air. Cara ini akan mampu memperkecil pori-pori di kaki yang menjadi penyebab keringat berlebih.

Biasanya cara ini terdapat di rumah sakit maupun beberapa klinik. kamu perlu untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan bagian medis sebelum melakukan terapi ini. Saat kamu sudah menjalankan terapi ini dijamin tidak akan membuat sepatu bersih menjadi bau lagi. Pengurangan terhadap ukuran pori-pori keringat akan sangat ampuh dalam menghilangkan bau kaki.

8. Hindari sepatu lembab

Kamu pasti merasakan bahwa cuaca panas akan membuat keringat pada bagian kaki juga bercucuran. Saat kamu sudah sampai di rumah, maka kamu perlu untuk mengangin-anginkan dengan menggunakan kipas. Saat tingkat kelembaban tidak kunjung berkurang, kamu bisa membeli produk penyerap kelembaban.

Letakkan produk tersebut di dalam sepatu setiap kali kamu sudah sampai di rumah. Gantilah produk penyerap kelembaban sepatu tersebut setelah batas pemakaian habis. Cara ini akan sangat ampuh mencegah perkembangan bakteri juga, karena bakteri tidak mendapatkan suplai air yang mumpuni.

9. Bersihkan potong kuku dan bersihkan kuku kaki secara rutin

Kuku yang panjang dan kotor dapat menjadi salah satu tempat untuk bersembunyi dari bakteri penyebab bau sepatu. Itulah mengapa kamu perlu untuk memotong dan membersihkan kuku kaki secara rutin selama 2 minggu sekali.

kamu tidak perlu untuk memotong kuku kaki serutin kuku tangan, karena pertumbuhan kuku kaki lebih lambat. Hal yang harus dilakukan setiap hari adalah membersihkan kuku kaki dengan jalan mencuci kaki setelah pulang dari kantor atau keluar rumah.

Bersihkan juga dengan menggunakan sabun, sehingga setiap kotoran yang menempel dapat dihilangkan. Cara ini bila dilakukan secara rutin akan sangat membantu dalam menghilangkan bau pada sepatu kamu setelah pencucian sepatu dilakukan.

10. Eksfoliasi kulit secara rutin

Ada salah satu cara yang ampuh untuk menghilangkan bau kaki yaitu dengan melakukan eksfoliasi secara rutin. Proses tersebut juga harus ditujukan terutama untuk bagian kaki. Jika kamu ingin fokus pada eksfoliasi bagian kaki saja, maka kamu bisa membeli produk scrub khusus kaki. Ada banyak brand yang bisa digunakan sesuai dengan keperluan kamu untuk membuat bau sepatu hilang.

Apabila kamu menerapkan seluruh cara menghilangkan bau pada sepatu dalam artikel ini, maka sudah dijamin sepatu kamu tidak lagi akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. kamu bisa tampil dengan lebih percaya diri kemanapun kamu pergi, baik ke kantor atau sedang hangout dengan teman-teman kamu. Jika kamu membutuhkan sepatu baru, jangan lupa untuk cek produk sepatu-sepatu keren di Telunjuk.com dan dapatkan harga termurah.

editor : hilman wibisono

Artikel Terbaru