#BERKATTELUNJUK | Tips Mencegah Kulit Kering Saat Puasa

Oleh Valerie Joan @Valejoan

May 15, 2018

article_image

Bulan Ramadhan sudah di depan mata, sudah siap menyambutnya belum? Bukan cuma makanan untuk sahur dan berbuka, tapi hal-hal kecil seperti kondisi kulit harus diperhatikan juga lho!

Apalagi di saat puasa, kulit dan bibir kering bisa jadi salah satu masalah akibat kurang cairan yang masuk ke dalam tubuh.

 

Kekurangan cairan menjadi salah satu penyebab kulit menjadi kering. Padahal, idealnya tubuh membutuhkan asupan air minum hingga 2 liter setiap harinya.

 

Dilansir dari situs Dream, dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Tina Wardhani Wisesa membagikan tips cara mengatur pembagian minum yang tepat. Menurutnya, jangan memaksa meminum semuanya dalam satu waktu.

"Biasakan minum jangan karena haus, tapi karena kebutuhan. Jangan juga karena tahu sehari dua liter, langsung minum dua liter tapi seterusnya nggak minum lagi.” ujar Tina saat ditemui di Ecology Bistro Kemang, Jakarta, Selasa 8 Mei 2018.

 

Apalagi saat menjalankan puasa Ramadan, harus pintar membagi waktu agar kebutuhan air tercukupi sepanjang hari. Agar kulit tidak menjadi kering selama puasa, ada cara mudah untuk mengatasinya.

“Kalau puasa kan kita nggak minum atau makan apa pun dari pagi sampai sore. Apalagi pada siang hari, biasanya waktu di mana aktivitas sedang padat-padatnya. Terlebih lagi aktivitasnya di luar ruangan yang langsung terpapar sinar matahari.” kata Tina.

 

foto: Pinterest

 

Ia menyarankan untuk selalu sedia pelembab dan lipbalm, serta mengolesinya setiap saat. Jika sebelumnya hanya digunakan setiap pagi dan sore, pada saat puasa perlu diolesi pada pagi, siang, sore, dan malam hari. Psst... Kalau bisa pilih lip balm yang tidak beraroma buah ya, supaya kamu nggak tergoda untuk menjilati bibirmu sendiri.

“ Dengan cara itu, menurut saya bisa mengatasi. Jadi, jangan karena lagi puasa dan takut kulit kering, malas ke luar ruangan. Padahal, di dalam ruangan, terutama yang bersuhu dingin, juga bisa menyebabkan kulit kering.”paparnya.

 

Menurutnya, kulit masyarakat Indonesia merupakan kulit yang bagus dibanding pemilik kulit negara empat musim. Sehingga lebih mudah merawatnya, saat puasa.

“ Seharusnya masyarakat Indonesia merasa beruntung, karena kulit tropis masih bisa kembali lembab, sedangkan kulit di negara empat musim bisa menyebabkan kulit benar-benar kering. Jadi, ini soal bagaimana kita menjaga dan merawat kulit.”tutup Tina.

 

Sumber: Dream.co.id

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru