Jenis-jenis Kuas Mata dan Penjelasannya

Oleh Valerie Joan @Valejoan

May 02, 2018

article_image

Selain produk-produk make-up andalanmu, kamu tentunya butuh kuas untuk mengaplikasikannya. Buat kamu yang masih awam dalam dunia kecantikan, jenis kuas untuk dandan bisa jadi sangat membingungkan. Untuk make-up mata saja, ada beberapa kuas yang punya fungsi berbeda-beda juga. Secara umum, kuas untuk make-up mata ukurannya lebih kecil daripada kuas yang dipakai untuk pipi dan kening, bentuknya pun mirip. Supaya nggak bingung, berikut ini penjelasan sederhana soal jenis dan fungsi kuas riasan mata!

 

  1. Blending Brush

foto: dok. Blank Canvas Cosmetics

foto: dok. Blank Canvas Cosmetics

 

Blending brush merupakan kuas eyeshadow yang wajib untuk Anda miliki. Blending brush memiliki bulu halus dan ringan, dan dibentuk oval.

Sesuai namanya, blending brush berguna untuk meratakan dan menyatukan warna eyeshadow dengan sempurna (dan tak bisa kamu lakukan dengan menggunakan jari tangan). Hasil akhir eyeshadow akan tampak jauh lebih halus dan natural.

 

  1. Angled Brush

foto: dok. Petal Beauty

 

Angled brush memiliki permukaan bulu yang pipih, rapat, dan tak sejajar. Satu sisinya dibuat runcing dan lebih tinggi dibanding yang lain. Kuas ini berfungsi membentuk garis alis dan eyeliner.

 

  1. Contour Brush

foto: dok. Urban Decay

foto: dok. Urban Decay

 

Kuas yang satu ini memiliki fungsi yang mirip dengan blending brush. Hanya saja, kuas ini berguna untuk menciptakan shadow pada area lipatan kelopak mata atau tulang pelipis. Contour Brush cocok untuk mengkreasikan dimensi smokey eyes.

 

  1. Cut Crease Brush

foto: dok. Laura Mercier

foto: dok. Laura Mercier

 

Kuas mungil ini berguna untuk mengaplikasikan eyeshadow pada ujung dalam mata. Selain itu, crease brush ini juga sempurna untuk dipakai menarik garis eyeshadow sebelum di-blend menggunakan kuas lain.

 

  1. Smudge Eye Brush

foto: dok. Wisdom Beauty

foto: dok. Wisdom Beauty

 

Kuas yang satu ini berbentuk lebar dan berbulu pendek. Fungsinya untuk menyatukan gradasi warna eyeshadow pada ekor atau sudut mata, agar tampak lebih natural.

 

  1. Concealer Brush

foto: dok. Zoeva

foto: dok. Zoeva

 

Concealer brush ini dipakai untuk mengaplikasikan concealer pada area pinggir alis. Bisa juga dipakai untuk meratakan concealer pada area kelopak mata, agar eye makeup tampak bersih dan rapi.

 

  1. Wing Eyeliner Brush

foto: dok. Japonesque

foto: dok. Japonesque

 

Sesuai namanya, kuas ini dipakai untuk menarik garis eyeliner pada mata. Biasanya, yang dipakai adalah eyeliner gel. Dengan menggunakan kuas ini, garis eyeliner akan tampak jauh lebih presisi.

 

 

Sumber: kumparan.com

reporter: Stephanie Elia

Artikel Lainnya

Artikel Populer

Artikel Terbaru