Intip 3 Tipe Susu Formula dan Pilih yang Terbaik untuk Bayi

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Nov 24, 2016

Susu ibu, yang disebut juga sebagai asi, jelas mengandung nutrisi, gizi, dan manfaat yang tidak bisa digantikan oleh susu formula. Namun, ketika waktu memberikan asi selesai, mau tidak mau si kecil harus meminum susu formula. Oleh karena itu, pemilihan susu formula yang benar-benar bagus dan cocok untuk bayi bersifat krusial. Membantu moms dalam menemukan tipe susu yang pas, kita merangkum 3 tipe susu formula di bawah ini.

1. Susu Bubuk

Susu berbentuk bubuk adalah formula termurah yang bisa moms temukan di pasaran. Melansir consumerreports.com, susu bubuk Enfamil Premium Infant berharga 25 - 37% lebih murah dibanding susu berformula Ready-to-Feed dari merek yang sama.Dengan membeli susu bubuk, moms perlu mengukur takaran air secara hati-hati demi menjamin konsentrasi nutrisi yan tepat untuk dikonsumsi oleh bayi. Menurut FDA (BPOM Amerika Serikat), hindari membuat susu bubuk berbotol-botol sekaligus karena memperbesar kemungkinan salah takaran. Salah satu produk susu bubuk terbaik adalah Gerber Good Start Protect Formula, susu bubuk untuk bayi hingga umur 12 bulan. Juga ada S-26 Gold ( 0 - 6 bulan) seharga 300 ribuan yang tersedia di Blibli.

2. Susu Cair Terkonsentrasi

Moms bisa menyiapkan susu cair terkonsentrasi ini lebih praktis dan cepat daripada susu bubuk. Walaupun masih harus dicampurkan dengan air mineral, moms tidak perlu menghabiskan waktu untuk mengaduk bubuk hingga terkocok rata. Namun, susu formula ini cenderung lebih mahal daripada susu bubuk. Contohnya Enfamil Premium Concentrated Liquid Formula untuk bayi dimana 12 kalengnya dihargai dari 750 ribu hingga 800 ribuan. Dalam menyiapkan susu tipe ini, Enfamil menganjurkan untuk membersihkan tutup kaleng dulu, kocok rata, buka, dan tuangkan susu ke botol bayi dan campur air mineral sesuai takaran.

3. Susu Cair Siap Minum

Susu cair dalam kemasan seperti susu dari Ultra, Indomilk, dan Frisian Flag sudah menjadi konsumsi umum anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa. Ternyata, bayi pun juga sudah memiliki susu cair dalam kemasan dan siap minum. Hmm, soal harga? Tentunya merupakan susu formula paling mahal di antara 3 tipe formula yang ada. Salah satu susu siap minum terkenal berasal dari Similac. Satu paket susu Similac dengan 6 botol bermassa 936 ml dihargai mulai 500 ribuan.

Terlepas dari formula apapun yang moms pilih, nutrisi optimal bisa diserap bayi ketika moms mengikuti instruksi persipan dengan baik dan benar. Seperti takaran air mineral yang tepat untuk dicampur dengan susu bubuk dan sebagainya. Untuk mencari susu formula dari berbagai merek ternama, silahkan klik tombol di bawah ini.

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru