BB, CC, DD, dan EE Cream? Apa Bedanya?

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Dec 06, 2016

Inovasi tidak akan pernah berhenti, akan selalu ada. Kamu melihat dan merasakan perkembangan serta teknologi baru dari mad scientists, jurnalis, hingga ahli kecantikan seperti Pat McGrath yang baru-baru ini mengeluarkan Skin Fetish 003 - golden highlighter yang dinilai membawa dunia makeup ke dimensi lain. Sama halnya dengan Skin Fetish 003, alas bedak pun mengalami perkembangan, kini kamu bisa membeli BB Cream, CC Cream, DD Cream, dan EE Cream. Keempatnya berfungsi sebagai pengganti foundation yang berformula lebih ringan dan friendly di kulit wajah. Tapi, apa sih perbedaan di antara ketiganya? Membantu kamu memilih alas bedak dengan mudah, kami merangkum perbedaan BB, CC, DD, EE Cream di bawah ini.

1. BB Cream: Beauty/Blemish Balm

Memulai debut di dunia kecantikan pada 2011 di pasar Amerika dan Eropa, BB Cream justru mempunyai popularitas tinggi di pasar Asia. Kini, tidak sedikit merek asal Asia memproduksi BB Cream sendiri seperti Missha dan Etude House. Tetapi, apa sih BB Cream itu? Beberapa menyebutnya sebagai Blemish Balm Cream, buat beberapa orang dikenal juga sebagai Beauty Balm. Kesuksessan krim ini terletak dari kombinasi apik antara perawatan kulit dan makeup yang baik untuk melembabkan & melembutkan kulit dilengkapi dengan perlindungan SPF yang menawarkan layer tipis pada kulit wajah. Lalu apa perbedaan BB Cream dengan tinted moisturizer dan foundation pada umumunya? Menurut Sung-Jae Sung, Managing Director, Founder dari Dr Jart+, ketika tinted moiturizer berperan lebih pada melembabkan dan meratakan kompleksi kulit dengan coverage minimum dan foundation menutup kulit dengan layer lebih tebal. BB Cream menawarkan spektrum perlindungan SPF & antioksidan lebih luas yang baik untuk kulit mu. Merek terbaik untuk membeli BB Cream? Ada Dr. Jart+, Estee Lauder, Omorovicza, Missha, Origins, dan Wardah yang harganya dimulai dari Rp 27.000.

2. CC Cream: Color Correcting

Melansir paulaschoice.com, CC Cream adalah spinoff dari BB Cream, CC berarti "Color" dan "Correct" atau sering juga disebut sebagai Color Correcting Cream. Seperti namanya, produk ini ada untuk mengatasi masalah seperti kemerahan, kusam, skin tone tidak rata pada kulit wajah. Biasanya, CC Cream memiliki komposisi bahan baku sebagai produk perawatan kulit lebih banyak daripada sebagai makeup. Menurut Makeup Artist, Nico Guilis (melansir fashionista.com), Correcting Color Cream terasa lebih ringan di kulit daripada BB Cream, memiliki konsistensi seperti whipped cream, ringan, dan finish yang fluffy. Ia menilai jika krim ini merupakan versi lebih baik dari krim BB. Stylecaster menambahkan jika beberapa versi CC Cream berfungsi sebagai krim anti-aging yang memiliki tekstur ringan sehingga aman digunakan dalam jangka waktu yang lama. Melihat dari fungsi yang ada, krim ini cocok digunakan untuk kamu yang sering memiliki muka kusam dan beraktivitas di luar ruang. Kamu bisa membeli CC Cream dari merek ternama seperti Clinique, Chanel, L'oreal, dan Olay.

3. DD Cream: Daily Defense/Dynamic Do All

Pada 2013 lalu, merek Julep menambahkan DD Cream di jajaran alas bedak sebagai pengganti foundation.Menurut Julep, DD Cream berarti juga Dynamic Do-All/Daily Defense, gabungan dari BB dan CC Cream. Menurut FutureDerm, DD Cream biasanya memiliki tekstur lebih ringan dari CC Cream yang memiliki manfaat antara lain: mencerahkan, melembabkan, anti-anging, melembutkan dan melindungi kulit (Daily Defense). Sedangkan marieclaire.co.uk memandang krim ini sebagai approach baru dari yang sudah ada. Dengan krim ini, kamu bisa mendapatkan sheer coverage, keriput & garis wajar tersamarkan, dan melindungi kulit dari polusi dan kondisi lingkungan yang bandel. Beberapa merek terbaik untuk membeli DD Cream adalah Autograph, Madara, Ofra, Julep, DERMAdoctor, dan Nuxe Creme.

4. EE Cream: Even Effect

Inovasi dari BB, CC, dan DD Cream? Meet EE Cream. Sekilas, rangkaian ini membuat kita terpana dengan nama sesuai urutan alfabet, tetapi itulah strategi pemasaran yang bagus bukan? Pertama kali dikenalkan pada 2014, Estee Lauder merilis EE Cream pertama dunia dengan Estee Lauder Enlighten: Enlighten Even Effect Skintone Corrector SPF 30. Krim ini diciptakan khusus untuk memberikan mengembalikan kilauan alami dan tone merata pada kulit. Berambisi untuk mencegah kerusakan kulit sehari-hari yang berujung pada hiperpigmentasi dan kulit kusam. Estee Lauder mengembangkan krim EE mereka untuk meminimalisir iritasi karena polusi dan kerusakan pigment kulit dengan Baicalin, bahan baku yang dinilai ampuh untuk mengembalikan kesehatan kulit. Melansir dailymail.co.uk, Makeup Artist Mikey Phillips menilai jika krim ini adalah alternatif sempurna sebagai alas bedal yang bisa menyempurnakan tampilan kulit dan bertekstur buildable.

Kesimpulannya, BB, CC, DD, dan EE Cream memiliki 3 manfaat yang sama yaitu melembabkan, merawat dan melindungi kulit dari kondisi lingkungan yang bandel. BB Cream memiliki coverage paling tebal dan DD Cream memiliki konsistensi paling ringan. Sedangkan EE Cream bersifat buildable dalam artian kamu bisa memilih layer tipis atau tebal sesukamu. Temukan rekomendasi produk terbaik dari keempat krim di atas dari ratusan toko online terpercaya dengan klik tombol di bawah ini.

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru