3 Formula Foundation yang Berbeda: Kelebihan, untuk Kulit Apa, dan Cara Pakai

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Mar 08, 2017

Penggunaan alas bedak yang disebut juga sebagai foundation (dalam Bahasa Inggris) termasuk penting. Pasalnya, foundation dapat membuat makeup lebih tahan lama dan kalau warnanya cocok dengan warna kulit, foundation bisa menyamarkan ketidaksempurnaan kulit wajah dan membuatmu terlihat flawless. Layaknya produk kecantikan lainnya, foundation pun hadir dalam berbagai formula. Kali ini, kami akan membahas tiga formula utama yaitu bedak, cair, dan mousse yang kita lansir dari teenvogue.com. Cari tahu formula mana yang paling pas untuk kamu dengan baca habis artikelnya.

 

Foundation Bedak

Makeup artist kondang asal Amerika Serikat, Susan Posnick mengatakan jika foundation bedak bersifat dinamis dimana bisa digunakan untuk mendapatkan makeup dan coverage yang tipis hingga dramatis. Biasanya, foundation bedak berbentuk tabur dan compact yang memiliki daya tahan cukup oke dan pigmentasi level menengah. Foundation ini sering juga disebut mineral foundation dimana kandungannya diisi oleh mineral baik seperti zinc oxide dan titanium dioxide. 

Selanjutnya, Posnick merekomendasi foundation mineral ini kepada seluruh wanita dengan jenis kulit apapun. Hal ini menunjukkan ringannya kandungan yang ada di foundation powder dan baik untuk kulit sensitif atau rentan alergi. Juga bagus untuk wanita dengan kulit berminyak loh! Untuk cara pakai, kamu bisa menggunakan brush untuk mendapatkan hasil yang lembut dan terbaik. Selain itu, bisa juga menggunakan sponge untuk foundation yang berbentuk pressed-powder. Untuk permulaan, Susan Posnick merekomendasi Susan Posnick Colorflo Mineral Foundation Brush dan GloMinerals Pressed Base.

 

Foundation Cair

"Foundation krim dan cair, entah mengapa, memberikan efek dempul pada kulit wajah, namun tetap bisa terlihat alami ketika kamu memakainya dengan pas. Saya cenderung memilih foundation ini untuk makeup malam, ketika menginginkan riasan yang lebih full," tambah Susan Posnick. Berkaca dari kutipan tersebut, foundation cair dan krim memiliki coverage dan pigmentasi lebih baik sehingga lebih tahan lama. Nah, foundation cair lebih cocok untuk wanita berkulit kering dan kombinasi, namun tidak disarankan untuk mereka yang memiliki kulit berminyak. Jika kamu ingin mencoba foundation formula cair, Posnick memilih L'Oreal Paris True Match Super Blendable Makeup (drugstore) dan Giorgio Armani Luminous Silk Foundation (high-end) yang memang sudah menjadi favorit banyak makeup artist dan beauty gurus.

Untuk pemakaiannya, kamu bisa menggunakan tangan, sponge seperti beauty blender, atau foundation brush dari morphe dan masih banyak lagi. Jika menggunakan tangan, kamu bisa mengontrol penuh produk yang ada di wajah, dan dengan sponge, tampilan foundation akan lebih merata, sedangkan dengan brush, kamu bisa mendapatkan efek air-brush dan terlihat lebih sheer atau alami.

 

Foundation Mousse

Beberapa orang sering menyangka foundation dengan formula mousse adalah foundation krim. Well, layaknya makanan, mousse dan krim memiliki konsistensi dan tekstur yang beda. Sama halnya dengan foundation, sebagian besar kandungan pada foundation ini adalah air, sehingga memberikan finish lebih alami, ringan, dan cepat kering di kulit. Bukan buat kulit kering ya, tapi foundation "set" dengan cepat. Menurut Posnick, foundation ini cocok untuk semua jenis kulit terutama kulit berminyak. Kenapa? Karena kandungannya yang ringan dan kaya akan air. Untuk hasil terbaik, aplikator terbaik adalah tanganmu. Caranya dengan totol produk ke wajah dari tengah wajah ke luar. Ratakan produk dengan ujung jari, sponge, atau brush oh and a little goes a long way!

Posnick merekomendasikan Chantecaille Future Skin Foundation (high-end), Elizabeth Arden Flawless Finish Mousse Makeup, dan Maybelline New York Dream Matte Mousse Foundation.

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru