5 Merek Kosmetik Lokal yang Kualitas Nggak Kalah Oke Sama Merek Internasional

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Aug 16, 2016

Rasa cinta tanah air atau nasionalisme bisa diwujudkan dalam berbagai cara dan bukan hanya bisa kamu ekspresikan menjelang hari ulang tahun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) saja. Namun, bisa kamu lakukan juga dengan senantiasa menggunakan produk asli buatan dalam negeri. Buat ciwi-ciwi yang concern banget sama makeup contohnya, saatnya beralih ke makeup merek lokal mulai detik ini. Jangan salah sangka dulu, merek-merek yang Lulu rekomendasikan di bawah ini nggak kalah oke-nya sama produk merek luar lho. Apa saja kelima mereknya? Simak terus artikelnya!

1. Wardah

Walaupun masih terbilang baru di belantika dunia kosmetik Nusantara, gebrakan Wardah sebagai pelopor kosmetik halal pada tahun 1995, dengan komitmen untuk menggunakan bahan baku yang aman, nyaman di kulit, dan bahan halam dalam produknya, menjawab kekhawatiran serta memenuhi kebutuhan baik wanita mulim dan non-muslim di Indonesia. Kini, brand Wardah bukan hanya telah dipercaya untuk mempercantik kulit wajah wanita Indonesia, namun juga wanita Malaysia, Singapura, hingga Hongkong. Bedak two-way cake, moisturizing & BB cream, hingga rangkaian lipstick-nya menjadi produk best-selling & favorit banyak MUA & beauty enthusiast. Salah satu produk andalannya adalah Wardah White Secret Day & Night Cream yang mengandung Crystal White Active membantu menghambat pembentukan melanin & mengangkat sel kulit mati. Yuk gabung bersama ribuan wanita lain & dapatkan kulit terasa lebih halus dengan produk ini seharga Rp 125.400 di Lazada.

2. Emina Cosmetics

Siapa sangka brand Emina Cosmetics dengan kemasan, warna, dan bentuk produk yang begitu playful dan modern adalah karya dalam negeri? Yep, sejak kemunculannya tahun lalu (2015 ajah), Emina Cosmetics berkembang pesat dengan konsep playground "beauty is fun" bersama Isyana Sarasvati & Narsya Marcella. Pendekatan tersebut bisa dibilang cukup ampun untuk menembus pasar remaja dan dapat diterima dengan baik oleh para makeup addict remaja, beauty bloggers & makeup artist (MUA). Brand yang sudah tersebar di 29 kota besar di Indonesia ini memasang harga terjangkau dan ramah kantong sehingga produk inovatif mereka seperti My Favorite Things Color Lip Balm, cheeklit cream blush, dan lipstik creme de la creme langsung menjadi favorit banyak orang. Oh iya, Emina Cosmetics juga aktif terjun ke berbagai event offline penuh bloggers seperti Trove Market 2016. Mereka aktif menjadi sponsor event-event kekinian tersebut dengan mengadakan beauty class bersama MUA. Salah satu produk Emina yang rave banget adalah My Favorite Things Color Lip Balm yang bisa kamu beli mulai dari Rp 56.000 aja di Lazada dan Orami.

3. Make Over

"your beauty MAKE OVER starts now!" Make Over penampilan kamu sekarang juga bersama brand lokal favorit kita, Make Over. Little did you know, jika brand satu ini masih satu line dengan Wardah lho. Nggak heran dong kenapa mereka bisa sukses banget dan jadi salah satu brand kesukaan beauty enthusiast dalam negeri. Hal yang unik dari Make Over adalah kemasan, warna, dan bentuknya yang serupa dengan high-end brand kosmetik seperti MAC dan Bobbi Brown. So, sekilas kita nggak akan percaya kalo merek ini asli produksi dalam negeri. Berbeda dengan Wardah yang lebih menyasar ke pasar muslimah, Make Over menciptakan riasan super dazzling like magic! Keistimewaan Make Over terletak di produk Tirivia Eye Shadow mereka yang menawarkan hasil mesmerizing & shimmering di mata pemakainya. Trivia Eye Shadow terdiri dari tiga warna senada dalam 1 kemasan yang praktis dibawa kemana-kemana dan disesuaikan dengan occassion. Kamu bisa memilih golden Express untuk makeup hangat, Neutral Nude untuk tampil alami, Emperor Brown untuk makeup lembut dan matte, Black Godiva untuk smokey eyes, Skycrapping Blue untuk stage-makeup, dan banyak lagi mulai dari Rp 79.000 aja di Zalora, Zalora, dan Orami.

4. Mineral Botanica

Pasti sempet kebawa arus waktu Mineral Botanica lagi rave-rave-nya banget kan? Yep, out of nowehere, brand ini tiba-tiba jadi perbincangan hangat di banyak group online seperti di instagram, di blog banyak beauty bloggers, hingga Facebook Group. Ulasan produk favorit Mineral Botanica, seperti loose foundation dan soft matte lip cream yang banyak parah ulasannya. Yep, walaupun terbilang baru banget, kualitas produk yang paraben free & teruji klinis membuat Mineral Botanica patut disejajarkan dengan merek kosmetik pendahulunya. Udah nyobain lipstick Soft Matte Lip Cream andalan mereka belum? Kalau belum, yuk rasakan kualitas oke-nya dengan mengeluarkan kocek mulai dari Rp 48.500 di Lazada, Matahari Mall, dan Orami.

5. Purbasari

Salah satu pemain lama dalam dunia kosmetik dalam negeri. Setelah melalang buana dengan berbagai produk terbaiknya, Purbasari kini hadir dengan produk andalan terbaru, Purbasari Lipstik Color Matte. Seri lipstik yang tersedia dalam 10 warna ini bukan hanya menjadi must-have item ibu-ibu hot, tetapi juga remaja penyuka makeup. Kesepuluh warna tersebut cocok menemani kamu untuk tampil mempesona sehari-hari. Pilihan warna cantiknya yang bervariasi dari Diamond, Zamrud, Topaz, Jade, hingga Crystal menawarkan every-day colors yang nggak norak dan terlihat natural di bibir. Harga yang dijual beragam dari 25rb - 40rb dan tahan lama di bibir selama 6-8 jam. Penawaran terbaiknya ada di Elevenia, Asmaraku, Blibli, dan Bukalapak.

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru