4 Kebiasaan Sehari-hari yang Membuatmu Cepat Terlihat Tua (Bag 1)

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Mar 10, 2016

Ladies, bertambah usia merupakan suatu takdir yang tidak bisa kita kita hentikan, namun jika terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya, kamu perlu memerhatikan dan mengevaluasi kebiasaan sehari-hari. Mulai dari asupan makanan hingga cara tidur bisa membuat wajah terlihat lebih tua bahkan membuat umur lebih pendek. Dilansir dari foxnews, berikut adalah beberapa kebiasaan yang perlu kamu hindari:

1. Multitasking

Kebanyakan orang menilai multitasking atau mengerjakan banyak hal secara serempak merupakan hal yang efektif. Namun menurut Dr. Raymond selaku Chief Medical Officer dari St. Joseph Hospital di California, multitasking justru menimbulkan stress berlebihan yang memacu proudksi radikal bebas berupa molekul-molekul tidak stabil yang merusak sel-sel tubuh dan bertanggung jawab membuatmu terlihat lebih tua.

2. Menyantap makanan penutup (dessert)

Selain cepat menaikkan berat badan, makanan penutup (dessert) yang kaya akan gula juga bisa membuatmu terlihat lebih tua. Menurut Dr. Susan Stuart sebagai dermatologist yang berbasih di San Diego, California, molekul yang ada pada gula melekat pada jaringan protein tubuh manusia, yang dimana berujung pada glycation, proses perusakan jaringan berakibat pada hilangnya kilauan, menyebabkan mata panda, menimbulkan keriput, mengendorkan struktur hingga melebarkan pori-pori pada wajah.

3. Tidur kurang dari 5 jam/hari

Tidur kurang dari 5 jam/hari dapat menimbulkan mata panda dan juga membuatmu terlihat tua. Penelitian dari laboratorium tidur di St. Joseph Hospital menganjurkan tidur optimal hingga 7 jam/hari. Kurang tidur bisa menyebabkan badan lemas, cepat capek, kurang konsentrasi hingga pertambahan berat badan.

4. Menyukai TV marathon

Siapa sih yang tidak menyukai maraton film atau tv series? Kesukaan kita pada jalan cerita dan karakter yang ada pada film menciptakan kebiasaan menonton televisi berjam-jam. Namun, tahukah kamu jika menurut British Journal of Sport Medicine Study mengungkapkan jika orang dewasa memotong 22 menit hidup mereka atas setiap jam yang dihabiskan saat menonton televisi. Bahkan efeknya berlipat ganda ketika kamu menghabiskan berjam-jam menonton televisi sambil duduk dan ngemil.

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru