Takaran Tepat Susu Formula Bayi 0-12 Bulan Menurut Ahli Gizi

Telunjuk.com App

Hagi Hanif

Nov 25, 2020

1.109 Dilihat

Takaran Tepat Susu Formula Bayi 0-12 Bulan Menurut Ahli Gizi

Takaran Tepat Susu Formula Bayi 0-12 Bulan, ini kata Ahli GizBayi dari umur 0 sampai 6 bulan tentunya harus meminum ASI eksklusif, namun, pada kondisi tertentu,  pemberian ASI terkadang tidak mencukupi nutrisi yang diperlukan, atau bahkan pada kondisi tertentu sang ibu tidak dapat menghadirkan sama sekali ASI.

Sedangkan bayi dengan usia 6 sampai 12 bulan, sudah bisa mengkonsumsi MPASI, yaitu makanan pendamping ASI, dan selain itu nutrisi bayi pun harus dicukupkan dengan konsumsi susu formula untuk melengkapi nutrisi yang tentunya harus dilakukan sesuai dengan anjuran medis dan takaran yang pas.

Memberi takaran susu formula untuk bayi, harus pas berdasarkan umur dan kebutuhan sang bayi, hal tersebut dikarenakan setiap bayi dengan umur yang berbeda memiliki kapasitas lambung yang juga berbeda, berikut takaran susu formula untuk bayi usia 0 sampai 12 bulan

Takaran Susu Formula Bayi 0 - 12 Bulan

  • Takaran Susu Formula Bayi 0-2 Bulan

header

Menurut artikel yang dilansir Very Well Family mengenai kapasitas bayi baru lahir dalam mengkonsumsi susu, Kapasitas perut dan lambung bayi yang baru lahir sangatlah kecil, jadi kita harus menyesuaikan takaran susu yang diberikan dengan memadatkan kadar susu pada air, sehingga nutrisi yang masuk bisa memenuhi kebutuhan nutrisi bayi yang baru lahir, bayi yang baru lahir Biasanya membutuhkan susu formula sebanyak 45-90 ml setiap 2-3 jam

Cek Juga : 5 Merk Susu Formula yang Baik untuk Pencernaan Bayi

Hal tersebut juga diiring berdasarkan pertumbuhan bayi, takaran dapat bertambah, namun Jika bayi sudah tidak kuat mengkonsumsi lebih banyak lagi, disarankan untuk jangan memaksakan kapasitas perut bayi.

  • Takaran Susu Formula Bayi Usia 2-4 Bulan 

bayi 2 bulan

Bayi dengan umur 2 bulan memiliki kapasitas perut lebih besar dari bayi yang baru lahir, namun kapasitas perut bayi 2 bulan masih terhitung kecil dan konsumsi susu formula pun harus diiringi dengan takaran yang pas, sesuai tumbuh kembang sang bayi, pada umumnya di umur ini bayi sudah bisa menghabiskan 120-150 ml susu formula setiap 3-4 jam sekali.

Bayi pada umur ini juga sudah bisa merespon berbagai hal yang iya rasakan, jika anak terlalu banyak diberi susu formula, biasanya ia akan ngeces atau mengeluarkan liur yang jumlahnya banyak, juga frekuensi buang air yang tidak biasa. 

  • Takaran Susu Formula Bayi Usia 4 Bulan

Bayi 6-8 bulan

Di usia 4 bulan bayi biasanya memiliki bobot 2 kali lipat dari berat kelahirannya dan sudah memiliki kemampuan motorik dan banyak bergerak, oleh karena itu, kalori yang dikeluarkan pun semakin banyak yang membuat bayi pada umur ini membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi.

Pada umumnya bayi berusia 4 bulan mampu mengkonsumsi 120-180 ml susu formula 2 hingga 4 jam sekali, atau bila dikalkulasikan, maka dalam sehari ia bisa menghabiskan 600 hingga 100 ml susu per harinya.

  • Takaran Susu Formula Bayi Usia 6 - 8 Bulan 

bayi 6-8 bulan

Pada usia 6-8 bulan umumnya bayi sudah bisa mengkonsumsi MPASI atau makanan pendamping ASI, sehingga kebutuhannya akan susu formula pun semakin berkurang, dan jumlah takarannya pun dapat disesuaikan dari banyaknya konsumsi MPASI, 

umumnya bayi pada usia 6-8 bulan mengkonsumsi 180-230 ml susu formula setiap 4-5 jam, namun takaran setiap bayi bisa berbeda beda dan disesuaikan dari pola makan anak.

  • Takaran Susu Formula Bayi Usia 12 Bulan 

bayi 1 tahun

Pada usia 1 tahun bayi sudah bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti berjalan, mengenal benda & berbicara, dari aspek kognitif anak berumur 1 tahun juga sudah bisa membedakan banyak hal, sehingga membuat sang anak sudah bisa memilih-milih makanan atau minuman yang ia konsumsi

Dalam Pemberian susu anak dengan usia 1 tahun, pada umumnya anak 1 tahun mengkonsumsi rata-rata 3 sampai 4 kali sehari, rata-rata kebutuhan maksimal harian anak 24-30 ons per harinya atau sekitar 700 -880 ml per harinya.

Selain itu berat badan juga mempengaruhi aspek pemberian takaran susu formula kepada anak, anak yang memiliki bobot lebih besar, biasanya memerlukan takaran yang lebih banyak.

Kesimpulan

Sahabat Telunjuk itu dia takaran susu formula pada usia bayi 1-12 dan perlu diketahui juga takaran yang diberikan mungkin tidak sepenuhnya sama dengan prakteknya. Untuk para bunda yang bingung memilih susu formula, bunda menemukan berbagai produk susu formula bernutrisi yang dijual di berbagai ecommerce hanya di Telunjuk.com.

Artikel Terkait

Sponsored

Artikel Terpopuler

Sponsored