Rekomendasi Catokan Lurus dan Keriting yang Berkualitas

Valerie Joan @Valejoan

Jun 27, 2019

141 dilihat

article_image

Rambut adalah mahkota yang harus dirawat dan dijaga keindahannya terutama bagi wanita. Memiliki rambut yang dapat diatur menjadi lurus atau keriting tentu idaman setiap orang agar bisa bergaya dengan model apapun. Apalagi di zaman teknologi yang serba canggih ini tidak perlu khawatir lagi untuk membuat tampilan rambut seperti yang diinginkan.  

Catok tidak hanya berfungsi untuk meluruskan rambut karena terdapat pula catok yang juga berfungsi untuk mengeriting rambut. Berbagai jenis, model, bahan, warna, dan ukuran catok pun banyak beredar di pasaran. Namun, sebelum membeli catok ada baiknya perhatikan dahulu cara memilih catok rambut yang benar. 

Cara Memilih Catok yang Bagus untuk Rambut

Beredarnya berbagai jenis dan merek catokan rambut yang berada di pasaran bisa membuatmu bingung memilih mana yang terbaik di antaranya. Berikut ini cara memilih catok yang berkualitas bagus agar rambutmu tidak rusak:

  1. Pilih catok yang memiliki plat berbahan titanium atau keramik

Plat merupakan lempengan pemanas yang bersentuhan langsung dengan rambut untuk membuat rambut menjadi lurus atau keriting. Konduktivitas termal yang ditawarkan antara material yang satu dengan material lainnya tentu berbeda. 

Sangat dianjurkan untuk memilih catok dengan plat yang berbahan titanium atau keramik. Hal tersebut dikarenakan kedua material ini memiliki konduksi panas yang baik serta waktu pemanasan yang singkat sehingga rambutmu bisa menjadi lurus atau keriting dan berkilau dalam waktu cepat. 

2. Pilih catok yang memiliki suhu di atas 180 derajat Celcius agar lebih maksimal

Khusus catok yang digunakan untuk meluruskan rambut, sangat disarankan untuk memperhatikan suhu yang dihasilkan. Suhu yang paling ideal untuk mencatok rambut adalah 180 derajat Celcius. Sedangkan suhu minimalnya adalah 160 derajat Celcius. Sayangnya tidak semua catok bisa diatur suhunya hingga 180 derajat. Terkadang suhu yang disalurkan ke rambut hanya berkisar 100 derajat meskipun pengaturan suhunya 180 derajat. 

Agar suhu yang disalurkan ke rambut mencapai 160 – 180 derajat Celcius, disarankan untuk mengatupkan plat catok pelurus rambut selama beberapa detik sebelum digunakan ke rambutmu. 

3. Pilih catok dengan menyesuaikan ukuran plat pemanas sesuai kebutuhan

Fungsi dari plat pemanas adalah untuk memberi sentuhan panas secara langsung pada rambut untuk membentuk rambut yang diinginkan. Jika ukuran plat pemanas panjang tentu dapat menjangkau banyak rambut sekaligus, begitu pula sebaliknya. Sangat disarankan untuk memilih ukuran menyesuaikan panjang rambut. 

4. Perhatikan fungsi-fungsi lain yang ada pada catok

Pilih catok yang tanpa kabel untuk lebih memudahkan Anda agar kabel tidak terbelit dan untuk menghindari tercatoknya kabel tersebut. Selain itu, terdapat pula catok yang memiliki fungsi ganda untuk meluruskan dan mengeriting rambut. 

Jangan lupa untuk mengecek fungsi-fungsi lain seperti pengatur suhu, fungsi mematikan otomatis, maupun pengunci plat pemanas. Pilih catok yang bentuknya mudah untuk dibawa bepergian kemana-mana. 

Produk-Produk Catok Rambut yang Direkomendasikan

Memilih catok yang berkualitas bisa dilakukan dengan cara-cara di atas, namun terkadang Anda juga harus memperhatikan merek catok yang akan dibeli. Berikut ini beberapa produk catok yang paling direkomendasikan sebagai bahan pertimbangan:

  1. Babyliss Diamond Radiance Hair Straightener

Babyliss Diamond Straightener

Catok ini merupakan varian dari brand Babyliis yang dilengkapi dengan diamond infused agar hasil rambut yang dicatok tampak lebih berkilau. Suhu maksimalnya dapat mencapai hingga 235 derajat Celcius dan memiliki lapisan plat yang terbuat dari keramik. 

Ukuran platnya panjang sehingga cocok bagi Anda yang memiliki rambut panjang. Desainnya minimalis dengan warna hitam yang tampak elegan. Harganya berkisar Rp 1.400.000 hingga Rp 1.599.999.

Cek Harga Babyliss Diamond Hair Straightener

 

2. Elona Eclairre – Cordless Styling Iron

Elone Eclairre

Produk catok ini sangat cocok bagimu yang memiliki rambut yang susah diatur dan mudah berantakan. Catok ini didesain dengan cordless flat iron sehingga bisa digunakan kapanpun dan dimanapun. Selain untuk  meluruskan, catok ini juga bisa digunakan untuk mengeriting rambut.

Untuk mengisi dayanya, kamu dapat menggunakan powerbank, handphone, atau charger listrik. Selain itu, terdapat fitur shaft lock for safety yang dapat mematikan secara otomatis agar lebih aman dan dilengkapi plat titanium antikarat dengan kandungan ion tinggi. 

Terdapat pula infrared treatment yang dapat menjaga dan merawat rambutmu agar tetap sehat selama pelurusan. Catok yang memiliki desain elegan berwarna putih ini dijual dengan harga berkisar sekitar Rp 780.000.

Cek Harga Elona Eclairre

 

3. Philips KeraShine Straightener HP8348/00

Philips HP 8348

Produk catok ini memiliki lapisan material yang terbuat dari keramik yang mengandung keratin untuk memperkecil resiko kerusakan rambut. Keratin juga memiliki fungsi untuk mempertahankan kilau rambut dan agar rambut tidak mudah kusut. 

Bagi Sahabat Telunjuk yang super sibuk, produk ini sangat cocok karena hanya butuh waktu 30 detik untuk platnya dapat mencapai suhu maksimal hingga 230 derajat Celcius. Selain itu, terdapat pula teknologi mematikan otomatis setelah 60 menit agar tetap aman. Harganya berkisar Rp 329.000 hingga Rp 990.000.

Cek Harga Philips Kerashine

 

4. Panasonic Straight & Curl Straightener EH-HV10

Panasonic EH-HV 10

Produk ini memiliki desain dengan penutup yang cantik serta memiliki fungsi ganda untuk meluruskan dan mengeriting rambut. Catok ini dilengkapi dengan lapisan foto keramik yang dapat mengurangi pudarnya warna rambut hingga 40% dan mencegah hilangnya kelembaban rambut hingga 20%.

Untuk mengeriting rambut, kamu hanya perlu menggulung bagian rambut yang ingin dibuat bergelombang lalu mencatoknya. Sangat praktis dibawa kemana-mana karena hanya berukuran 28 cm. Harganya berkisar antara Rp 333.000,00 hingga Rp 522.000.

Cek Harga Panasonic EH-HV10

 

5. Sayota Hair Crimper – HC 28

Catok ini dilengkapi dengan plat keramik khusus yaitu ceramic tourmaline coating dan memiliki konsumsi daya listrik yang cukup hemat yaitu 40 – 45 watt. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan teknologi cepat panas agar tidak perlu lama menunggu untuk mencapai suhu maksimal. 

Selain itu, terdapat pula pengatur suhu dengan rentang 110 derajat hingga 210 derajat Celcius yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan rambut. Untuk memudahkan saat mengecek suhu, kamu dapat melihat LED display-nya. Harganya berkisar antara Rp 168.000,00 hingga Rp 234.000,00. 

 

Cek Harga Sayota Hair Crimper

 

Untuk melihat perbandingan harga antara merek satu dengan yang lainnya lengkap dengan spesifikasinya kamu bisa mengeceknya di www.telunjuk.com. Utamakan memilih catok sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki.