Kenali Manfaat Baby Oil untuk Kesehatan si Kecil

Telunjuk.com App

Amelia Shinta Larasati

Sep 30, 2020

1.328 Dilihat

Kenali Manfaat Baby Oil untuk Kesehatan si Kecil

Produk baby oil / minyak bayi pasti sudah tidak asing lagi bagi Bunda. Salah satu produk perawatan kulit si Kecil ini memiliki kandungan bahan alami yang sangat baik untuk kesehatan bayi. Apakah Bunda tahu apa saja manfaat yang diberikan baby oil untuk kesehatan si Kecil? Baby oil bukan hanya untuk melembutkan kulit bayi saja, lho. Kenali manfaat baby oil lainnya di sini ya, Moms!

Baby oil pada kulit bekerja sebagai zat emollients, yang berfungsi melembabkan dan melembutkan kulit untuk mengatasi masalah kulit kering. Kandungan lanolin一sejenis lilin yang terdapat di kulit domba一 pada baby oil dapat mencegah kulit kering, kasar, dan bersisik, serta mengobati iritasi ringan pada kulit. Selain itu, baby oil juga mengandung minyak mineral dan berbagai vitamin. 

Dilansir dari hellosehat, ada beberapa bahan yang biasanya terkandung pada baby oil, yang bagus buat si Kecil:

  • Minyak Mineral: Minyak yang diperoleh dari minyak bumi yang baik untuk kulit. Mineral ini bersifat ringan, tidak berwarna, dan tidak memiliki bau. Berguna mencegah dehidrasi kulit pada bayi.
  • Vitamin E: Berguna sebagai antioksidan dan menangkal radikal bebas.
  • Vitamin A: Baik untuk kulit kering dan bagian tubuh bayi yang terdapat lipatan-lipatan.
  • Ekstrak lidah buaya: Untuk menghilangkan reaksi kulit bayi yang memicu alergi.

 

Manfaat Baby Oil untuk Kesehatan Bayi

Dengan segala kandungan alami di atas, ada beragam manfaat baby oil yang bisa didapatkan si Kecil. Berikut ini di antaranya:

Mengatasi Ruam

Ruam yang terdapat pada kulit bayi biasanya disebabkan karena di tubuhnya banyak lipatan-lipatan. Bunda dapat membersihkan area lipatan tersebut, seperti di leher, siku, dan paha, dengan baby oil untuk mencegah ruam dan iritasi pada kulit bayi. 

Menghilangkan Cradle Crap

Bayi yang baru lahir biasanya mengalami pembentukan kerak di area tertentu, seperti belakang leher atau di kepalanya. Bentuknya seperti serpihan kulit kering, mirip dengan ketombe. Bunda perlu segera membersihkannya, sehingga tidak menebal. Gunakan air hangat, kemudian keringkan dan olesi dengan baby oil secara perlahan untuk membersihkannya. 

Membersihkan Pusar dan Daun Telinga

Baby oil juga bisa digunakan untuk membersihkan beberapa bagian tubuh, seperti pusar dan daun telinga Si Kecil. Moms bisa menggunakan cotton bud yang diberi 2 tetes baby oil, lalu bersihkan di area luar pusar atau daun telinga bayi. Pastikan untuk melakukannya dengan hati-hati ya, Bunda.

Sebagai Minyak Pijat

Kegiatan memijat ini baik sebagai salah satu stimulasi motorik si Kecil. Perlu diperhatikan ya Bunda, jangan berikan pada bayi baru lahir karena kulitnya belum mampu menyerap minyak dengan baik. Hindari memijat bagian wajah, karena kulit wajahnya lebih sensitif dibandingkan kulit tubuh. Jika bayi memiliki luka terbuka atau iritasi kulit yang cukup berat, perlu konsultasikan dulu ke dokter ya Moms. 

Menjaga Kelembaban Kulit

Baby oil ampuh melembabkan kulit bayi yang mudah kering. Bunda bisa mengoleskan baby oil sehabis menjemur Si Kecil di pagi hari, sebagai perawatan kulitnya yang masih sensitif. 

 

Rekomendasi Baby Oil untuk si Kecil

Sebelum membeli baby oil, Bunda harus pahami terlebih dahulu kulit si Kecil, agar tidak salah memilih. Telunjuk memberi rekomendasi tiga baby oil ini yang aman untuk si Kecil:

Cussons Baby Soft & Smooth Baby Oil

Cussons Baby Oil Soft and Smoots

Baby oil Cussons mengandung minyak mineral dan kandungan bahan alami rose oil dan almond oil. Wangi lembutnya mampu ciptakan rasa nyaman dan tenang untuk si bayi. Formulanya lembut dan sudah teruji dermatologi.

Cek harga Cussons Baby Soft & Smooth Baby Oil

 

Zwitsal Natural Baby Oil with Aloe Vera and Vit E

Zwitsal Natural Baby Oil with Aloe Vera and Vit E

Zwitsal Natural Baby Oil menggunakan bahan alami aloe vera dan olive oil. Cocok digunakan sebagai minyak pijat karena kandungan bahan alaminya mampu memberi efek relaksasi. Vitamin E di dalamnya juga melembabkan sekaligus melembutkan kulit si Kecil. Mampu bersihkan lipatan pada kulit bayi tanpa menyebabkan kulit kering dan kemerahan.

Cek harga Zwitsal Natural Baby Oil with Aloe Vera and Vit E

 

Bambi Baby Oil

Bambi Baby oil

Baby oil dari Bambi ini cocok untuk membersihkan kerak / cradle crap si Kecil dan menjaganya agar tetap bersih. Formula di dalamnya juga efektif untuk membersihkan lipatan-lipatan kulit, seperti siku, tumit, paha, dan leher. Kandungan alami lainnya yaitu licorice extract dan chamomile berfungsi untuk melembabkan dan menenangkan kulit. Mengandung provitamin B5 dan ekstrak dari tumbuh-tumbuhan yang dapat membantu mengurangi iritasi kulit bayi. 

Cek harga Bambi Baby Oil

 

Itu dia Moms, manfaat dan beberapa rekomendasi baby oil yang bisa dipertimbangkan untuk si Kecil. Perlu diperhatikan untuk memilih produk yang sesuai dengan kulit bayi ya. Jangan lupa, beli baby oilnya di e-commerce favorit dengan membandingkan harganya dulu di Telunjuk.com! 

Artikel Terkait

Sponsored

Artikel Terpopuler

Sponsored