Haid Lebih Ramah Lingkungan dengan Memakai Menstrual Cup dan Pembalut Kain

Telunjuk.com App

Asria Juliani Harahap

Aug 18, 2020

2.930 Dilihat

Haid Lebih Ramah Lingkungan dengan Memakai Menstrual Cup dan Pembalut Kain

Biasanya setiap sebulan sekali wanita akan mengalami menstruasi. Untuk itu barang yang biasanya sering dipakai untuk menampung darah menstruasi adalah pembalut atau tampon. Sayangnya, kedua benda tersebut membuat limbah sampah di bumi menjadi lebih banyak dan juga menyebabkan masalah lainnya seperti iritasi karena mengandung bahan-bahan kimia. Karena masalah itu munculah inovasi lain yang ramah lingkungan bernama pembalut kain dan menstrual cup. Dengan memakai menstrual cup dan pembalut kain saat haid, kamu dapat mengurangi limbah di bumi loh, Sahabat Telunjuk!

Telunjuk akan membahas tentang seputar pembalut kain dan menstrual cup. Disimak ya!

Pembalut Kain

Pembalut Kain

Pembalut kain memiliki bentuk yang sama dengan pembalut sekali pakai, dan juga memiliki sayap (wings). Kelebihan dari menggunakan pembalut kain adalah dapat digunakan kembali, sehingga lebih hemat biaya. Sebagian besar pembalut ini diperkirakan dapat bertahan sampai lima tahun loh jika dirawat dengan benar. Lalu dengan memakai pembalut kain juga tidak mengandung bahan kimia, jadi kamu tidak perlu khawatir dengan iritasi. Kamu bisa membeli pembalut kain di Telunjuk dengan variasi ukuran yang kamu mau.

Bandingkan Harga Pembalut Kain

Menstrual Cup

Menstrual Cup

Berbeda dengan tampon ataupun pembalut, menstrual cup bekerja tidak menyerap cairan lewat kapas, melainkan menampung cairan yang keluar pada saat menstruasi. Cara menggunakannya, kamu perlu memposisikan diri dengan cara duduk, jongkok, atau salah satu kaki diangkat ke atas, intinya buatlah posisi yang senyaman mungkin. Setelah itu, pegang ujung cup, lalu lipat seperti bentuk huruf U. Setelah itu, masukkan ke dalam vagina perlahan. Jangan lupa untuk merebusnya lebih dulu sebelum memakainya.

Berikut beberapa brand menstrual cup yang terjamin kualitasnya:

1. OrganiCup

OrganiCup 

OrganiCup adalah cup menstruasi yang bisa menggantikan pembalut dan tampon. Lebih mudah, lebih sehat. Usia penggunaannya pun sangat lama, OrganiCup diklaim bisa bertahan hingga 10-15 tahun. Kamu bisa memakainya selama 12 jam saat menstruasi. Sesuai dengan namanya, menstrual cup ini juga bebas dari bahan kimia dan nyaman saat dipakai.

Bandingkan Harga OrganiCup

2. The Diva Cup

Diva Cup mempunyai ukuran berbeda yaitu 0, 1, dan 2. Diva Cup 0 direkomendasikan untuk perempuan berumur 19 tahun kebawah, menyesuaikan dengan ukuran panggul yang lebih kecil. Diva Cup 1 adalah menstruation cup yg direkomendasikan untuk wanita di bawah 30 tahun yg belum pernah melahirkan. Dan yang terakhir, Diva Cup 2 direkomendasikan untuk wanita di atas 30 tahun yang sudah melahirkan, baik cesar maupun normal. Diva Cup 2 memiliki ukuran yg sedikit lebih besar karena setelah melahirkan wanita memiliki pinggul yg lebih lebar.

Bandingkan Harga The Diva Cup

3. Rhea Official Cup

Cup Rhea merupakan satu-satunya brand menstrual cup Indonesia yang sudah diuji dengan standar FDA. Kamu hanya perlu mengganti cup setidaknya 2 kali sehari tanpa khawatir bocor. Kamu juga bisa beraktivitas di luar ruangan, olahraga, bahkan berenang!

Bandingkan Harga Rhea Official Cup

Nah itu informasi dan juga rekomendasi seputar haid lebih ramah lingkungan dengan memakai menstrual cup dan pembalut kain. Jadi kamu tidak perlu bingung lagi mana yang terbaik untuk kenyamanan saat menstruasi. Dua-duanya punya fungsi dan manfaat yang sama. Yang perlu diperhatikan juga adalah tetap menjaga kebersihan area kewanitaan kapanpun dan dimanapun. 

Oh iya, pastikan kamu follow Instagram Telunjuk untuk mengetahui tips #BelanjaBijak dan info lainnya seputar belanja online ya, Sahabat Telunjuk!

Artikel Terkait

Sponsored

Artikel Terpopuler

Sponsored