Cegah Penularan Virus dengan Masker yang Tepat

Telunjuk.com App

Intania Laksmi

Feb 07, 2020

52 Dilihat

Cegah Penularan Virus dengan Masker yang Tepat

Virus Corona telah menyebar luas ke 18 negara. World Health Organization (WHO) pun kini sudah menyatakan Coronavirus sebagai kondisi darurat internasional pada 31 Januari 2020 lalu. Karena pemberitahuan tersebut, masyarakat dunia semakin berupaya untuk menghindari diri dari wabah virus ini. 

 

Menutup mulut ketika batuk dan bersin, rajin mencuci tangan, hingga menggunakan masker adalah beberapa upaya masyarakat untuk melindungi diri. Masker itu sendiri kini menjadi andalan semua orang ketika melakukan kegiatan sehari-harinya di luar ruangan. Banyak jenis masker yang beredar dan digunakan, namun tidak semuanya dikhususkan untuk menangkal virus. 

 

Di bawah ini beberapa penjelasan singkat tentang masker-masker yang umum beredar dan apa kegunaannya masing-masing.

 

Masker Bedah

  Masker Bedah

Masker bedah adalah masker yang paling umum dijumpai dan dijual bebas di apotek atau toko-toko perbelanjaan. Sesuai dengan namanya, masker ini biasanya digunakan para dokter untuk melakukan bedah atau operasi pada pasien agar terhindar dari bakteri bekas luka. Dalam penangkalan virus, masker ini kurang mampu menyaring partikel. Akan tetapi, masker bedah tetap bisa digunakan sebagai bentuk perlindungan awal jika kita ingin keluar rumah. Eits, jangan lupa, penggunaan masker ini hanya sekali pakai. Jangan berkali-kali digunakan karena justru virus akan menumpuk di masker yang sudah pernah terpakai. Kamu bisa dapatkan masker bedah dengan pilihan harga terbaik via Telunjuk di sini.

 

Masker Kain

Masker Kain

Masker kain bisa jadi rekomendasi karena keefisienannya. Selain lebih tebal dari masker bedah, masker ini bisa dipakai berulang dengan cara dicuci secara berkala. Cuci masker disarankan dua hari sekali agar mudah mematikan segala bakteri yang ada. Kamu bisa membeli masker ini mulai dari harga Rp29.000,-.

 

Masker Duckbill

Masker Duckbill

Masker duckbill biasanya digunakan oleh pekerja kesehatan, namun juga bisa dipakai kita untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Masker ini memiliki bentuk seperti mulut bebek yang juga pas mengikuti lekuk wajah sehingga nyaman ketika dipakai. Selain itu, bahannya terbuat dari bahan bebas lateks yang lembut, jadi tidak akan membuat iritasi kulit. Masker duckbill memiliki tiga lapisan yang menjaga kita dari debu, serbuk, bakteri, dan virus pembawa penyakit ketika memakainya. Cukup mudah mencari masker ini karena sudah banyak terjual di beberapa e-commerce seperti Tokopedia, Blibli, dan Bukalapak.

 

Masker Respirator

Masker Respirator N95

Masker ini memang dirancang untuk melindungi kita, pemakainya, dari partikel yang mengandung virus. Kemudian bentuknya yang mengikuti lekuk wajah bertujuan untuk menutup rapat area pernafasan sehingga tidak ada celah yang memungkinan virus masuk. Masker respirator memang dianggap lebih efektif menangkal virus yang tersebar melalui udara daripada masker-masker yang sudah disebutkan di atas. Salah satu masker respirator adalah masker N95. N95 dibuat untuk perlindungan 95 persen dari partikel-partikel yang halus sekalipun. Berkat kemampuannya tersebut, masker N95 menjadi masker yang paling dicari karena digadang dapat menangkal virus corona. Kamu bisa temukan masker ini di official store Tokopedia.

 

Upaya menjaga kesehatan dan melindungi diri adalah kunci supaya kita tidak mudah tertular virus. Memakai masker adalah salah satu cara termudahnya. Karena itu, kini masker sangat diburu oleh seluruh orang, yang tak ayal membuat harganya melonjak naik. Dengan Telunjuk, kamu bisa bandingkan harga masker yang kamu pilih agar tetap bijak berbelanja. 

Artikel Terkait

Sponsored

Artikel Terpopuler

Sponsored