LIVE Fit & Fab

Cara Memilih Eyeshadow yang Tepat Bagi Pemula

Valerie Joan @Valejoan

Jul 15, 2019

article_image

Tampil cantik dan menawan adalah impian setiap wanita apalagi di depan pasangan. Tak jarang mereka harus merogoh kocek lebih dalam untuk membeli segala macam jenis peralatan make up demi menyulap wajahnya agar terlihat lebih menarik, tak terkecuali eyeshadow. 

Eyeshadow merupakan salah satu make up yang berfungsi untuk membuat mata agar terlihat lebih indah. Berbagai pilihan warna yang menarik yang dikeluarkan banyak merek produk kecantikan pun banyak beredar di pasaran. Namun, sebelum membeli produk-produk eyeshadow tentu kamu harus tahu bagaimana cara menggunakannya. 

 

Teknik Menggunakan Eyeshadow

Berikut ini beberapa teknik menggunakan eyeshadow yang bisa kamu kuasai agar hasilnya maksimal dan lebih memuaskan:

 

  • Teknik menggunakan satu warna eyeshadow

One Color Eyeshadow

 

Bagi kamu yang masih pemula menggunakan make up dan masih dalam tahap coba-coba, teknik ini sangat tepat untuk tampilan casual sehari-hari. Berikut ini cara-caranya:

  • Pilih satu warna yang kamu inginkan dan pegang blending brush di ujung luar saat mengaplikasikan eyeshadow ke mata agar bubuk eyeshadow menyebar dengan seimbang
  • Dekatkan jari dengan bulu kuas karena akan membuat hasil polesan semakin tebal
  • Sapukan kuas di bawah tulang mata dengan gerakan ringan bolak-balik hingga eyeshadow terbaur dengan baik
  • Jika ingin menggunakan eyeshadow bertekstur cream, aplikasikan shadow cream dekat dengan garis bulu mata dengan brush
  • Gunakan jari manis untuk membaurkan ke seluruh kelopak hingga lipatan mata agar semakin cantik warna yang dihasilkan.

 

  • Teknik gradasi dua warna

Two Color Eyeshadow

 

Level selanjutnya dalam teknik pemakaian eyeshadow adalah dengan menggunakan dua warna eyeshadow, berikut ini cara-caranya:

  • Pilih satu warna warna matte dan shimmer untuk membantu mencerahkan mata
  • Kenakan terlebih dahulu warna matte pada lipatan mata dan fokus pada sudut luar mata
  • Gunakan jari manis untuk mengaplikasikan shadow shimmer di sudut luar mata
  • Baurkan warna matte dengan blending brush untuk menciptakan efek gradasi

 

  • Teknik Halo Eyes

Teknik Eyeshadow Halo

  • Letakkan shimmer eyeshadow di tengah kelopak untuk memberikan efek ‘halo’
  • Gunakan shadow brush untuk mengaplikasikan eyeshadow di sudut dalam dan luar mata
  • Buat warna terfokus di bagian pinggir mata sebelum shadow yang shimmer dibubuhkan di tengah kelopak
  • Beri efek ‘halo’ yang sama pada garis mata bawah dengan mengaplikasikan eyeshadow yang berwarna gelap dan tambahkan warna shimmer pada bagian tengahnya

 

Jenis-Jenis Warna Eyeshadow

Selain mengetahui teknik-teknik menggunakan eyeshadow, kamujuga harus mengetahui warna-warna eyeshadow untuk diaplikasikan pada mata nantinya. Berikut ini 5 jenis warna eyeshadow:

 

  • Warna kelopak mata

 

Kelompok warna ini merupakan warna yang paling umum dan memiliki porsi paling besar di antara warna lainnya. Tidak perlu terlalu rapi ketika mengaplikasikannya karena nantinya akan dibaur dengan warna lain menggunakan kuas blending. Warna-warnanya merupakan gradasi dari warna coklat. 

 

  • Warna crease

 

Warna ini cocok bagi kamu yang memiliki monolid dan crease sendiri merupakan area lipatan kelopak mata. Untuk pengaplikasiannya kamu harus meraba tulang di atas bola mata dan ikuti lekukannya. Pengaplikasian eyeshadow di bagian ini dapat menciptakan efek mata yang lebih dalam. 

Warna-warna crease pada umumnya lebih gelap dibandingkan warna yang digunakan pada kelopak mata. Pengaplikasian warna ini bisa hanya pada bagian ujung maupun sepanjang area lipatan kelopak mata. 

 

  • Warna highlight

 

Warna highlight merupakan warna paling muda dan paling terang dibandingkan kelompok warna lainnya. Warna-warna untuk kelompok warna ini seperti putih, light gold, champagne, dan warna lain yang serupa. 

Pengaplikasian warna ini pada umumnya digunakan di sudut dalam untuk menciptakan efek mata yang lebih segar dan terbuka. Warna matte dan shimmer bisa menjadi pilihan yang tepat untuk pengaplikasiannya. Selain itu, warna ini juga bisa digunakan tepat di bawah alis untuk membentuk dimensi riasan. 

 

  • Warna transisi

 

Warna transisi merupakan warna terpenting bagi kamu yang ingin melakukan extra step dalam rias mata. Warna ini digunakan sebagai warna dasar untuk membantu agar lebih mudah dibaurkan dengan warna lain. Hasil gradasi warnanya pun terlihat lebih smooth. Warna ini pada umumnya mirip dengan warna dasar kulit asli.

 

  • Warna opsional gelap

 

Warna ini termasuk jarang digunakan dan biasanya digunakan untuk teknik smokey eye. Warna gelap bisa digunakan pada outer V (sudut luar mata) atau di seluruh kelopak mata. Selain itu, eyeshadow yang berwarna gelap juga bisa digunakan untuk garis yang lebih soft pengganti eyeliner. 

 

Rekomendasi Produk Eyeshadow Lengkap Beserta Harga

Jangan main-main dalam memilih produk kecantikan karena jika salah dalam memilih, justru dapat membuat wajahmu rusak. Berikut ini beberapa rekomendasi produk eyeshadow yang bisa kamu pertimbangkan:

 

  • Wardah Eyeshadow

Wardah Eyeshadow

 

Wardah memiliki belasan warna pilihan yang dapat diaplikasikan pada mata agar terlihat lebih menawan. Produk wardah terkenal sangat nyaman dan lembut ketika diaplikasikan karena menggunakan microcoated particle. 

Warna-warnanya lebih banyak natural sehingga sangat cocok untuk make up look aktivitas sehari-hari. Berbagai warna yang ada bisa dipadu-padankan untuk menciptakan gradasi yang indah. Harganya sangat terjangkau berkisar antara Rp 35.000,00 hingga Rp 60.000,00. 

Cek Harga Wardah Eyeshadow

 

  • Inez Cosmetics Eyeshadow – Color Contour Plus Eyeshadow

Inez Eyeshadow

 

Eyeshadow merek ini hadir dengan pallete warna beragam yang mana satu pallete berisi empat warna. Bahkan warna yang dihasilkan ketika diaplikasikan pada mata pun cukup menyala tanpa harus mengaplikasikan base apapun. Terdapat 10 seri warna yang bisa kamu gunakan untuk bereksperimen. 

Selain itu, dengan menggunakan warna-warna eyeshadow ini kamu bisa memberikan bayangan yang tegas pada mata. Produk ini mengandung anti UV dan pelembab yang sangat bagus untuk kulitmu. Harganya berkisar Rp 27.200,00 hingga Rp 300.000,00 tergantung banyak palette dalam satu kemasan. 

Cek Harga Inez Eyeshadow

 

  • BLP Beauty Eyeshadow Pen

BLP Beauty Eyeshadow Pen

 

Kalau produk yang satu ini unggulannya adalah soal kepraktisan. Eyeshadow ini berbentuk seperti pulpen yang bersifat retractable, jadi kamu hanya perlu memutar bagian bawahnya agar isinya muncul. Eyeshadow pen ini sangat mudah digunakan, bahkan untuk kamu yang masih pemula dalam menggunakan eyeshadow. Ada empat warna natural yang dapat kamu pilih: Copper Brown, Charcoal Black, Harvest Gold, dan Creme Gold. 

Di situs resminya, BLP Beauty Eyeshadow Pen dijual dengan harga Rp139.000/pen. Ada pula paket bundle empat warna seharga Rp450.000. Kamu bisa cari dan bandingkan harga terbaiknya di bawah ini!

Cek Harga BLP Beauty Eyeshadow Pen

 

  • Sari Ayu Martha Tilaar Eyeshadow – Seri Gili Lombok

Sariayu Martha Tilaar Eyeshadow - Gili Lombok

 

Produk lokal yang satu ini memang patut untuk dibanggakan dengan ciri khasnya yang mengandung unsur etnik dan budaya. Sari Ayu mengeluarkan variasi warna yang berbeda-beda setiap tahunnya yang terinpirasi dari budaya di Indonesia. 

Kemasannya yang menarik dengan dihiasi motif etnik semakin menambah kesan budaya yang kental tertuang pada produk ini. Harga produk eyeshadow Sari Ayu Martha Tilaar berkisar Rp 176.000,00 hingga Rp 507.000,00.

Cek Harga Sariayu Martha Tilaar Eye Shadow

 

  • Sleek – All Night Long Eyeshadow

Sleek All Night Long Eyeshadow

 

Produk eyeshadow yang satu ini terbuat dari bahan dasar mineral super berpigmen dengan total 12 warna. Partikel mika yang terdapat di dalamnya dapat membuat mata terlihat lebih bercahaya dan tahan lebih lama. 

Warna-warna produk ini sangat netral dan pigmented sehingga mudah untuk dibaur untuk menciptakan gradasi warna yang cantik. Harga produk Sleek Eyeshadow berkisar Rp 87.000,00 hingga Rp 250.000,00. 

Cek Harga Sleek Eyeshadow

Produk-produk kecantikan yang beredar di pasaran memang banyak pilihannya, namun pastikan bahwa kamu tidak tertipu dengan produk palsu. Jangan terkecoh dengan harga yang murah dan pastikan merek tersebut memiliki reputasi yang bagus.