Inilah Cara Blow Rambut Sendiri dengan Mudah di Rumah

Telunjuk.com App

Amelia Nur Fauziah

Oct 07, 2020

1.042 Dilihat

Inilah Cara Blow Rambut Sendiri dengan Mudah di Rumah

Mem-blow rambut tidak harus ke salon, terlebih lagi dalam kondisi pandemi saat ini. Kamu dapat melakukannya sendiri di rumah berbekal produk perawatan rambut dan alat styling rambut. 

Agar rambut tampak lebih berisi dan tidak lepek, kamu dapat mem-blow rambut sesuai keinginan di rumah. Dengan rambut di-blow, rambut kamu akan terlihat bergelombang secara natural loh Sahabat Telunjuk!

Bagaimana cara blow rambut sendiri? 

1. Cuci rambut dengan air dingin

Langkah pertama, cucilah rambut dengan menggunakan air dingin. Sebisa mungkin hindari penggunaan air panas saat berkeramas. Hal ini bertujuan agar kulit kepala tidak mudah berminyak dan rambut juga tidak mudah lepek.

2. Keringkan rambut dengan handuk

Setelah selesai keramas, keringkan rambut dengan handuk. Gunakan handuk dengan bahan microfiber yang lembut. Gosok dan remas rambut dengan handuk secara perlahan, jangan pernah menggosoknya dengan kencang.

Mengapa demikian? Sebab, saat menggosok rambut dengan kencang, kutikula rambut akan terbuka dan rambut menjadi kering. Akibatnya, rambut menjadi lebih sulit diatur dan rentan kusut.

3. Gunakan conditioner

Dove Conditioner

Setelah itu, sebaiknya kamu menggunakan conditioner. Conditioner ini dapat berguna untuk menghaluskan rambut. Saat rambut kamu halus, maka rambut jauh lebih mudah untuk diatur, sehingga proses blow bawah menjadi lebih mudah dibanding saat rambut terasa kaku.

Telunjuk merekomendasikan produk conditioner dengan kualitas terbaik, yaitu Dove Conditioner. Varian produk ini dibedakan sesuai dengan jenis rambut orang-orang, seperti Hair Fall Treatment khusus untuk rambut rontok, Damage Treatment untuk rambut cenderung rusak parah, dan Nourishing Oil Care untuk rambut kering. 

Bandingkan harga Dove Conditioner

4. Memakai vitamin rambut

Ellips Hair Vitamin

Selanjutnya, jangan lupa untuk menggunakan vitamin rambut. Vitamin rambut berguna untuk memberikan nutrisi pada rambut. Vitamin rambut ini juga dapat berguna untuk melindungi rambut dari panasnya catok maupun hair dryer yang digunakan. 

Untuk menggunakan vitamin rambut ini, kamu hanya perlu mengaplikasikannya secara langsung pada rambut mulai dari tengah hingga ke bagian ujung sedikit demi sedikit.

Ellips Hair Vitamin merupakan produk vitamin shampoo dengan bahan formula terpercaya dalam menjaga kondisi rambut. Varian vitamin Ellips terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain Keratin Hair Repair untuk meluruskan rambut, Smooth and Shiny untuk menghaluskan serta membuat rambut lebih berkilau.

Bandingkan harga Ellips Hair Vitamin

5. Menggunakan dry shampoo 

Pantene Dry Shampoo

Beberapa orang mungkin merasa bahwa rambutnya sangat mudah lepek. Jika hal itu juga terjadi di kamu, sebaiknya gunakan dry shampoo. Dry shampoo tersebut diaplikasikan secara khusus pada akar rambut yang lepek. 

Untuk penggunaannya, semprotkan dry shampoo, lalu pijat area tersebut secara perlahan supaya merata secara sempurna. Selain itu, proses pemijatan juga berfungsi agar tidak ada residu yang tersisa.

Salah satu produk dry shampoo unggulan versi Telunjuk adalah Pantene Dry Shampoo. Shampo kering atau shampo tanpa air ini tersedia kemasan pocket bag sehingga mudah dibawa kemana-mana. Harga Pantene Dry ini juga termasuk murah, mulai dari Rp55.000,00 saja.

Bandingkan harga Pantene Dry Shampoo

6. Jepit rambut menjadi beberapa bagian

Jika rambut sudah siap untuk di-blow, jepit rambut menjadi beberapa bagian. Kamu dapat menjemputnya dengan menggunakan penjepit. Usahakan saat menjemput rambut kamu membaginya secara merata agar hasil blow yang diperoleh rapi dan beraturan.

7. Blow rambut menggunakan hair dryer

Hair Dryer

Saat semua bagian rambut sudah dijepit secara merata, kamu sudah dapat mem-blow rambut. Kamu dapat melakukannya dengan menggunakan Curly Iron atau catokan. Namun, jika kamu menginginkan model rambut blow natural dan tidak kaku, sebaiknya gunakan hair dryer dengan suhu sekitar 80 derajat Celcius.

Sebisa mungkin, jangan mengatur suhu hair dryer yang terlalu panas. Sebab, hal itu justru dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan mudah patah. Padahal, proses blow ini dapat terjadi berulang-ulang hingga kamu mendapatkan lengkungan dan hasil yang sesuai.

Phillips Hair Dryer menjadi produk unggulan bagi wanita-wanita Indonesia khususnya dalam merawat rambut. Sudah tidak diragukan lagi kualitasnya, Phillips membanderol harga hair dryer ini dengan harga cukup terjangkau. 

Bandingkan harga Phillips Hair Dryer

8. Gunakan sisir bundar dan besar

Sisir Roll

Saat melakukan proses blow rambut, sebaiknya pilihlah jenis sisir bundar dan besar. Pemilihan jenis sisir yang sesuai dapat membuat proses blow rambut menjadi lebih mudah dan memberikan hasil yang sempurna. Gunakan sisir secara lurus dari akar, kemudian gulung ke bagian dalam dengan mem-blow-nya.

9. Putar dan gulung rambut menggunakan sisir

Jika rambut sudah terurai, selanjutnya putar dan gulung rambut menggunakan sisir sambil dikeringkan menggunakan hair dryer. Jangan lupa saat berada pada bagian ujung rambut, diamkan hair dryer blow agar hasilnya dapat tahan dengan lebih lama. 

Sebab, dalam proses blow rambut ini tidak hanya diperlukan teknik yang baik saja. Akan tetapi, ketelatenan dan kesabaran juga menjadi kunci utama keberhasilan proses blow kamu di rumah.

10. Menggunakan jepit rambut 

Sebaiknya gunakan penjepit rambut sebagai cara agar blow rambut tetap tahan lama. Penjepit rambut ini bertujuan agar bentuk lengkungan rambut dapat tahan menjadi lebih lama. 

Maka dari itu, selalu bawa jepitan rambut atau yang biasa disebut dengan jepitan rambut kemanapun kamu pergi. Sesekali, gunakan jepitan rambutan tersebut untuk membuat rambut tampak tidak kusut. 

Saat menggunakan jepitan rambut, satukan rambut ke belakang. Kemudian, gulung rambut ke dalam sampai membentuk lingkaran. Setelah itu, jepit dan biarkan untuk kurun waktu beberapa menit. Saat rambut sudah terurai kembali, maka hasil blow tampak lebih bagus dan sempurna.

11. Menggunakan hair spray

Makarizo Hair Spray

Saat kamu berkeinginan untuk mempertahankan bentuk blow yang sudah jadi secara cepat, kamu dapat menggunakan hair spray. Kamu dapat menggunakannya pada bagian ujung rambut. 

Penggunaan hair spray sebagai cara blow rambut tanpa hairdryer ini dapat mempertahankan bentuk rambut secara maksimal selama sehari penuh. Namun sayangnya, hair spray dapat membuat rambut menjadi kering dan kaku. 

Seperti yang kamu tahu, memiliki rambut lepek dan tipis memang terkadang membuat kita tidak percaya diri. Maka dari itu, jangan heran jika sekarang banyak orang yang melakukan blow rambut. 

Untuk melakukan blow rambut ini tidak harus di salon. Kamu juga dapat melakukannya di rumah dengan cara seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai cara blow rambut sendiri di rumah. Semoga bermanfaat dan lakukan setiap stepnya secara hati-hati dan penuh kesabaran. Sebab, proses blow rambut ini tidak hanya membutuhkan teknik yang handal, tetapi juga keuletan dan kesabaran.

 

1 2 3 4 5 6 7 8
Ringke Rincipio blablabla          
               
               
               

Artikel Terkait

Sponsored

Artikel Terpopuler

Sponsored