Berbagai Keuntungan Menggunakan Popok Kain yang Bunda Wajib Tahu

Valerie Joan @Valejoan

May 25, 2018

article_image

Keuntungan Popok Kain - Saat menyambut kehadiran di kecil di dalam keluarga, tentu ada banyak sekali hal yang perlu Bunda persiapkan. Mulai dari tempat tidur bayi yang nyaman, hingga baju dan sepatu bayi terbaik untuk si kecil. Dan, yang tak boleh sampai terlewatkan adalah popok bayi.

 

Berbicara mengenai popok bayi, terdapat dua jenis popok bayi yang umum digunakan yaitu, popok sekali pakai dan juga popok kain. Meskipun popok sekali pakai terkenal sangat praktis, namun masih cukup banyak juga Bunda yang lebih memilih menggunakan popok kain. Apa saja keuntungan menggunakan popok kain dibandingkan menggunakan popok sekali pakai?

Keuntungan Popok Kain: Perawatan lebih Repot, Namun hasil yang lebih Bersih

Setelah digunakan, popok sekali pakai memang cukup langsung dibuang. Sedangkan popok kain yang digunakan berkali-kali sehingga harus selalu dicuci dan dibersihkan sehabis digunakan dengan baik dan benar agar popok terbebas dari kuman dan bakteri. Meskipun terdengar lebih merepotkan, namun dengan mencuci dan membersihkan popok sendiri, Bunda bisa memastikan kualitas dari kebersihan popok yang digunakan si kecil.

 

Keuntungan Popok Kain: Minim Limbah

Karena digunakan berkali-berkali dan cukup dicuci setiap selesai digunakan, Bunda juga nggak perlu khawatir limbah popok yang banyak seperti saat menggunakan popok sekali pakai. Menggunakan popok sekali pakai artinya Bunda juga harus berkutat dengan sampah dari popok yang sudah digunakan setiap harinya, lho. Apalagi jika penggunaan popok tengah boros-borosnya, bisa-bisa limbah popok bekas menumpuk ditempat sampah.

Keuntungan Popok Kain: Kenyamanan Lebih Pada Si Kecil

Popok kain biasanya sudah terbuat dari kain yang berbahan lembut yang aman dan nyaman di kulit bayi seperti kain fleece, microfleece, bamboo atau hemp. Jenis kain ini tidak akan menimbulkan alergi saat terkena di kulit bayi. Namun, bukan berarti Bunda tak perlu memperhatikan bahan yang digunakan saat membeli popok kain. Saat menggunakan popok sekali pakai, Bunda mungkin bisa menemukan popok dengan bahan yang berkualitas. Namun, popok sekali pakai yang berkualitas tentu akan hadir dengan harga yang tidak murah.

Keuntungan Popok Kain: Penampilan yang Lebih Menarik dan Praktis

Popok sekali pakai memiliki tampilan standard yang polos, sedangkan popok kain memiliki banyak pilihan dan tampilan yang menarik. Hal ini membuat Bunda tak perlu repot-repot menggunakan si kecil celana karena tampilan popok kain sudah terlihat seperti celana. Dengan banyak pilihan desain pola kain, Bunda juga bisa mengoleksi popok kain untuk si kecil, lho.

 

Keuntungan Popok Kain: Harga yang Mahal namun Murah untuk Jangka Panjang

Salah satu pertimbangan mengapa Bunda kerap berpikir dua kali menggunakan popok kain adalah harganya yang lebih mahal. Dibandingkan dengan popok sekali pakai, harga satuan dari popok kain memang lebih mahal. Namun, karena bisa digunakan berulang kali, dalam jangka panjang popok kain sebenarnya memiliki nilai ekonomis yang lebih baik, lho. Setidaknya Bunda nggak perlu pusing karena tagihan kartu kredit yang membengkak karena biaya popok sekali pakai tiap bulannya.

 

Itulah beberapa keuntungan menggunakan popok kain untuk si kecil. Apapun pilihan popok Bunda, pastikan perawatan si kecil tetap maksimal. Selalu bersihkan dan ganti popok ketika si kecil buang air dan jangan biarkan kotoran menumpuk agar si kecil terbebas dari kuman dan bakteri. Aplikasikan juga baby lotion untuk perlindungan ekstra pada kulit si kecil dari iritasi yang bisa disebabkan dari popok.

 

Penulis: Markus Yohannes

Baseus Campaign