Sabun Cuci Tangan Cair atau Batang, Mana Lebih Sehat?.

Nabilla Tashandra
Source: https://lifestyle.kompas.com/read/2018/08/07/102850620/sabun-cuci-tangan-cair-atau-batang-mana-lebih-sehat

Aug 08, 2018

article_image

 

KOMPAS.com - Kita dianjurkan untuk rajin mencuci tangan pada berbagai kesempatan.

Cuci tangan dengan sabun bisa membantu menghilangkan bakteri, jamur dan parasit yang ada di kulit tangan kita. Kuman-kuman tersebut bisa dengan mudah ditransfer lewat sentuhan.

Beberapa kuman bisa menular ke orang lain bila kita tidak mencuci tangan. Jadi, untuk menghindarinya usahakan selalu mencuci tangan ketika selesai menggunakan kamar mandi dan sebelum makan.

Sebelum menyiapkan makanan, kita juga dianjurkan untuk tidak menyentuh mulut dan hidung.

Tapi, jarang yang diberi informasi terkait mana yang lebih sehat digunakan untuk cuci tangan, apakah sabun batang atau sabun cair.

Istilah "kuman" mengacu pada bakteri, virus dan jamur. Sabun batang mengandung lebih banyak kuman karena ketika bercampur dengan air, lemak sabun luruh dan berbusa.

Kondisi ini membuat bakteri pada tangan menempel pada sabun batang.

Namun, hal ini tak membawa permasalahan besar. Cukup bilas sabun tersebut maka bakteri yang ada akan berkurang.

Ketika digunakan di rumah dengan anggota keluarga yang sedikit, sabun batang masih aman digunakan.

Namun, menggunakan sabun juga bisa memengaruhi pH tangan. Sabun batang memiliki pH lebih tinggi sehingga bisa menghilangkan kandungan minyak alami dari kulit. Hal ini akan menyebabkan tangan menjadi kering.

 

Menurut Centre for Disease Control and Prevention, membersihkan tangan dengan sabun dan air hangat juga bisa bermanfaat membunuh kuman.

Untuk meminimalisasi risiko penyebaran kuman berbahaya, kita dianjurkan untuk menggunakan sabun cair. Namun, sistem isi ulang kemasan sabun cair dinilai bisa menjadi surga bagi mikroba.

Akan lebih baik jika kemasan sabun cair dibuang ketika selesai digunakan. Untuk kemasan yang bisa digunakan kembali, pastikan mencucinya terlebih dahulu sebelum mengisinya kembali dengan sabun.

Jadi, ketika ada banyak anggota keluarga di rumah, lebih disarankan untuk menggunakan sabun cuci tangan cair karena sabun batang lebih berisiko menjadi sarang bakteri dan membuat tangan kering.

Hanya saja, kita harus rajin membersihkan botol sabun cair tersebut sebelum mengisinya kembali.

 

 

 

 
Baseus Campaign