Xbox One X vs. PS4 Pro. Adu Specs & Konsol Mana yang Cocok Kamu Beli

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Jun 16, 2017

Project Scorpio, kode nama dari konsol terbaru Microsoft akhirnya diungkap nama resminya, Xbox One X. Konsol termutakhir ini diperlihatkan ke audiens pertama kali pada Minggu, 12 Juni lalu di ajang Electronic Entertainment Expo (E3), Los Angeles, California.

Detail kunci dan persaingan paling menarik ada pada fitur 4K gaming yang ditawarkan Xbox One X. Dimana rival Microsoft yaitu Sony, udah duluan ngerilis PS4 Pro yang juga mendukung 4K gaming. Bisa dipastikan dunia persilatan gaming 2017 akan diramaikan oleh head-to-head kedua konsol. Terus gimana adu specs Xbox One X dan PS4 Pro?

 

Xbox One X vs. PS4 Pro - Harga & Ketersediaan

Ps4 Pro udah dirilis dan bisa dibeli sedari November 2016 kemarin, dijual Sony seharga 399 Dolar AS (Rp 5.301.734,-) sedangkan Xbox One X baru akan dirilis 7 November nanti dan dibanderol seharga 499 Dolar AS (Rp 6.630.489,-). Well, versi terupgrade konsol Sony cukup worth the price mengingat specs yang ada dan harga Xbox One X rada mahal daripada PS4 Pro. 

 

Xbox One X vs. PS4 Pro - Mesin Pacu

CPU Xbox One X: 8 inti x86 berkecepatan 2,3GHz

CPU PS4 Pro: 2,1GHz 8-core AMD "Jaguar"

PS4 Pro kini menggunakan versi terbaru dari CPU original mereka dan mempunyai kecepatan impresif hingga 2,1 GHz. Sayangnya Xbox One X memimpin dengan prosesor lebih cepat dengan 2,3 GHz. 

 

Xbox One X vs. PS4 Pro - Grafis

Xbox One X

GPU: 6 TFLOPS, 326 GB/s, 

RAM: 12GB GDDR5

PS4 Pro

GPU:  4.12 TFLOPS, 218 GB/s,

RAM:  8GB GDDR5

Okay, kami jabarkan lebih detail: TFLOPs adalah Trillion Floating Point Operation per Second, yang artinya unit ukur horsepower grafis. GB/s merupakan bandwidth dari memori yang fungsinya mengukur seberapa cepat GPU mengganti frame (gambar-gambar) per detik pada layar. Semkain besar memori, semakin tinggi kualitas resolusi yang bisa diakses GPU, maka semakin baik pula performa konsol

Selanjutnya, terlepas dari hal teknis di atas. PS4 Pro dari Microsoft menargetkan pada game full 4K dengan 60 fps, tapi sayangnya nggak semua games PS4 Pro mendukung 4K - 60 fps. Beberapa games justru masih dibuat dalam 4K - 30 fps. Sedangkan semua games Xbox One mempunyai shots lebih baik di Xbox One X. Kamu bisa bermain game One X dalam resolusi Full HD juga dan bisa memilih resolusi lain seperti Ultra HD atau 1080p kalo mau benar-benar tanpa ngelek.

 

Xbox One X vs. PS4 Pro – Games & Konten

Xbox One X

Optical Drive - 4K/HDR Blu-ray

Dukungan 4K - Ya

Dukungan HDR - Ya

Dukunggan Dolby Atmos - Ya

PS4 Pro

Optical Drive - Blu-ray/DVD

Dukungan 4K - Ya

Dukungan HDR - Ya

Dukunggan Dolby Atmos - Tidak

Kamu bisa memainkan games PS4 dan Xbox One di PS4 dan Xbox One X dengan leluasa, bahkan beberapa games mendukung visual dan performa yang jauh lebih baik. Microsoft juga udah mengkonfirmasi kalo ada sekitar 300 games yang bisa kamu maikan di One X, walaupun belum ada judul games spesifik yang dirilis. 

Suka UHD Blu-rays? Xbox One X akan mendukung resolusi UHD Blu-ray dan Dolby Atmos. Sedangkan PS4 Pro hanya mendukung HD Blu-ray dan nggak support Dolby Atmos.

 

Xbox One X vs. PS4 Pro - Kesimpulan

Sejak rilis 8 bulan lalu, PS4 Pro mengalami perubahan specs dan kini hadir dalam Boost Mode dengan fitur lebih canggih untuk meningkatkan performa semua games PS4 di PS4 Pro. Sebaliknya, Xbox One X baru akan dirilis beberapa bulan lagi, tapiiii, udah dibekali dan dihadang-hadang jadi pesaing ketat PS4 Pro. Harga One X memang lebih mahal, tapi (lagi), kalo kamu udah menyimpan banyak games 4K, kamu perlu pertimbangkan untuk beli Xbox One X.

Beli Xbox One

Beli PS4 Pro

Specs lengkap diadu:

sumber: cnet

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru