3 Robot Pembersih Kolam Renang Paling Jernih - Review

Valerie Joan @Valejoan

Jul 13, 2019

122 dilihat

article_image

Memiliki kolam renang di rumah merupakan mimpi bagi banyak orang sejak kecil. Bagi segelintir orang yang beruntung memiliki kolam renang di rumahnya, pasti tahu kalau membersihkan kolam renang merupakan pekerjaan yang cukup memakan waktu dan tenaga.

 

Tapi itu dulu… Sekarang membersihkan kolam renang nggak perlu repot lagi! Bahkan kamu pun tidak perlu membersihkan kolam renang dengan kedua tanganmu sendiri berkat adanya robot pembersih kolam.

Apa itu? Pada dasarnya robot pembersih kolam adalah mesin yang dapat menyedot dedaunan, lumut, dan kotoran lain yang ada di kolam renangmu secara otomatis.

 

Sebelum membeli robot pembersih kolam renang, ada beberapa hal penting yang juga harus menjadi pertimbanganmu.

1. Harga

Semakin pintar robot pembersih kolam yang kamu inginkan, maka semakin mahal biaya yang harus kamu keluarkan untuk membelinya. Hindari biaya yang membengkak dengan membeli produk yang memiliki fitur yang benar-benar dibutuhkan oleh kolammu. 

2. Seberapa pintar?

Robot pembersih kolam yang mutakhir dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi tata letak dan luas kolam untuk mendapatkan hasil yang lebih efisien. Hal ini berarti kamu tak perlu khawatir adanya bagian kolam yang terlewat untuk dibersihkan. Seperti sudah disebutkan di atas, semakin pintar robotmu, maka semakin mahal juga harganya. Namun jika kamu mementingkan performa, maka harga yang relatif mahal pun rasanya dapat dikompromi.

3. Ukuran kolam

Ukuran kolam adalah salah satu faktor yang tidak boleh kamu abaikan. Bahkan pembersih yang paling mahal sekalipun pasti akan memiliki keterbatasan. Oleh karena itu penting untuk membeli pembersih kolam yang mampu meliputi seluruh luas kolam milikmu.

4. Material pembuat kolam

Bahan pembuat dinding dan lantai kolam juga dapat menentukan jenis pembersih yang kamu butuhkan. Beberapa pembersih memiliki spesialisasi untuk membersihkan material seperti vinil atau batu. Apabila kolam milikmu terbuat dari fiberglass atau ubin, lebih berhati-hatilah memilih pembersih kolam agar tidak merusak materialnya.

 

Bekerjasama dengan Pool Judge, di artikel ini Telunjuk akan membahas mengenai 3 robot pembersih kolam terbaik yang bikin hidupmu jadi lebih mudah. 

 

1. Dolphin Nautilus CC Plus Automatic Robotic Pool Cleaner

Setelah melakukan rangkaian riset, evaluasi, dan perbandingan yang panjang dari berbagai robot pembersih kolam renang *fiuhh*, Dolphin Nautilus CC Plus Automatic Robotic Pool Cleaner keluar sebagai pilihan terbaik.

 

Nautilus CC Plus Automatic diprogram untuk menyesuaikan kinerjanya dengan ukuran dan bentuk kolam untuk hasil yang maksimal. Bulu sikatnya memiliki pola yang dapat mengangkat dan kemudian menyedot kotoran secara efisien.

 

Sesuai dengan namanya, Nautilus CC Plus juga memiliki fitur untuk menjadwalkan pembersihan kolam secara otomatis supaya kolam renangmu tetap bersih sekalipun kamu sedang bepergian.

 

Kalau harga bukan masalah buatmu, Dolphine Nautilus CC Plus Automatic merupakan robot pembersih kolam terbaik yang dapat kamu miliki. Untuk membawanya pulang, kamu harus merogoh kocek sebesar USD850 atau sekitar Rp11.900.000

 

2. Aquabot Pool Rover

https://asset.telunjuk.co.id/s/images/article/robot-pembersih-kolam-nautilus.jpg

Kalau harga pembersih kolam pertama sudah bikin kamu jiper, Aquabot Pool Rover bisa jadi alternatif yang sesuai. Aquabot Pool Rover memiliki kantong filter yang mampu menampung hingga 17 liter serta mampu menyedot lumut, dedaunan, serta kotoran lainnya dengan mudah.

Roda dari vakum ini juga didesain khusus agar tidak merusak material kolam yang lunak seperti vinyl.

 

Sayangnya Aquabot ini memiliki performa yang kurang untuk tembok maupun untuk membersihkan kotoran yang membandel seperti lumpur. Namun dengan harga USD357 atau sekitar Rp5.000.000, rasanya kekurangan seperti itu masih dapat dikompromi.

 

3. Aquabot X4 Robot Pool Cleaner

https://asset.telunjuk.co.id/s/images/article/robot-pembersih-kolam-aquabot.jpg

Aquabot X4 dirancang untuk mampu membersihkan kolam dalam berbagai bentuk. Robot pool cleaner ini juga dapat mendeteksi tata letak kolam dan menyesuaikan bahkan dengan kolam yang memiliki desain unik. Hal yang perlu diperhatikan dari robot pembersih kolam ini adalah bulu sikatnya yang rapuh sehingga mengharuskan kita untuk menggantinya secara rutin. 

 

Kelebihan lainnya dari Aquabot X4 ini adalah pompa berkualitas tinggi yang membuat konsumsi bahan kimia pembersih kolam jadi lebih hemat, yang juga dibarengi dengan harga yang lebih murah dibandingkan Nautilus CC Plus Automatic. 

 

Kamu dapat memiliki Aquabot X4 Robot Pool Cleaner dengan harga mulai dari USD799 atau sekitar Rp11.000.000.