Perbedaan Samsung Galaxy A51 dan A71, HP Terlaris 2020

Telunjuk.com App

Dresyamaya Fiona P.

Nov 02, 2020

15 Dilihat

Perbedaan Samsung Galaxy A51 dan A71, HP Terlaris 2020

Di tahun 2020 ini, produsen smartphone di dunia berlomba-lomba untuk meluncurkan produk terbaiknya. Mulai dari smartphone entry level hingga HP flagship menjadi produk terlaris di mata konsumen. Bagaimana tidak, fitur dan harga yang sangat bersaing cukup menggiurkan di pasaran loh, khususnya di  Indonesia. Saat ini HP tidak lagi hanya digunakan untuk ajang berkomunikasi dan bertukar pesan, namun fitur unik seperti NFC untuk mendukung gaya hidup cashless, streaming film dan bermain game juga menjadi incaran konsumen. Bagi kamu gadget enthusiast, fitur kamera AI juga dapat menghasilkan foto dan video lebih berkualitas serta kekinian banget ya.

Nah, dari sekian banyak merk, Samsung masih menjadi deretan HP terlaris di tahun 2020 ini. HP Samsung yang menjadi incaran cukup banyak di tahun ini yakni, Galaxy A51 dan A71. Nah untuk membantu kamu membuat keputusan sebelum membeli via Telunjuk, intip artikel ini untuk tahu perbedaan kedua HP ini ya. Check this out!

Layar Ponsel

Layar Ponsel

Untuk Galaxy A51 dan A71 telah mengusung layar kekinian yakni berbentuk Infinity-O yang dibalut super AMOLED. Tampilan layar ini memberikan pengalaman lebih nyaman saat menonton film karena layar lebih luas hingga 87% screen to body untuk kedua ponselnya. Untuk ukurannya, Galaxy A51 berukuran 6.5 inches dan Galaxy A71 6.7 inches. Tidak ada perbedaan signifikan pada keduanya, dan masih menjadi golongan HP cukup nyaman untuk digenggam saat waktu lama.

Dalam menambah keamanan dari segi layar, kedua ponsel ini telah mengusung Corning Gorilla Glass 3. Ini untuk melindungi layar ponsel dari benturan dan goresan jadi kamu akan lebih merasa aman ketika dipakai saat bepergian. Dengan resolusi layar Full HD+ turut membuat ponsel ini lebih baik kualitasnya untuk digunakan saat mode grafis tinggi. 

 

Prosesor dan RAM

Prosesor dan RAM

Prosesor atau dapur pacu menjadi salah satu hal yang cukup penting untuk diperhatikan sebelum kamu membeli ponsel, ya. Untuk Galaxy A51 telah dibekali chipset Exynos 9611 (10nm) sedangkan Galaxy A71 chipset Qualcomm Snapdragon 730G (8nm). Dari segi performa, memang A71 memiliki kinerja lebih efisien namun terlepas itu, kedua ponsel ini telah menjalankan sistem operasi Android 10.1 Ini merupakan sistem operasi teranyar milik Android yang menjamin kelancaran saat bermain HP.

Dari segi RAM, Galaxy A71 dibekali RAM 8GB dan RAM 6GB untuk Galaxy A51. Keduanya sama-sama memiliki memori internal 128GB dengan tambahan microSD hingga 512GB. Jadi kamu tak usah khawatir jika masih merasa kurang, kamu dapat menggunakan tambahan memori ya. 

 

Kamera

Kamera

Dari fitur kamera, kedua ponsel ini telah dibekali kamera cukup berkualitas dengan resolusi yang cukup tinggi. Baik Galaxy A51 atau Galaxy A71, memiliki empat kamera utama yang terdiri dari ultra wide, macro, depth camera, dan main camera. Perbedaan signifikan yakni pada resolusinya, jika Galaxy A71 menggunakan sensor 64MP sedangkan Galaxy A71 memakai sensor 48MP. Perbedaan di sensor ini tetap memberikan hasil yang tajam, jelas dan jernih baik siang ataupun malam hari.

Untuk kamera selfie, Galaxy A71 dan A51 beresolusi 32MP dengan menonjolkan fitur seperti Live Focus, HDR, panorama, serta fitur super steady untuk pengambilan video agar lebih stabil. Untuk kamera A71, kualitas video dapat merekam hingga kualitas 4K di 30fps. Cukup tinggi untuk HP Samsung seri ini. Kamu juga bisa menikmati streaming film dan bermain game lebih berwarna dan tajam. 

 

Baterai

Baterai

Di era semakin modern ini, perusahaan smartphone berkompetisi menghasilkan ponsel dengan daya baterai cukup tinggi. Ini untuk menunjang konsumen lebih awet ketika sedang bekerja, bermain game, streaming film serta melakukan video conference. Nah, untuk Galaxy A71 dan Galaxy A51, ponsel ini dibekali baterai berkapasitas cukup besar dengan tambahan fitur fast charging pastinya.

Untuk Galaxy A71, memiliki baterai berkapasitas 4.500 mAh sedangkan untuk A51 berkapasitas lebih kecil sedikit yakni 4.000 mAh. Perbedaan ini tak membuat ponsel turun kinerjanya, justru memiliki kekuatan yang sama saat pengisian daya baterai yakni fast charging 25W. Jadi kamu tak perlu lama-lama menunggu saat pengisian baterai ponsel. 

 

Fitur

Fitur

Dalam menambah efisiensi kinerja ponsel, kedua ponsel ini sama-sama memiliki fitur pendukung seperti sidik jari untuk menambah keamanan ponsel, lalu fitur NFC untuk memudahkan kamu melakukan pembayaran digital, serta fitur game booster untuk menunjang saat bermain game. Jika diukur dari segi AnTuTu, Galaxy A51 memiliki kekuatan AnTuTu: 113051 (v7), 175363 (v8) dan untuk Galaxy A71 AnTuTu: 192 458(v7), 263396 (v8). Kedua ponsel ini terbilang cukup baik dan tinggi dalam fitur-fitur yang dimilikinya.

Kesimpulan

Nah dari perbandingan Galaxy A51 dan Galaxy A71, memang perbedaan keduanya tak terlalu signifikan dan memiliki kelebihan di masing-masing fiturnya. Kamu bisa mencocokkan lagi dengan kebutuhan ponsel yang sedang kamu inginkan, untuk bekerja, streaming film atau penggunaan sehari-sehari? Varian warna kedua ponsel ini juga kekinian banget dan cocok digunakan untuk kaum milenial. Warna-warna pastel serta model kamera tingkat juga menjadi salah satu trend ponsel di tahun 2020 ini.

Jangan lupa kunjungi dan intip promo menarik Samsung Geek yang bisa kamu lihat di link ini! Nah, pastikan sebelum membeli kamu juga membandingkan harga terbaik hanya via Telunjuk ya! 

Bandingkan Harga Galaxy A51 

Bandingkan Harga Galaxy A71

Artikel Terkait

Sponsored

Artikel Terpopuler

Sponsored