Tips Nge-charge HP yang Benar, Bikin Baterai Awet & Tahan Lama

Telunjuk.com App

Amelia Shinta Larasati

Sep 30, 2020

11 Dilihat

Tips Nge-charge HP yang Benar, Bikin Baterai Awet & Tahan Lama

Salah satu permasalahan HP yang sering dijumpai adalah baterai HP yang cepat habis. Baterai yang cepat drop biasanya karena pemakaian yang berlebihan dan kesalahan pengguna smartphone dalam mengisi daya baterainya. Kebiasaan mengecas HP dapat mempengaruhi umur dari baterai HP itu, lho! Jangan sampai kebiasaan yang salah kamu lakukan terus-menerus, sehingga baterai HP cepat bocor dan harus diganti. Sayang banget kan!

Telunjuk punya tips bagaimana ngecas HP yang benar, supaya baterai HP kamu awet dan tahan lama. Simak artikel ini ya!

 

Charge Baterai Sebelum Habis

Jangan biarkan baterai HP kamu belum di-charge di bawah indikator 20%. Idealnya kamu bisa ngecas HP saat indikator baterai menunjukkan angka 30-40%. Hal itu akan mempengaruhi umur bateraimu.

 

Pakai Charger Asli

Gunakan charger asli dari bawaan HP tersebut, ya! Charger asli biasanya sudah diatur sedemikian rupa untuk mengisi baterai HP dengan baik. Ada beberapa charger yang punya arus ampere berbeda-beda. Bila tidak cocok dengan HP, itu akan membuat proses mengecas menjadi berbeda. Oleh karena itu, usahakan menggunakan charger asli bawaan dari HPnya.

 

Hindari Charge Hingga Baterai Full 

Banyak orang yang menyangka supaya baterai awet dan tahan lama saat digunakan, baterai harus diisi full sampai 100%. Padahal, jika kamu mengisi baterai sampai full, justru menurunkan kinerja baterai HP kamu. Mengecas HP yang ideal justru bukan sampai 100%, tetapi sekitaran 80-90% saja. Jadi, mulai sekarang, cabut charger sebelum full 100% ya.

 

Hindari Charge HP Pakai Laptop / PC

Mengecas HP menggunakan laptop / PC juga harus dihindari ya, Sahabat Telunjuk. Arus yang masuk ke baterai HP sangat kecil, sehingga proses charging menjadi lama. Selama masih bisa ngecas dengan mencolokkan langsung ke stop kontak, sebaiknya jangan kebiasaan di-charge ke laptop /PC ya!

 

Lepas Casing HP saat Nge-charge

Pernah merasa kalau HP kamu panas justru saat sedang di-charge? Ternyata hal itu wajar, karena saat HP di-charge ada pembuangan panas yang terganggu. Jika dibiarkan terus-menerus, maka panas tersebut bisa merusak baterai bahkan HP kamu. Sebaiknya lepas casing HP kamu saat nge-charge, agar panas dari proses tersebut bisa keluar dan tidak terganggu.

 

Jangan Nge-charge Semalaman

Hayo ngaku, siapa disini yang sering ngecas HP malam sebelum tidur, lalu ditinggal tidur sampai besok pagi? Nah, kebiasaan buruk ini jangan terus dilakukan ya, Sahabat Telunjuk. Hal ini akan memberi efek buruk pada baterai HP kamu, karena akan merusak komponen di dalamnya. Lama-kelamaan baterai akan cepat drop dan tentunya gak akan awet!

 

Itu dia tips ngecas HP supaya baterai kamu gak gampang drop dan bakal awet pastinya!  Pssstt, kalau kamu mau cari gadget atau accessories HP, bandingkan harganya di Telunjuk dulu ya!

Selamat mencoba tipsnya, Sahabat Telunjuk! Semoga Bermanfaat!

Artikel Terkait

Sponsored

Artikel Terpopuler

Sponsored