HP Cepat Panas? Ini Tips Mengatasinya!

Telunjuk.com App

Amelia Shinta Larasati

Sep 29, 2020

9 Dilihat

HP Cepat Panas? Ini Tips Mengatasinya!

Sahabat Telunjuk sering mengalami permasalahan HP yang cepat panas? Hal ini pastinya cukup mengganggu ya. Terutama bagi kamu yang hobi main game atau harus menggunakan handphone untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti bekerja. Tentunya kamu juga bisa ganti HPmu dengan smartphone-smartphone gaming terbaru yang sudah memiliki cooling system seperti Asus ROG Phone, Blackshark, Xiaomi Mi Series, atau Samsung Galaxy S Series.

Penyebab HP yang cepat panas biasanya karena pemakaian kita sebagai pengguna smartphone. Streaming yang berlebihan, ada pengaturan / setting yang tidak optimal, misalnya layar yang terlalu cerah, menggunakan live wallpaper, pengaktifan WiFi, GPS dan bluetooth yang tidak terpakai. Selain itu, juga bisa karena HP berada di area yang panas/langsung terkena sinar matahari, ada update aplikasi/OS dan kelebihan nge-charge HP. 

Untuk mengatasinya, Telunjuk memberi tips yang dapat membantumu mengurangi panas di HP. Simak berikut ini ya!

Kurangi Tingkat Kecerahan Layar 

Brightness yang terlalu terang dapat menguras daya baterai. Sebaiknya kurangi brightness pada layar ponselmu dan atur pada kondisi tertentu. Misalnya saat kamu berada di luar ruangan / terpapar cahaya terlalu terang, brightness dapat kamu tingkatkan.

 

Matikan Wi-Fi, GPS, dan Bluetooth Saat Tidak Terpakai

Matikan tiga fitur itu saat tidak terpakai, supaya tidak membuat ponselmu bekerja keras mencari konektivitas. Misalnya, ketika Wi-Fi menyala di saat yang tak dibutuhkan, HP akan terus mencari jaringan Wi-Fi yang ada sehingga membuat ponselmu boros baterai. Gunakan fitur-fitur itu saat memang dibutuhkan saja ya!

 

Tutup Aplikasi / Hindari Multitasking HP

Membuka aplikasi dan menutupnya dengan hanya sekedar menekan tombol home ternyata akan membuat aplikasi tersebut tetap bekerja. Hal ini juga perlu dihindari ya, Sahabat Telunjuk. Banyaknya aplikasi aktif secara bersamaan tentu akan membuat HP bekerja lebih keras dan akhirnya cepat panas.

 

Aktifkan Mode Hemat Daya 

Salah satu cara untuk membuat HP kamu tidak cepat panas ialah dengan mengaktifkan mode hemat daya. Biasanya dengan mengaktifkan mode ini, brightness pada layar dan konsumsi baterai akan dikurangi, serta kinerja prosesor diturunkan. Pengaktifan mode ini membuat HP-mu tidak terlalu keras bekerja. 

 

Hapus Aplikasi Tak Terpakai

Coba cek lagi, apakah di HP-mu masih ada aplikasi yang tidak terpakai? Aplikasi yang tak pernah dipakai dan menguras 'tenaga' HP ada baiknya di-uninstall dulu. Hanya install aplikasi sesuai kebutuhanmu ya.

 

Istirahatkan HP dari Streaming atau Gaming Non-stop

Aktivitas streaming atau bermain game yang berlebihan juga bisa menjadi salah satu penyebab HP kamu jadi cepat panas. Ada baiknya, istirahatkan ponselmu beberapa waktu untuk “mendinginkannya”. Kegiatan ini juga baik untuk kesehatan mata kamu, supaya tidak terlalu berlebihan melihat layar gadget.

 

Itu dia tips-tips yang telah dikumpulkan Telunjuk tentang cara mengatasi HP yang cepat panas. Semoga bermanfaat ya, Sahabat Telunjuk. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Sponsored

Artikel Terpopuler

Sponsored
  BENCHMARKS  
Loading Time: Base Classes  0.1271
Is Logged In Check  0.0273
Get Special Event  0.0424
Get Wishlist  0.0006
Get All Cat  0.0356
Controller Execution Time ( Article / Index )  0.2387
Total Execution Time  0.3666
  GET DATA  
No GET data exists
  MEMORY USAGE  
7,565,104 bytes
  POST DATA  
No POST data exists
  URI STRING  
article/gadget/mengatasi-hp-cepat-panas
  CLASS/METHOD  
article/index
  QUERIES  
Database driver is not currently loaded
  HTTP HEADERS  (Show)
  CONFIG VARIABLES  (Show)