5 Brand yang Nggak Disangka-sangka Bikin Handphone

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Apr 08, 2015

Nama besar Samsung sebagai produsen smartphone berbagai kelas saat ini memang tidak terjadi dalam semalam. Perusahaan multinasional asal Korea ini lebih dulu terkenal karena produksi barang-barang elektronik, terutama TV. Tetapi karena desain, teknologi, dan marketing HP-nya yang memang juara, saat ini Samsung sudah terlalu identik dengan handphone seri Galaxy-nya. Tetapi kisah peruntungan lintas lahan dan peruntungan ini ternyata tidak hanya milik Samsung. Apple misalnya dengan iPhone-nya, mereka pun dulu memulai kerajaannya dengan produksi komputer rumahan (PC). Tentunya masih ada beberapa brand yang dengan berani (dan cerdik) mencoba memproduksi smartphone. Apa saja mereka? Ayo kita cek!

1. LG

Kisahnya mirip banget dengan Samsung: sama-sama perusahaan elektronik dari Korea yang jadi raksasa pasar dunia. LG merintis dengan meproduksi produk-produk rumah tangga dari plastik, dan baru mendirikan divisi elektroniknya 11 tahun setelah berdiri. HP CDMA menjadi ponsel pertama LG di tahun 1997, dan sekarang ngetop dengan seri LG G-nya.

2. Microsoft

Rival berat sepanjang masa dari Apple ini adalah perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia yang berkembang pesat di tahun 1980an-1990an. Microsoft sudah memulai Windows Mobile di tahun 1990, dan OS Windows Phone sejak 2010, tetapi HP pertama yang membawa nama Microsoft, Lumia (setelah mengakuisisi Nokia) baru rilis tahun ini.

3. InFocus

Brand yang ini terkenal karena produk-produk presentasi profesional seperti video call, layar monitor digital, dan proyektor. Masuknya mereka ke persaingan smartphone pada tahun 2013 cukup mengejutkan karena jauhnya kedua bidang teknologi yang diproduksi. Tahun ini mereka akan rilis jagoan baru, seri M2.

4. Polytron

Fakta tambahan: tahukah kamu berasal dari mana merk Polytron? Indonesia. Tepatnya Kudus, Jawa Tengah. Ya, produsen elektronik rumahan seperti TV, radio tape, kulkas, mesin cuci, dan AC ini adalah merk asli lokal. Memulai produksi HP-nya sejak 2012, Polytron menjadi salah satu brand yang berani merakit ponselnya di pabrik buatan sendiri.

5. Blaupunkt

Buat kamu yang senang utak-atik mobil pasti cukup awam dengan brand yang satu ini. Blaupunkt adalah merk elektronik dari Jerman yang terkenal dengan produk-produk audio mobilnya. Sama seperti InFocus, terjunnya mereka ke industri smartphone juga cukup bikin heboh. Nggak pakai santai, produksi pertama mereka spesifikasinya langsung sangar. Terutama speakernya, hehehe…

Informasi yang menarik, bukan? Apalagi ternyata handphone produksi perusahaan-perusahaan di atas juga cukup keren dan canggih. Atau kamu ada referensi HP merk lain? Bisa langsung dicari dengan klik tombol di bawah!

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru