Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A51

Telunjuk.com App

Dresyamaya Fiona P.

Nov 06, 2020

8 Dilihat

Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A51

Samsung Galaxy A51 merupakan ponsel penerus dari Samsung Galaxy A50 dan Galaxy A50s. Produk seri A Samsung memiliki varian cukup banyak, mulai dari low-end, entry level, hingga high-end layaknya HP flagship. Samsung terus melakukan berbagai inovasi dalam menarik perhatian konsumen, tidak ragu lagi perusahaan asal Korea Selatan ini diminati di pasaran. 

Kehadiran ponsel ini juga menjadi salah satu HP terlaris di Indonesia tahun 2020 ini, loh! Menurut data dari Compas.co.id, di bulan Oktober 2020 saja, Samsung Galaxy A51 berhasil mencatat penjualan di toko online dengan total transaksi lebih dari 30 miliar!  Bagaimana tidak, Samsung Galaxy A51 memiliki fitur premium seperti penyimpanan memori cukup besar, fitur kamera, serta daya baterai 4000 mAh yang cukup awet.

Nah daripada penasaran, yuk intip kelebihan dan kekurangan yang dimliki Samsung Galaxy A51 berikut ini.

Kelebihan Samsung Galaxy A51

Layar Super AMOLED

Layar AMOLED

Samsung Galaxy A51 telah mengusung layar berukuran 6,5 inci dengan resolusi 1080 x 2400 piksel. Kualitas ini sedikit lebih tinggi dibandingkan seri sebelumnya, yakni Galaxy A50. Untuk ukuran rasio, layar ini mengusung 20:9. Untuk menyajikan kualitas gambar lebih tajam dan jernih, layar ini dibekali panel Super AMOLED, loh! Memiliki kerapatan layar sebesar 396 ppi dengan rasion 19.5:9. 

Selain itu, bagi kamu yang memiliki aktivitas tinggi, tenang aja. Ponsel ini telah dibalut Corning Gorilla Glass 3 sehingga layar ponselmu terlindungi dari goresan, benturan atau lecet sekalipun. Konsep punch hole pada kamera depan juga memberi kesan lebih cantik dengan bentuk menyerupai huruf O. Layar Galaxy A51 juga telah Full HD yang memberikan pengalaman menarik saat menonton film. 

Warna Solid Elegan

Kamera

Smartphone kekinian saat ini memberikan warna-warna yang klasik dan awet sepanjang waktu. Seperti halnya Galaxy A51 memiliki desain bodi warna solid yang nyaman untuk digenggam. Desain ini memiliki bentuk lebih elegan, klasik dan awet dari masa ke masa. Untuk varian warna hadir berbagai macam, seperti Prism Crush Black, Prism Crush White, Prism Crush Blue, dan Prism Crush Pink. Sangat cocok untuk digunakan kamu gen milenial. 

 

Performa Lancar

Performa

Untuk dapur pacu, Galaxy A51 mengandalkan chipset Exynos 9611 dengan fabrikasi 10mm. Chipset ini dipadukan dengan prosesor Octa Core yang terbagi menjadi 2 varian, yakni Quad core 1.7 Ghz Cortex-A53 dan juga Quad Core 2.3 Ghz Cortex-A73. Dalam menunjang grafis ponsel menjadi lebih baik, ini menggunakan grafis Mali-G72 MP3 yang pasti terjamin kelancaran dan ketajaman warna ketika bermain game ataupun streaming film. Untuk sistem operasi, Galaxy A51 menggunakan operasi Android 10 yang merupakan OS terbaik milik Android. Telah terjamin kelancaran HP ini untuk melakukan multitasking, browsing, streaming film tanpa perlu takut merasa ngelag. 

 

Penyimpanan RAM dan ROM Besar

RAM dan ROM

Galaxy A51 memiliki kelebihan lain pada sisi penyimpanan file. Untuk memori internal, tersedia dalam varian RAM 4GB dan RAM 6 GB dan untuk penyimpanan ROM 128 GB. Ukuran ini cukup besar untuk jajaran HP Samsung seri A. Pada nantinya, kamu juga bisa menambah memori eksternal microSD hingga kapasitas 512 GB, loh. Jadi tak usah khawatir jika kamu masih merasa kurang cukup untuk menyimpan game, aplikasi atau file penting lainnya, ya. 

 

Empat Kamera Terbaik

Kamera

Nah, kalau dari segi dokumentasi, fitur kamera utama atau kamera belakang Galaxy A51 beresolusi 48 MP (f/2.0), ultra wide 12 MP (f/2.2), makro 5 MP (f/2.4) dan depth 5 MP (f/2.2). Keempat kamera ini memiliki kualitas yang cukup baik dan dapat menghasilkan gambar lebih tajam pada sisi warna dan detail. Kualitas gambar ini dipercaya lebih baik dari kualitas foto Samsung Galaxy A50. Tren kekinian kamera model bertingkat ini memang cukup diminati di era milenial sekarang ya. Kalau dari kamera selfie atau kamera depan, ini beresolusi 32 MP (f/2.2) yang dapat memberikan foto dengan kualitas cukup baik. 

 

 Baterai Jumbo

Baterai

Galaxy A51 memiliki kapasitas baterai cukup besar yakni 4.000 mAh yang dapat digunakan seharian penuh tanpa merasa takut kehabisan. Ini juga dilengkapi fitur fast charging 15W, sehingga pengisian daya lebih cepat dibandingkan biasanya, loh! Buat kamu yang suka bermain game, ponsel ini sangat cocok. Baterai Galaxy A51 terbilang cukup awet dan tahan untuk dimainkan dalam waktu yang lama. 

 

Fitur NFC

Fitur NFC

Kelebihan juga terdapat pada fitur NFC. Galaxy A51 telah menjalankan dukungan transaksi digital dengan menggunakan fitur NFC. Pengguna cukup menempelkan ponsel ke tempat scanner pembayaran untuk mengurangi kontak dengan penjual. Fitur ini sangat membantu pengguna apalagi di era pandemi seperti ini agar tidak sering melakukan kontak dengan orang lain. 

 

Tonton juga: HP Terlaris 2020

 

Kekurangan Galaxy A51

Sensor Face Unlock Kurang Responsif

Face Unlock

Ponsel ini telah menggunakan sensor face unlock dan fingerprint untuk membuka kunci. Fitur ini memang menambah sistem keamanan ponsel lebih terjamin dan membuat nyaman penggunanya. Namun sayangnya, kadang-kadang pengguna merasa sensor fingerprint dan pendeteksi wajah ini cukup lama responsifnya. Perlu memerlukan beberapa waktu untuk mengenal wajah dan jari pengguna. Hal ini yang menjadi salah satu kekurangan ponsel Galaxy A51. 

 

Fitur Lowlight Kurang Maksimal

Fitur Lowlight

Sayangnya kekurangan lain terdapat pada segi kamera belakang ponsel. Fitur lowlight ketika digunakan di kondisi cahaya terang, tidak bekerja maksimal dan membuat hasil gambar tidak begitu jelas. Hal ini disayangkan pengguna dan gambar terlihat kurang memuaskan. Padahal resolusi kamera yang cukup tinggi seharusnya dapat menghasilkan gambar cukup baik dengan fitur lowlight

Kesimpulan

Terlepas dari segala kelebihan dan kekurangan Samsung A51, fitur premium yang dimilikinya sangat menarik sekali ya. Tak ragu kalau ponsel ini menjadi salah satu HP terlaris di tahun 2020 ini. Bagaimana tidak, masing-masing fitur seperti kamera, sistem operasi, baterai dan lainnya saling mendukung untuk melancarkan kinerja performa ponsel ini. Nah daripada penasaran, kamu bisa memiliki produk ini dengan membelinya hanya via Telunjuk ya. Yuk buktikan kelebihan ini di tanganmu. Happy Shopping!

Bandingkan Harga Samsung Galaxy A51

Artikel Terkait

Sponsored

Artikel Terpopuler

Sponsored