10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M31

Telunjuk.com App

Hagi Hanif

Dec 16, 2020

10 Dilihat

10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M31

Sebagai salah satu series Samsung di kelas menengah, seri Galaxy M telah menghadirkan banyak HP seperti Samsung Galaxy M20, Galaxy M21 sampai Galaxy M30, buat kamu yang penasaran dan tertarik sama serie ini, pada bulan Februari 2020 Samsung telah merilis suksesor dari seri M yaitu Galaxy M31.

Dirilis pada tanggal 25 Februari 2020, HP ini memiliki Antutu score 193128 dan memiliki peringkat di atas banyak handphone di kelasnya seperti Samsung A51, Redmi Note 4 sampai Honor x9.

Buat kalian yang penasaran sama handphone ini atau mungkin ingin membelinya, berikut 10 kelebihan dan kekurangan dari Samsung M31 yang kalian wajib ketahui sebelum membeli HP ini, berikut ulasannya.

Kelebihan Samsung Galaxy M31

1. RAM & Internal Memori yang besar

RAM & memori

Dengan kapasitas RAM yang besar, Anda bisa multitasking dengan lancar dan cepat. Di sisi lain, kapasitas memori internal 128GB pada handphone ini membuat kamu bisa menyimpan banyak foto, video, bahkan game yang kualitas grafiknya sangat bagus karena biasanya hadir dengan ukuran data yang besar.

Memiliki RAM sampai dengan 8 GB, Samsung Galaxy M31 mampu melakukan berbagai kegiatan multitasking yang memungkinkan penggunanya membuka banyak aplikasi secara bersamaan sekaligus dengan lancar.

Baca Juga : 7 HP Gaming 3 Jutaan Terbaik 2020, Performa Kencang!

2. HD Quad Camera 

HD Quad Camera

Jangan biarkan kamu mati gaya di medsos karena hasil foto yang mengecewakan. Dengan kecanggihan kamera Samsung M31, berfoto dalam kondisi apapun pastinya sangat mendukung.

Sensor utama kamera Samsung M31 dihadirkan memiliki resolusi 64 MP dengan ukuran sensor yang besar, yaitu F/1.8 sebesar 26mm. Masih ada tiga lensa lainnya yang terdiri dari kamera Ultra lebar dengan FOV sebesar 119 derajat, kamera makro 2 MP dengan jarak 4 cm, serta lensa bokeh yang juga berkekuatan 2 MP. 

Untuk kamera selfienya, Samsung M31 memiliki resolusi yang tergolong besar untuk kamera selfie resolusi 32 MP berkecepatan f/2.0 dengan lebar 26mm, yang akan membuat kebutuhan selfie kamu semakin terpenuhi.

3. Merekam Video 4K

Merekam video 4K

Samsung lagi-lagi menghadirkan fitur merekam Video 4K, dengan harga yang cukup terjangkau, Samsung Galaxy M31 mendukung perekaman hingga resolusi 4K di 30fps. walaupun fitur 4K pada handphone ini belum dilengkapi dukungan video stabilization, dengan empat kamera utama beresolusi 64 MP dan kecepatan f/1.8 kalian bisa mendapatkan hasil video yang cukup mumpuni.

Jadi buat kamu yang suka videografi, atau pun kamu yang suka ngevlog. handphone ini tentunya perlu kamu pertimbangkan.

4. Battery Super Jumbo

batrei

Daya baterai yang besar menjadi hal yang harus diperhatikan dalam memilih handphone guna mendapatkan performa baterai yang mencukupkan kebutuhan harian pemakaian sehingga kita tak perlu khawatir untuk bolak balik mengisi daya baterai handphone.

Samsung Galaxy M31 hadir dengan kapasitas baterai besar, dan merupakan pilihan tepat bagi kamuyang membutuhkan perangkat berdaya tahan tinggi dan awet untuk dipakai sehari-hari tanpa harus khawatir kehabisan daya. Dengan kapasitas baterai 6000 mAh, daya baterai Samsung Galaxy M31 mampu bertahan seharian setelah di charge.

5. Layar Super AMOLED Full HD+

Pada aspek display Samsung Galaxy M31 sudah dilengkapi dengan AMOLED atau Active Matrix Organic Light Emitting Diode yang membuat kualitas gambar pada saat di bawah sinar matahari tetap terjaga. Selain perbaikan tersebut, AMOLED juga memiliki pengaturan warna yang lebih baik dan stabil. 

Memiliki AMOLED Samsung Galaxy M31 juga memiliki display betang 6.4 inci beresolusi HD Plus, dan tentunya akan membuat kamu dimanjakan dengan visual yang jernih dan tajam.

Baca Juga : HP Samsung RAM 3GB Terbaru, Harga Mulai 1 Jutaan!

Kekurangan Samsung M31

1. Design Body Belakang Standard

Berbeda dengan seri samsung lainnya yang lebih bereksperimen dari segi desain, seri M Samsung memiliki desain yang cenderung statis dan kurang menarik dipandang karena bodi belakangnya yang minim tekstur dan hanya hadir dalam 3 warna yaitu merah, biru dan hitam. Hal tersebut membuat kurangnya kesan eksklusif dan estetik pada handphone ini.

2. Body Mudah Kotor 

Memiliki Body belakang yang terbuat polycarbonate dengan finishing yang terlihat mengkilap membuat handphone ini mudah terlihat kotor, dari berbagai review dari internet, beberapa pengguna samsung M31 mendapatkan handphonenya mudah terlihat kotor, dari lapisan polish yang luntur terkena jari, sampai noda yang mudah membekas karena teksturnya yang mudah kotor. 

3. Pengisian Baterai Kurang Optimal

Walaupun kapasitas baterainya yang mencapai 6000 mAh, namun pengisiannya yang hanya memungkinkan pengisian maximal daya 15 watt, membuat Samsung M31 tergolong lama dalam pengisian dayanya dan tentunya hal ini mengganggu kenyamanan pengguna dari segi efisiensi waktu pengisian daya.

4. Performa Gaming Kurang Memuaskan

Samsung M30 bukanlah HP dengan performa yang buruk, namun Exynos 9611 sebagai dapur pacu HP ini adalah chipset yang kurang mendukung untuk gaming, bahkan prosesor Exynos 9611 dapat kita jumpai pada pendahulu handphone ini yaitu Samsung M30.

Hal tersebut juga didukung dengan nilai Antutu HP ini yang hanya mencapai angka 193128 dan jika dibandingkan dengan HP yang lebih murah seperti Redmi Note 5 AI Dual Cam dengan angka 210993 dan samsung M31 masih kalah 2 peringkat berdasarkan Antutu score.

5. Tidak Dilengkapi Fitur NFC

Pada era yang sudah serba digital ini, NFC memiliki banyak kegunaan antara lain mengecek dan mengisi kartu toll, pembayaran digital, pembayaran transportasi umum sampai transfer data antar perangkat, dengan tidak hadirnya fitur NFC pada Realme 7i menjadikannya kekurangan pada handphone ini.

Spesifikasi Samsung M31

Rilis

2020, February 25

   

CPU

Octa-core 4x2.3 GHz Cortex-A73

Chipset

Exynos 9611 (10nm)

OS

Android 10, One UI 2.5

Internal Memory                            

64GB / 128GB

RAM

6/8

SIM

Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Battery

Li-Po 6000 mAh, non-removable

   

Size & Display

 

Resolusi Layar

1080 x 2340 pixels

Ukuran Layar

6.4 inches

   

Kamera

 

Kamera Utama

64 MP, f/1.8, 26mm (wide)

Kamera Selfie

32 MP, f/2.0, 26mm (wide)


Kesimpulan

Sahabat Telunjuk, Samsung Galaxy M31 kini bisa dibeli di toko-toko online atau marketplace dengan harga mulai dari Rp3.399.000 Dengan berbagai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki handphone ini, tentunya tetap membuat Samsung Galaxy M31 tetap layak dipertimbangkan apabila kamu sedang mencari hp murah dengan performa yang bagus. 

Semoga Sahabat Telunjuk dapat menentukan dan memilih produk yang terbaik untuk sahabat Telunjuk. Jangan lupa bandingkan harganya di Telunjuk.com!

Bandingkan Harga Samsung Galaxy M31

Artikel Terkait

Sponsored

Artikel Terpopuler

Sponsored