Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M31

Telunjuk.com App

Amelia Nur Fauziah

Oct 12, 2020

23 Dilihat

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M31

Maret 2020 lalu Samsung kembali mengeluarkan seri Galaxy terbarunya. Kali ini hadir Samsung Galaxy M31 yang dibanderol dengan harga 3 jutaan saja. Lalu apa saja kira-kira kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M31?

Ada berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh smartphone tapi disamping itu tentu juga ada beberapa kekurangannya. Sebelum membahas kelebihan dan kekurangannya, akan dijelaskan terlebih dahulu spesifikasi Galaxy M31.

Spesifikasi Samsung Galaxy M31

Simak berikut ini, Samsung M31 Spesifikasi secara lengkap

  • CPU : Exynos 9611
  • GPU : Mali-G72 MP3
  • Memori Internal : 128 GB
  • RAM : 6 GB
  • Kamera Depan : 32 MP
  • Kamera Belakang : 64 MP, 8 MP, 5 MP, 5 MP
  • Memori Eksternal : micro SDXC up to 512GB
  • Baterai :  Non-removable Li-Po 6000 mAh

Kelebihan Samsung Galaxy M31

Setelah mengetahui Samsung Galaxy M31 harga dan spesifikasi, kamu perlu memahami keunggulan dan kekurangannya. Samsung Galaxy M31 hadir dengan berbagai kelebihan yang memberikan kenyamanan bagi pengguna. 

1. Cocok Untuk Penyuka Fotografi

Galaxy m31 hadir dengan kamera super besar. Pada bagian belakang terdapat kamera utama sebesar 64 MP. Lalu untuk kamera berikutnya yaitu 8MP dengan fitur Ultra wide dan  5MP dengan fitur makro.

Sementara untuk yang terakhir ada lensa sebesar 5 MP juga dengan sensor kedalaman untuk hasil gambar bokeh.

Dengan harga Samsung M31 yang terjangkau ini mampu menghasilkan gambar dengan kualitas HD dengan pencahayaan yang cukup. Hasil gambar juga memiliki ketajaman objek yang baik.

2. Baterai Super Besar Dan Fitur Fast Charging

Smartphone Ini juga dibekali dengan baterai super besar yaitu memiliki daya 6000 mAh. Masih ditambah lagi dengan fitur fast charging sebesar 15 w dengan port USB type-C. Dengan daya baterai sebesar ini kamu bisa nonton video dengan nyaman selama 26 jam. 

Sementara ketika melakukan panggilan suara sangat tahan lama hingga 51 jam. Lalu untuk pemutaran musik bisa bertahan hingga 119 jam. Daya baterai yang besar juga sangat nyaman ketika digunakan untuk bermain game selama berjam-jam.

3. Layar Super AMOLED FullHD+

Rata-rata smartphone Samsung terbaru memang sudah memiliki teknologi layar Super AMOLED dan termasuk pula pada Galaxy M31 ini. Dengan layar sebesar 6,4 inci resolusi kamera ini sudah Full HD+, sehingga kamu bisa mendapatkan pengalaman nonton video yang asik. 

Belum lagi dibekali pula dengan konsep Infinity U Display sehingga membuat badannya memiliki rasio mencapai 91%. Untuk pelindung layarnya dilengkapi dengan Corning Gorilla glass 3. 

4. Dibekali Dengan  Android 10 

Tidak tanggung-tanggung, Samsung Galaxy m31 sudah di update dengan software terkini. Smartphone Ini didukung dengan sistem operasi Android 10.0. Belum lagi terdapat kustomisasi yaitu One UI 2.0 sehingga smartphone Ini punya performa cukup ringan dan bebas iklan. 

Kemudahan navigasi juga terbilang lancar dengan adanya fitur tersebut. Bagi kamu yang sudah bosan dengan antarmuka yang itu-itu saja wajib mencoba versi Galaxy M31 ini. 

5. Memori Internal Dan RAM Mumpuni

Bagi kamu yang suka mengoleksi video atau foto dan berbagai aplikasi cocok sekali memilih smartphone ini. M31 didukung dengan memori internal sebesar 128 GB dan RAM 6GB. Sangat lega untuk download berbagai game dengan kapasitas besar. 

Dengan memori sebesar ini kamu juga bisa menghemat biaya karena tidak perlu membeli tambahan memory card. Namun tetap disediakan pula slot micro SD, jika dirasa memori sebesar itu masih belum cukup. Slot micro SD nya cukup besar hingga 512GB. 

Semakin nyaman karena kamu bisa menggunakan slot ini bersamaan dengan kartu SIM ke-2.

Kekurangan Samsung Galaxy M31

Meski punya banyak sekali kelebihan, sebuah barang elektronik tidak luput dari hadirnya beberapa kekurangan. Review Samsung M31 ini juga akan menjelaskan beberapa kekurangannya untuk Sahabat Telunjuk:

1. Pengisian Baterai Lama Meski Ada Fitur Fast Charging

Smartphone ini dibekali dengan baterai besar dan fitur fast charging. Namun untuk sisi kecepatan pengisian daya dirasa masih kurang karena hanya mampu mengisi daya hingga 15 watt saja. Untuk pengisian baterai hingga penuh dari kondisi baterai 0% membutuhkan waktu 2,5 jam. 

Padahal untuk smartphone dengan kelas yang sama dan fitur fast charging hanya membutuhkan waktu pengisian daya selama 30 menit. 

2. Pelindung Layar 

Samsung Galaxy yang memiliki banyak keunggulan ini namun memiliki kekurangan dari sisi pelindung layar. M31 hanya dilengkapi fitur  Gorilla Glass 3. seperti diketahui l pelindung layar tersebut hanya mampu menjaga smartphone dari goresan saja. 

Jika Galaxy m31 milik kamu terbentur dari ketinggian 1 meter, fitur tersebut tidak bisa meredam benturan yang terjadi. 

3. Tidak Ada Fitur NFC

Galaxy m31 tidak didukung oleh fitur NFC atau Near Field Communication. Padahal untuk pemilik smartphone yang tinggal di daerah perkotaan fitur ini cukup banyak dicari. Karena di kota-kota besar di Indonesia sudah mulai banyak disediakan mesin pembayaran digital. 

Dengan tidak adanya fitur NFC Samsung M31 ini , kamu juga tidak bisa menikmati fasilitas seperti pengisian saldo kartu e-toll misalnya. Atau menikmati fasilitas transaksi di mesin pembayaran digital. 

4. Performa Kurang  Ciamik

Galaxy M31 dibekali dengan chipset Exynos 9611 10nm. Chipset ini kurang gahar untuk digunakan ketika bermain game adalah setting grafis yang tinggi. Apalagi jika dibandingkan dengan para pesaingnya di kelas yang sama. Galaxy m31 performanya masih dirasa kurang kencang. 

Itu tadi kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M31. Beberapa kelebihan dan kekurangan tersebut bisa jadi pertimbangan sebelum kamu memutuskan untuk membeli smartphone ini. Ingat, cermatlah dalam membeli smartphone dan sesuaikan dengan kebutuhan kamu ya!

Bandingkan harga Samsung Galaxy M31

 

Artikel Terkait

Sponsored

Artikel Terpopuler

Sponsored